Home » » Sungai Kusan Meluap, 4 Desa Mulai Khawatir Terendam

Sungai Kusan Meluap, 4 Desa Mulai Khawatir Terendam

Written By Fokus Batulicin on Minggu, 21 Juli 2013 | 13.43

Lasung / fokusbatulicin.com - Meski hujan dua hari ini sudah tidak lagi turun di Kabupaten Tanah Bumbu, bahkan mataharipun tereng benderang, akan tetapi justru air sungai kusan sejak pagi Minggu (21/7) mulai meluap, dan merendam sebagian rumah warga di empat desa di Kecamatan Kusan Hulu.

Empat desa baik desa Anjir Baru, Manuntung, Sungai Rukam, dan Lasung yang rata rata berada di bantaran sungai kusan dan berada di bagian hulu, mulai menerima banjir kiriman sejak pukul 07:00 wita pagi. Air selain merendam badan badan jalan, air juga mulai membasahi dasar lantai rumah rumah warga dan sekolah dasar di desa tersebut.

Meski demikian, Camat Kusan Hulu, Herlambang mengatakan, warga di sekitar bantaran sungai sudah terbiasa dengan kondisi seperti itu. Sehingga masyarakat setempat tidak terlalu menghawatirkan air sungai yang meluap selama satu hari ini. Meski air tetap bergerak naik, diyakini air itu hanya lewat menuju hilir, dan akan segera turun lagi.

" Tadi kita baru betelponan dengan kepala kepala desa, baik kepala desa anjir baru, sungai rukam, manuntung dan kepala desa lasung, semua masih dalam kondisi aman, belum ada yang dikhawatirkan. Mereka sudah terbiasa kalau air sungai naik sedikit seperti itu, menurut keyakinan mereka air akan segera turun kalau hujan tidak terjadi lagi dalam beberapa hari kedepan, ini hanya air lewat saja" ujar Camat Kusan Hulu, Herlambang kepada fokusbatulicin.com.

Selain merendam rumah rumah warga, 1 unit Sekolah Dasar di desa itu. Air memenuhi bagian lantai. Beruntungnya saat ini bangunan sekolah tidak dihuni, karena memasuki masa libur sekolah. Menurut Camat Kusan Hulu, sekolah itu saat ini memasuki masa relokasi ke dataran yang lebih tinggi, sehingga tidak berdampak buruk bagi proses belajar mengajar.

Sementara menurut keterangan salah seorang warga lasung, Subono, air mulai naik sejak sekitar pukul 07:00 wita pagi hari, namun hingga pukul 13:00 wita siang ini, air sudah merendam lantai rumah. Dikhawatirkannya, jika malam hari air sungai memasuki periode pasang, air akan bertambah tinggi. " Mudahan saja tidak ada hujan lagi, kalau hujan, bisa tambah naik air sungai" uja Subono.

Danramil Kusan Hulu Kapt Inf Budi S, melalui salah seorang anggotanya Serka Joko juga mengakui hal yang sama, 4 desa saat ini mulai terlihat menerima luapan air sungai. Meski demikian, air sungai baru masuk ke dalam rumah warga, itupun hanya beberapa rumah saja. Sehingga masih belum layak untuk di evakuasi para penghuninya. (Ley)
Powered by Telkomsel BlackBerry®




Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved