Home » » Arus Mudik Banjarmasin Batulicin Normal

Arus Mudik Banjarmasin Batulicin Normal

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 06 Agustus 2013 | 14.35

Banjarmasin / fokusbatulicin.com - Arus mudik yang terjadi di Terminal Pal6 Banjarmasdin dalam bulan ramadhan tahun ini tidak banyak mengalami perubahan. Dihitung sejak 3 hari sebelum hari H hari raya Idul Fitri keadaan lalu lintas di Terminal Pal6 Banjarmasin terlihat seperti seperti biasanya.

Untuk Bis yang melayani perjalanan arus mudik dari dari Kota Banjarmasin ke Kota Batulicin tercatat ada 62 bis serta mini bis yang tersedia, sedangkan untuk taksi kol ada sekitar 72 buah. Dari jumlah tersebut rata rata perhari, angkutan darat ini hanya mampu melayani penumpang dengan menurunkan sejumlah bis dan colt seperti biasa. Hal ini disebabkan lonjakan penumpang yang tidak terlalu padat.

Sedangkan harga tiket menjelang hari raya idul fitri pada bis jurusan Banjarmasin-Batulicin (PP) tidak mengalami kenaikan atau tetap sebesar Rp 65.000,- untuk yang Non AC, dan Rp 85.000,- untuk bis yang memakai AC.

Menurut Yadi (48) salah seorang sopir bis jurusan Banjarmasin - Batulicin, mengakui jumlah penumpang menjelang lebaran tahun ini tidak banyak mengalami lonjaka jika dibandingkan hari nornal biasanya. Selain banyaknya alternatif angkutan darat jurusan Banjarmasin Batulicin, untuk terminal Banjarmasin biasanya baru terjadi lonjakan pada saat arus balik, dari H+3 lebaran, dan itupun tidak terlalu besar. Selain itu juga, Dikarenakan harga tiket yang dinilai cukup mahal bagi para pemudik. Sebelum kenaikan BBM harga tiket bis jurusan Banjarmasin - Batulicin hanya 50 ribu rupiah, sedangkan setelah kenaikan BBM harganya menjadi 65 ribu rupiah.

"Alternatif lain, pemudik bisa memilih travel hanya dengan menambah 40 ribu, pemudik akan dengan mudah diantar sampai ke tempat tinggalnya. Akan tetapi jika naik bis, mereka akan diturunkan diterminal dan harus menggunakan ojek menuju rumah, harga ongkosnya jika ditotal tidak jauh berbeda dengan menggunakan travel"ujar salah seorang sopir lainnya. Seperti yang dibenarkan oleh Anang (35) salah seorang pemudik dari Batulicin yang telah membeli tiket.

Dalam menghadapi arus mudik tahun ini Dinas Perhubungan Banjarmasin menyediakan Posko Pengamanan Arus Mudik yang berada diarea depan terminal Pal6 Banjarmasin. Posko ini memiliki beberapa satuan anggota, yakni 14 orang dari Kepolisian, 21 orang dari Dinas Perhubungan, 2 orang dari Dinas Kesehatan dan 2 orang dari Peramuka Banjarmasin.

Posko ini berfungsi untuk mengamankan situasi kondisi arus mudik yang ada diterminal Pal6 Banjarmasin menjelang hari raya Idul Fitri. Demikian penuturan dari H.M. Yusuf.R Ma selaku Kepala Dinas Perhubungan Banjarmasin saat ditemui Fokus Batulicin. (Bar)

Powered by Telkomsel BlackBerry®




Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved