Home » » Danrem 101/ Antasari & Bupati Tanbu Resmikan Pencanangan Karya Bakti dan Baksos di Tanbu

Danrem 101/ Antasari & Bupati Tanbu Resmikan Pencanangan Karya Bakti dan Baksos di Tanbu

Written By Fokus Batulicin on Senin, 19 Agustus 2013 | 17.57

Danrem 101/ Antasari Kolonel Inf Suharjono, Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming, serta bersama sejumlah unsur Muspida Kab. Tanah Bumbu secara bersama sama menekan Tombol Sirine pencanangan kegiatan Karya Bakti dan Bakti Sosial di Tanah Bumbu Kalimantan Selatan, dengan ditandai melalui pelepasan "balon pencanangan" ke angkasa, di halaman Aula Mahligai Bersujud Kapet, pada Senin (19/8) kemarin.

Kegiatan ini dilakukan secera serentak diseluruh kodim yang ada di wilayah Korem 101 di Kalsel
Dengan bentuk kegiatan diantaranya bedah rumah, donor darah pengobatan massal, rehab tempat ibdah masjid, gereja, pembersihan sungai, rehab sekolah, pembersihan sungai pasca banjir, pembagian paket sembako, pembagian kacamata geratis, pelayanan KB gratis, yang melibatkan komponen masyarakat sebanyak 5000 orang diwilayah kalsel.

Sejak pagi, ratusan masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan pengobatan geratis, dan sembako sudah memadati posko Korem 10/Antasari yang berlokasi di sekitar halaman Aula Mahligai Bersujud. Menurut Keterangan Kepala Dinas Kesehatan Tanah Bumbu Dr. Ambo Sakka yang terlihat sibuk mengawasi petugas kesehatan yang diturunkan di lokasi tersebut menjelaskan, hingga pukul 11 siang tadi jumlah pasien yang berobat geratis dalam kegiatan itu sudah mencapai 500 orang. Bahkan diperkirakan masih ratusan orang yang belum terdaftar, dan masih menunggu pembagian kartu..

"10 pelayanan yang dibuka semuanya full pelayanan. Sudah 500 pasien yang kita tangani, bahkan ada 2 orang pasien terpaksa dirujuk ke RSU Daerah lantaran menderita Asma dan penyakit Ginjal" ujar Dr. Ambo Sakka, selaku Kepala Dinas Kesehatan setempat.

Sementara menurut keterangan Danrem 101/ Antasari, rangkaian kegiatan itu dilakukan dalam rangka membangun kemanunggalan TNI dan rakyat diwilayah Kalimantan Selatan. Pencanangan untuk wilayah korem antasari yang meliputi wilayah kalsel dilakasanakan di kabupaten Tanbu dan Kotabaru.

" Pelaksanaan karya bakti ini juga merupakan salah satu upaya untuk membantu pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan fisik berupa pembangunan dan pemeliharaan sarana dan prasarana umum, yang menunjang kehidupan sosial bagi masyarakat guna meningkatkan taraf hidup kalangan menengah kebawah. Program Karya Bakti yang dicanangkan pada hari ini merupakan salah satu program daerah yang dipadukan dengan program lintas sektoral di daerah, sebagai kepedulian TNI Angkatan Darat dalam rangka mewujudkan pembangunan infrastruktur seperti fasilitas pendidikan, sarana ibadah, prasarana kesehatan, fasilitas umum, tempat tinggal, dan lain sebagainya. Guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat" ujar Danrem, lebih jauh.

Ditambahkan Danrem 101/Antasari Kolonel Inf Suharjono, khusus kodim 1004/KTB/TNB. Ragam bentuk karya bakti TNI ini meliputi pelaksanakan Bedah rumah untuk 10 kecamatan sebanyak 219 rumah bekerjasama dengan pemerintah daerah Kab. Tanah Bumbu. Kegiatan tersebut didukung oleh Bupati Tanbu, Mardani H Maming. Dimana dari pelaksanaan bedah rumah tersebut diharapkan dapat dilaksanakan secara gotong royong oleh para Babinsa bersama masyarakat yang bertempat tinggal yang ada disektitar rumah.
Hal tersebut bertujuan, dilakukan disamping untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat juga untuk meluruskan kembali semangat gotong royong kepada masyarakat yang saat ini mulai ditinggalkan. Semua rangkaian kegiatan yang dilakukan TNI angkatan darat, diharpakan untuk lebih meningkatkan kembali kemanunggalan TNI dan rakyat dan kembali menumbuhnkan smnagat gotong royong yang merupakan salah satu nilai_nilai luhur bangsa indonesia.

Sedangkan kegiatan yang lain, dilaksanakan juga kegiatan donor darah dengan sasaran 500 kantong darah, pelayanan pengobatan massal dengan sasaran 1000 masyarakat serta pelayanan KB gratis. Untuk menarik minat masyarakat untuk kegiatan tersebut, setiap peserta pelayanan, akan diberikan paket sembako gratis.
Secara terpisah, Dandim Kotabaru Tanah Bumbu letkol Inf Bayu Permana kepada fokusbatulicin.com mengatakan, kegiatan bakti sosial ini akan dilanjutkan pada Tanggal 1,2,3 dan 4 September mendatang Operasi Katarak di Banjarmasin. Bagi masyarakat Tanah Bumbu/Kotabaru dan wilayah Kalimantan Selatan Umumnya yang ingin mengikuti kegiatan tersebut diharapkan segera melaporkan diri melalui Koramil Koramil terdekat.

Selain itu, kegiatan Bedah Rumah dengan target 219 rumah yang dicanangkan sejak Hari Senin (19/8) ini, akan terus dilaksanakan, hingga diperkirakan bakal berakhir dibulan September mendatang. Kegiatan tersebut dikerjakan secara gotong royong oleh Anggota TNI.

"Harapan kami, semoga kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Tanah Bumbu. Serta mampu membangun hubungan silaturrahmi yang baik antara TNI dan Masyarakat. Sehingga, kedepan dapat terwujud pemerataan pembangunan di segala bidang, baik pembangunan fisik infrastruktur perumahan, kesehatan, pendidikan, maupun sosial budaya, terutama bagi masyarakat menengah ke bawah" ujar Dandim 1004 KTB-TNB Letkol Inf Bayu Permana. (Ley)
Powered by Telkomsel BlackBerry®









Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved