Home » » Delapan Pengcab HAKLI Kabupaten, Hulu Sungai Tengah, Tapin, Hulu Sungai Utara, Tanah Bumbu, Tabalong, Kotabaru, Tanah Laut, dan Balangan Dilantik Di Batulicin

Delapan Pengcab HAKLI Kabupaten, Hulu Sungai Tengah, Tapin, Hulu Sungai Utara, Tanah Bumbu, Tabalong, Kotabaru, Tanah Laut, dan Balangan Dilantik Di Batulicin

Written By Fokus Batulicin on Sabtu, 24 Agustus 2013 | 09.48

Ketum Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia Kalimantan Selatan (HAKLI) Kalsel Achmad Mahyuni melantik 8 Pengurus Cabang HAKLI yang berada di di ruang Mahligai Bersujud KAPET Kabupaten Tanah Bumbu, Sabtu (24/8).

Kegiatan Pelantikan Pengurus HAKLI Kalsel serta Seminar Nasional Kesehatan Lingkungan Tahun 2013 itu, dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Provensi Kalimantan Selatan yang diwakili Sukamto SKM, MKes selaku Kabid Promkes, Wakil Bupati Tanah Bumbu, H. Difriadi Darjat, Prof. Dr. Umar Fahmi Guru Besar Univ Indonesia, Ahmad Mahyuni BSC, SKM, MPH, Ketua Tim Penggerak PKK Tanbu HJ Erwinda Mardani H Maming, Sekda Kab Tanbu Drs. H Gusti Hidayat, serta Lukman Waris SKM, MMR, Mkes Kepala. Balai Litbang P2B2 Region Kalimantan.

Pada kesempatan itu, Ketua DPC HAKLI Tanah Bumbu, H Ardiansyah S.KM dalam sambutannya menuturkan, agar semua anggota HAKLI Kalsel bisa mengimplimentasikan semua program HAKLI demi terbangunnya peningkatan kualitas kesehatan masyarakat di Daerah Kalimantan Selatan. Terlebih bisa berkoordinasi dengan lintas sektor dan pemerintah daerah.
"kami sangat berharap, dengan terbentuknya HAKLI ini, adanya perhatian dan kerjasama pemerintah daerah, untuk bisa membangunkan sarana prasarana pendukung, berupa Laboratorium Kesehatan Lingkungan di Tanah Bumbu" ujar H Ardiansyah.

Sementara, Ketua Umum Hakli, Achmad Mahyuni dalam pemaparannya usai melantik para pengurus cabang HAKLI se Kalimantan Selatan dari 8 Kabupaten/ Kota, pagi itu mengatakan Angka Malaria 2000 lebih dan tertingg di Kalimantan Selatan, dan menuntut perhatian semua pihak, agar penyakit malaria ini bisa di Tekan setiap Tahun. Untuk itu, perlunya kesadaran masyarakat untuk memperhatikan kegiatan kesehatan lingkungan, dan juga menuntut perhatian seluruh SKPD, baik pengelolaan sampah, analisis dampak lingkungan hidup, baik di lokasi Pertambangan, Pekerjaan Umum, Pertanian dan Perkebunan.

Selain itu, Ketua Umum HAKLI juga sempat menyebutkan saat sekarang ini masih minim dilakukan Pengawasan kesehatan lingkungan terutama pada pengawasan kualitas Air Tanah maupun Air Minum. Seperti Air Minum Isi Ulang yang banyak dijumpai disejumlah daerah, padahal masih banyak yang belum memiliki standart uji kesehatan dan kualitas air yang diperdagangkan.

"saya menghimbau bagi yang belum memiliki laboratorium kualitas air di daerahnya, agar terus melakukan pengawasan kesehatan lingkungan di daerahnya" ujar Ahmad Mahyuni.
Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Difriadi Darjat saat berhadir mengatakan, Pelayanan Dasar Kesehatan Dasar wajib ada. Sehingga Tahun Depan Kabupaten Tanah Bumbu mendatangkan Mobil Laboratorium Kesehatan, sebagai salah satu upaya pemerintah terhadap peningkatan kesehatan lingkungan di Kabupaten Tanah Bumbu.

Selain itu, sebagai pilar kesehatan lingkungan, sudah seharusnya saat ini semua sektor pembangunan harus berdasarkan pada azas kesehatan lingkungan, jika tidak dipastikan akan berdampak buruk pada kualitas kesehatan manusianya sendiri. Begitu juga dengan kegiatan perekonomian alasan peningkatan kesejahteraanpun harus berlandaskan pada azas kesehatan lingkungan, memperhatikan aspek lingkungan. Seperti dilokasi lokasi pertambangan yang ada di Kalimantan Selatan. Sehingga peningkatan perekonomian yang baik, bukan berdasarkan pada kerakusan, jika mengandalkan kerakusan semata, semua pembanguna yang dilakukan tidak akan bertahan, pasti berada pada ambang kehancuran, dan berdampak pada kerugian masyarakatnya sendiri.

" Untuk itu, dengan keberadaan HAKLI di Daerah harus mempu menjadi mitra pemerintah daerah dalam mengambil kebijakan pembangunan, yang bersinggungan dengan lingkungan. Sehingga keputusan ataupun kebijakan yang diambil pemerintah tidak merusak atau mengganggu keseimbangan kesehatan lingkungan" ucap Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Difriadi Darjat. (Ley)
Powered by Telkomsel BlackBerry®







Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved