Home » » KPUD Tanbu Catat 208.952 DPS Pemilu

KPUD Tanbu Catat 208.952 DPS Pemilu

Written By Fokus Batulicin on Senin, 12 Agustus 2013 | 19.25

Batulicin / fokusbatulicin.com - Dari jumlah penduduk 305.824 jiwa, termasuk bayi yang ada di Tanah Bumbu, hingga berita ini diturunkan, Senin (12/8) sebanyak 208.952 jiwa telah tercatat dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) oleh Komisi Pemilihan Umum- Daerah (KPUD) Tanbu.

Komisi Pemilihan Umum Tanahbumbu (KPU Tanbu) dalam waktu dekat ini akan segera memanggil Ketua partai poltik (Parpol) untuk validasi daftar calon legislatif (caleg) tetap setelah ditetapkan.
Hal itu diungkapkan Ketua KPU Tanbu, Drs Samsani saat ditemui di kantornya di Gunung Tinggi, dimana saat itu sudah menerima daftar caleg sementara (DCS) sebanyak 349 orang.
Penetapan DCT akan ditetapkan pada 22 Agustus 2013 mendatang. Setelah ditetapkannya, nanti ketua partai akan diminta untuk memvalidasi daftar tersebut sesuai yang sebenar-benarnya agar tidak terjadi kekeliriuan dikemudian hari.

"Semua daftar caleg tetap itu sudah memnuhi syarat sampai 1 Agustus lalu, tinggal penetapan dan ketua partai akan dipanggil untuk validasi data bila ada keganjalan,"terang Samsani kepada BPost, Senin (12/8) siang.

Dikatakan Samsani, sebelum 1 Agustus kemarin, hanya ada satu parpol yang mundur mencaleg karena tidak memenuhi syarat. Sehingga sekarang terdaftar daftar caleg sementara (DCS) 349 orang.

Selain itu, untuk daftar pemilih sementara (DPS) dari desa akan menyerahkan data yang belum masuk pemilih. Sebab, beberapa waktu lalu, pengumaman DPS telah diumumkan dan diimbau secepatnya mendaftar dirinya sebagai pemilih.

"Kemarin kita sudah memajang DPS, dan tanggal 14 Agustis ini, kita meminta kepada aparat desa mengumpulkan data verivikasi bagi warga yang sudah mendaftarkan dirinya sehingga dari pihak KPU bisa melakukan perbaikan untuk memasukkan namanya sebagai daftar pemilih,"ujarnya.

Sehingga pada 16 Agustus akan ditetapkan kembali sebagai daftar pemilih sementara hasil perbaikan. Namun bukan berarti tidak boleh mendaftarkan diri bagi yang belum terdaftar melainkan masih ada kesempatan bagi yang belum terdaftar.

Sebab, masih ada ditemukan yang belum terdaftar. Maka dari itu KPU pun ikut ikut mengkroscek ke lapangan dan masih ditemukan beberapa orang yang belum terdaftar.

"Oleh sebab itu, kami tidak hentinya selalu mengimbau untuk mendaftarkan diri sebagai pemilih sebelum bulan September nanti ada keputusan final. Bila sudah final maka tidak ada perubahan data lagi,"tegas Samsani.

Terkait hal itu, parpol sudah beberapa kali disurati agar warga binaan dan simpatisannya sesegera mungkin mendaftarkan dirinya. Apabila nanti sudah selesai penyuratan terakhir, parpol akan disurati dengan keterangan bahwa sudah terdaftar semua agar tidak ada kekeliruan dikemudian hari.

"Takutnya menyalahkan KPU, padahal kami selalu mengimbau, jadi sebelum surat penetapan dikirim diminta agar ikut mengkroscek, apabila sudah ada surat penetapan disebarkan tidak bisa lagi diganti atau ditambahkan karena sekarang yang terdaftar sebanyak 208.952 DPS dari jumlah penduduk 305.824 termasuk bayi,"ucapnya.

Secara terpisah, salah seorang warga desa Kuranji, Bambang SP, mengharapkan agar petugas pencatat Daftar Pemilih harus benar benar turun ke lapangan untuk melakukan pendataan. Tidak hanya mengandalkan data pemilih yang digunakan sebelumnya. Begitu pula, pada saat melakukan pendataan, petugas harus benar yakin, bahwa semua warga tempatnya bertugas melakukan pencatatan tersebut, sudah terdaftar.
"Jangan sampai ketika datang melakukan pencatatan, orangnya tidak ada dirumah pada hari itu, karena bekerja ke sawah, jadi tidak didata. Seharusnya, petugas bisa mendatngi lagi pada hari berikutnya, atau pada sore hari, yang diperkirakan warga cacahannya pulan bekerja rata rata jam berapa. Sehingga, warga yang didata bisa ditemui" ujar Bambang, yang mengaku sampai saat ini di lingkungan tempat tinggalnya masih ada yang belum memiliki kartu tanda daftar pemilih pada pemilu mendatang. (Ley)
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved