Home » » 50 Relawan Dipersiapkan BPBD Tanbu

50 Relawan Dipersiapkan BPBD Tanbu

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 21 Agustus 2013 | 20.28

Batulicin - fokusbatulicin.com, Rabu (21/8) Kep.Pelaksana BPBD Kab.Tanah Bumbu, Drs.H. Anwar. S ,beserta anggota terkait mengadakan Pelatihan Relawan Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat Kab.Tanah Bumbu yang dilaksanakan di Aula Rumah Makan Bumbu Desa, Batulicin Kab.Tanah Bumby. Pelatihan ini diadakan karena wilayah Tanah Bumbu ini rawan atau berpotensi sekali terhadap bencana alam, seperti banjir, tanah longsor dan kebakaran lahan atau hutan, sehingga masyarakat diharapkan agar lebih waspada dan sigap dalam menghadapi bencana tersebut.

"Maka dari itu pelatihan ini bertujuan untuk mengimplementasikan kepada masyarakat dengan mendorong potensi relawan yang sudah ada di Kab.Tanah Bumbu agar lebih tangguh, tanggap dan tangkas dalam menghadapi bencana baik sebelum, sementara, atau yang setelah terjadi bencana" ujar Anwar. "Jumlah peserta ada 50 orang yang terdiri dari organisai, SKPDN, lembaga-lembaga terkait se-Kab.Tanah Bumbu yang memang hati nuraninya terpanggil untuk menjadi relawan" tambahnya lagi.

Kep. Pelaksana BPBD Kab.Tanah Bumbu,Drs.H. Anwar. S menjelaskan, kegiatan pelatihan ini sudah dimulai sejak hari senin (19/8) kemaren dan akan berakhir pada hari kamis (22/8) sekaligus upacara penutupan yang akan diadakan di Kapet."Para peserta yang mengikuti pelatihan ini tentunya tidak memiliki persyaratan khusus, yang penting ia harus sehat jasmani rohani dan tentunya memiliki jiwa sosialisme yang tinggi" ujarnya.

Para peserta yang sudah atau telah mengikuti pelatihan nantinya akan mendapat sertifikat khusus dari Kep.BNPB, Syamsul Mu'arif. "Hal ini dikarenakan kegiatan pelatihan ini berakala nasional" ujar Abdul Rahim, selaku Kabid. Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kab.Tanah Bumbu.

Riswandi (18) salah seorang peserta pelatihan mengungkapkan, "pelatihan ini dirasakannya cukup melelahkan, tetapi begitu bermakna dan tentunya saya mendapat begitu banyak pengalaman dan pengetahuan terutama dalam bidang pencegahan, penanganan kepada korban bencana" terangnya setelah diwawancara tim fokusbatulicin.com. (bar)
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved