Home » » 2 Hari Hujan, Satui Banjir

2 Hari Hujan, Satui Banjir

Written By Fokus Batulicin on Sabtu, 03 Agustus 2013 | 09.14

4 Desa yang berada di Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu sejak pagi (3/8) mengalami musibah banjir. Banjir yang merendam Desa Satui Barat, Satui Timur, Sungai Danau dan Desa Sinar Bulan itu, selama 3 jam saja sudah meninggi hingga mencapai rata rata setinggi lutut orang dewasa.

Kepala Desa Satui Timur, Erwin menjelaskan hujan deras yang mengguyur Satui selama 2 (dua) hari ini telah menyebabkan sejumlah ruas jalan perkampungan dan gang gang yang ada di empat desa itu terendam. Sehingga menyulitkan warga untuk beraktifitas seperti hari biasanya. Warga yang memiliki motor dan mobil, tidak berani digunakan, meski air bah itu sementara ini tidak meluber ke badan jalan raya provensi seperti banjir tahun tahun sebelumnya.

"Tapi kelihatannya air terus meninggi sejak pagi (3/8) tadi" ujar Pembakal Erwin, panggilan Kades Satui Timur ini saat dikonfirmasi fokusbatulicin.com.

Selain faktor hujan deras, empat desa itu berada tidak jauh dari bantaran sungai Satui, sehingga nyaris berlangganan dengan musibah banjir seperti ini setiap kali musim penghujan setiap tahun.
Meski beberapa kali mengalami musibah banjir, dan bahkan sempat memakan korban, serta pemerintah daerahpun telah berupaya untuk merelokasi permukiman rawan banjir itu, akan tetapi masyarakat setempat selalu menolak. Alasannya kejadian seperti itu sudah biasa bagi mereka.

Saat ditanya, apakah saat ini warga sudah ada yang di evakuasi ke tempat pengungsian, Kades Satui yang hoby ngetreil dengan club Tanbu Trail Comunity binaan Bupati Tanbu Mardani H Maming ini, mengatakan hal itu masih belum dilakukan. Lantaran hanya baru sebagian kecil saja rumah rumah warganya yang sudah kemasukan air, sehingga masih belum perlu untuk di evakuasi.
"Kita akan berkoordinasi dengan pihak kecamatan setempat, sambil memantau terus perkembangan air ke sejumlah desa" jelas Erwin.

Sementara Camat Satui Eryanto Rais, mengakui kejadian banjir yang terjadi di satui, melalui laporan yang masuk ke tempatnya banjir sudah terjadi di desa Satui Barat, Satui Timur, Sungai Danau, desa Sinar Bulan serta desa Sekapuk. Khusus banjir di desa Sekapuk sudah mulai merendam badan jalan.
" Masih batas aman" ujar Camat singkat. (Ley)
Powered by Telkomsel BlackBerry®






Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved