Home » » 4 Hari Pelatihan, Relawan Diharapkan Siap Tanggap

4 Hari Pelatihan, Relawan Diharapkan Siap Tanggap

Written By Fokus Batulicin on Jumat, 23 Agustus 2013 | 10.14

Batulicin / fokusbatulicin.com - Kamis (22/8) pelatihan penanggulangan bencana berbasis masyarakat akhirnya selesai. Kegiatan terakhir ini dilaksanakan di area Gedung Mahligai Bersujud sekitar pukul 08:00 hingga pukul 17:00 wita.

Dari pelatihan ini diharapkan lahir relawan-relawan penanggulangan bencana baru yang nantinya akan bertugas di wilayah kabupaten Tanah Bumbu. Relawan ini sebelumnya direkrut secara khusus dari dinas-dinas terkait, organisasi, dan dari LSM yang ada di Kab.Tanah Bumbu. Farhan selaku Kabid.Kedaruratan dan Logistik BPBD Tanah Bumbu menerangkan, bahwa peserta yang telah mengikuti pelatihan ini dinilainya cukup membanggakan. Hal ini berdasarkan pengamatan dan pantauan beliau sejak hari pertama pelatihan hingga selesai.

"Awalnya para peserta ini sebagian besar belum mengetahui tentang materi dan praktek penanggulangan bencana, namun saat acara gladi resik hari ini, peserta sudah dapat menunjukan prestasi yang luar biasa, baik dalam penguasaan materi dan prakteknya dilapangan, hanya dalam waktu 4 hari saja" ujarnya.

Pada bidang kedaruratan dan logistik, peserta diajarkan tentang proses evakuasi korban, penanganan pengungsi, pemasangan tenda-tenda darurat dan peralatan di dalamnya. Sedangkan di bidang pencegahan dan kesiapsiagaan yang di kepalai oleh Abdurrahim memiliki tanggung jawab untuk memberikan materi-materi khusus penanggulangan bencana kepada peserta pelatihan.

Setelah pelatihan ini Kepala Pelaksana pelatihan BPBD Tanah Bumbu, Drs.H.Anwar.S akan merencanakan pembentukan forum khusus agar kedepanya para relawan ini lebih terkoordinir dan lebih fokus dalam menjalan tugasnya sebagai relawan di Kab.Tanah Bumbu. (bar)
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved