Home » » 30 Pengrajin, Bakal Ikut Peningkatakn Kualitas Tenun Pagatan

30 Pengrajin, Bakal Ikut Peningkatakn Kualitas Tenun Pagatan

Written By Fokus Batulicin on Jumat, 23 Agustus 2013 | 11.08

Batulicin / fokusbatulicin.com – Salah satu upaya untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas  kain tenun khas Pagatan, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu)  menggelar pelatihan peningkatan kualitas kain tenun Pagatan.

Kepala Bidang Perdagangan Disperindagkop dan UKM Tanbu Fitriyanto mengatakan ada sebanyak 30 peserta yang akan mengikuti pelatihan peningkatan kualitas kain tenun khas pagatan. Mereka yang dilatih berasal dari enam desa di Kecamatan Kusan Hilir.

Mereka yang mengikuti pelatihan tersebut sudah memiliki dasar-dasar pengetahuan tentang cara menenun. Jadi langkah selanjutnya yang dilakukan oleh Pemkab Tanbu yaitu meningkatkan kualitas dari hasil tenun.

Untuk pelatih, dikatakan Fitriyanto akan didatangkan langsung dari Jepara Jawa Tengah, sedangkan materi yang diberikan nanti meliputi pembuatan motif ,pewarnaan, dan perawatan alat tenun.

"Kita akan perbanyak motif-motif kain tenun khas pagatan, sehingga lebih menarik dan tentunya dengan beraneka ragam warna," ujar Fitriyanto, Jumat (23/08) di Gunung Tinggi, Batulicin. 

Menurut rencana, pelatihan tersebut akan dilaksanakan selama 10 hari dimulai dari tanggal 26 Agustus 2013 bertempat di Gedung Pertiwi Desa Manurung Kecamatan Kusan Hilir.

Perlu diketahui, salah satu upaya mengembangkan kain tenun khas pagatan, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu telah menyalurkan bantuan berupa alat tenun bukan mesin sebanyak lima unit yang diserahkan oleh Ketua Dekranasda Tanbu Hj. Erwinda Mardani untuk Koperasi Industri Kerajinan Rakyat Tenun Pertiwi Desa Mudalang Kecamatan Kusan Hilir pada tahun lalu, serta menggelar serangkaian pelatihan-pelatihan dasar cara menenun. (Dd)
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved