Home » » E-KTP Banyak Yang Belum Terima, Disdukcapil Klaim Distribusikan 96 Persen

E-KTP Banyak Yang Belum Terima, Disdukcapil Klaim Distribusikan 96 Persen

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 20 Agustus 2013 | 14.37

Batulicin / fokusbatulicin.com - Distribusi E KTP dinilai masih belum merata. Masih banyak warga yang sampai dengan saat ini tidak mendapatkan E KTP, lantaran alasan pihak distributor di Kecamatan Kecamatan yang ada di Tanah Bumbu belum menerima kiriman dari pusat.

Seperti yang dialami Hali (42) warga desa Kampung Baru Kecamatan Simpang Empat Kab. Tanah Bumbu yang sampai dengan saat ini belum menerima E KTP tersebut. Padahal, istri dan anak anaknya sudah menerima, akan tetapi dirinya sebagai kepala keluarga justru tidak menerima E KTP.

 Dari perekaman, sampai dengan berita ini diturunkan tidak menerima perekaman sd 1 Agustus 2013, tercatat sudah sebanyak 175.507 dan kemudian Jumlah E-KTP untuk seluruh kecamatan di kabupaten Tanah Bumbu yakni sekitar 166.323 lembar untuk 10 Kecamatan, sisanya masih dalam proses pengiriman dari pusat Jakarta. Untuk Kec.Simpang Empat sendiri sudah ada sekitar 6.351 e-ktp yang didistribusikan dari pemerinatah pusat.

Kabupaten Tanah Bumbu dinilai cepat dalam perekaman data e-ktp untuk wilayah Kalsel, dijelaskan oleh Kadispencapil melalui Kasi. Info dan Analisa Penduduk, Untung Widodo.St mengatakan" perekaman data e-ktp di Kabupaten Tanah Bumbu sudah lebih dari 90% terpenuhi, terutama untuk Kecamatan Simpang Empat, sudah sekitar 98% penduduknya yang datanya sudah masuk di database, sementara untuk keseluruhan distribusi ke 10 kecamatan, 96 persen, dan yang belum di distribusikan 4 persen lagi" ujarnya.

Kemudian warga yang merasa sudah terjadi kesalahan data pada e-ktp nya, bisa melaporkannya di kantor kecamatan masing-masing. Setelah itu akan diberikan surat keterangan yang berisikan data yang salah dan data yang benar, kemudian surat keterangan tersebut akan dilampirkan satu paket dengan e-ktp yang terdahulu. Hal ini adalah kebijakan dari Dispencapil selama proses perbaikan e-ktp yang seluruhnya diatur dan diurus oleh pemerintah pusat.

Untuk masyarakat Kab.Tanah Bumbu yang belum hadir atau belum sempat merekam datanya di masing-masing kecamatan, maka diharapkan untuk mendatangi kantor Dispencapil untuk mengisi database e-ktp sekaligus dapat memperbaharui kartu keluarga yang akan di up-grade oleh petugas yang bersangkutan. Sehingga kepemilikan e-ktp Masyarakat Kab.Tanah Bumbu secara maksimal dapat terpenuhi.

"Pencetakan e-ktp yang seluruhnya dilaksanakan oleh pemerintah pusat dinilai cukup lamban, karena database yang dikirim lebih awal belum tentu dicetak terlebih dahulu. Pemerintah daerah hanya dapat menunggu e-ktp yang didistribusikan oleh pemerintah pusat, karena wewenang ini sepenuhnya dimiliki oleh pemerintah pusat" ujar Widodo saat ditemui wartawan fokusbatulicin.com. (Bar)
Powered by Telkomsel BlackBerry®




Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved