Home » » Lama Diidam Idamkan Masyarakat, Akhirnya Tanbu Memiliki Kodim

Lama Diidam Idamkan Masyarakat, Akhirnya Tanbu Memiliki Kodim

Written By Fokus Batulicin on Senin, 26 Agustus 2013 | 15.46

Setelah sekian lama di tunggu tunggu keberadaannya, Akhirnya di pertengahan Tahun 2013 ini Kabupaten Tanah Bumbu yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Kotabaru, tepatnya di penghujung bulan Agustus ini memiliki markas Kodim tersendiri. Kodim itu diberi nama Kodim 1022/ TNB.

Rencanannya, Peresmian Kantor Kodim itu bakal dilakukan oleh Kepala Staff Angkatan Darat (Kasad) Jendral TNI Moeldoko. Yang juga bakal dihadiri oleh Pangdam VI Mulawarman Mayjend TNI Dicky Wainal Usman, S.IP., M.Si, Kasdam Brigjen TNI Wiyanto S.Sos. Serta petinggi TNI AD lainnya. Dan tentunya jug akan di saksikan oleh sejumlah unsur Muspida Kabupaten Tanah Bumbu, dan juga masyarakat setempat secara terbuka, langsung dari halaman Makodim 1022/TNB di Jalan Raya Kodeco Km 4,5 Kecamatan Simpang Empat.

Dandim 1004/TNB-KTB Letkol inf Bayu Permana mengatakan, keberadaan Kantor Kodim plus dengan sarana dan prasarana pendungnya itu, diharapkan mampu dimanfaatkan untuk mengedepankan kepentingan pelayanan publik, baik untuk kelancaran tugas pengamanan teritorial Kabupaten Tanah Bumbu, serta pelayanan sosial darma bakti, Karyabakti dan bakti sosial TNI AD kedepan. Sehingga kedekatan antara masyarakat dengan TNI AD semakin terjalin berkesinambungan sehingga kemitraan antara TNI AD dan Masyarakat turut terjalin.

"Kodim ini berdiri demi mempererat silaturrahmi antara Masyarakat dengan TNI AD. Kemudian untuk kegiatan sosial masyarakat oleh TNI bisa berjalan berkesinambungan, melihat antusias masyarakat. Sesuai tugas pokok Kodim adalah pertahanan wilayah metode Binter, bakti TNI, pembinaan ketahanan wilayah dan Komunikasi Sosial". Ujar Dandim, Bayu Permana.

Kedepan, Dengan adanya kodim penyelenggaraan pembinaan teretorial dan pembinaan kemampuan kekuatan dan gelar kekuatan untuk menyiapkan wilayah pertahanan didarat dan menjaga keamanan wilayahnya dalam rangka mendukung tugas pokok Korem. Dengan demikian hal itu bisa dilaksanakan lebih baik lagi.

Sekedar diketahui, Bangunan yang berdiri megah di atas lahan seluas kurang lebih 3 Hektar itu, merupakan hibah dari pemilik Perusahaan Lokal Asal Tanah Bumbu Jhonlin Group, H Syamsuddin atau yang lebih akrab dikenal dengan panggilan H Isyam. Dengan luas Tanah 2,8 hektar, Bangunan Kantor Makodim 2 Lantai, Perumahan Dandim, rumah jaga/piket, Mushalla, kantor Intel Kodim, Rumdis F-120/1KK, Rumdis G-90/1KK, Rumdis H-70/4KK, Rumdis K-45/ 17KK, Pos Jaga 2 buah, Gudang dan Aula.
"Direncanakan pelaksanaan, awalnya 8 bulan, namun begitu dikerjakan hanya menghabiskan waktu 4 bulan lamanya sampai dengan saat ini. Dengan tenaga kerja Kodam VI/ MLW 150 Orang, dan PT. Jhonlin Group 250 Orang. Sampai saat ini bangunan sudah mencapai lebih dari 90 persen, tinggal penyelesaian bangunan perumahan dan infrastruktur pendukung lainnya" ujar Dandim mengakhiri wawancara dengan fokus batulicin.com seraya menjelaskan, bahwa peresmian itu bakal dilaksanakan pada Tanggal 29 Agustus 2013 mendatang.

Kemudian, sekedar menjadi catatan Korem 101/ Antasari berdiri 20 Desember 1961 bermarkas komando di Kota Banjarmasin dan wilayah teritorial mencakup Kalsel. Memiliki pasukan Yonif 621/manuntung di Kandangan Kalimantan Selatan, Yonif 623/ Bhakti Wira Utama di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Dengan Kodim yang berada dibawah Komando adalah : Kodim 1001 Amuntai, Kodim 1002/Barabai, 1003/ Kandangan, 1004/ Kotabaru, 1005/ Marabahan, Kodim 1006/martapura, 1007 Banjarmasin, 1008/ Tanjung, 1009/Plaihari, 1010/ Rantau. Ditambah dengan Kodim 1022/TNB. (Ley)

Powered by Edha Kencana Corp®






Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved