Home » » Lebih dari 80 Titik, Jalan Raya Batulicin-Satui Rusak

Lebih dari 80 Titik, Jalan Raya Batulicin-Satui Rusak

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 06 Agustus 2013 | 15.15

Setelah melakukan survey dan pendataan oleh Polres Tanah Bumbu Unit Satlantas setempat, diketahui, jalan raya provensi dari wilayah Batulicin menuju Satui, sepekan sebelum memasuki H-3 Lebaran Idul Fitri, banyak kerusakan badan jalan.

Dari Data yang dikantongi Satlantas Polres Tanbu, titik kerusakan terparah di jalur mudik utama Provensi Kalimantan Selatan linta Kabupaten dan Lintas Provensi itu lebih dari 80 titik. Dengan titik kerusakan terparah paling banyak berada di Kecamatan Batulicin penghubung Kecamatan Kusan Hilir, kemudian Kecamatan Kusan Hilir Penghung Kecamatan Sungai Loban. Demikian diutarakan AKP Denny selaku Kasatlantas Polres Tanah Bumbu, saat dikonfirmasi fokusbatulicin.com Siang Selasa (6/8) tadi.

Saat ditanya langkah apa yang dilakukan pihaknya, agar para pemudik bisa melintasi jalur mudik Batulicin-Satui ini, dengan adanya kerusakan badan jalan itu. Menurut Denny langkah nyata yang dilakukan Polres Tanbu saat ini ada memasang rambu rambu peringatan disekitar lokasi titik titik rawan kecelakaan, dan titik kerusakan badan jalan terparah. Baik rambu lalulintas, maupun pesan normatif lainnya seperti peringatan bahaya tikungan tajam, dan jalan berlubang. Selain itu pihaknya juga menghimbau bagi pengendara roda dua, agar tidak membawa barang atau tumpangan berlebihan saat mudik, serta mematuhi peraturan lalulintas, baik menggunakan kelengkapan berkendara, maupun surat izin lainnya, termasuk selalu membawa kartu tanda penduduk saat bepergian keluar daerah.

Berdasarkan pantauan fokusbatulicin.com, Selasa (6/8) tadi, kerusakan terjadi disejumlah tempat, untuk penghubung Kecamatan Batulicin menuju Kota Pagatan diantaranya tikungan desa Kersik Putih- Pondok Butun, tikungan Kersik Putih depan Mesjid Kersik Putih, tikungan Kersik Putih depan SPBU, tikungan Kersik Putih LDII, tikungan Kersik Putih perbatasan desa Segumbang, lepas jembatan Segumbang, tikungan Segumbang-kuburan muslimin Sepunggur, tikungan Sepunggur, depan kantor parta P3 Tanbu, tikungan SPBE, Poros desa Rantau Panjang, tikungan Rantau Panjang, tikungan desa Api Api, tikungan desa Pakattelu, tikungan desa Manurung, poros jalan Manurung, dan Jembatan Pagatan.

Sementara kerusakan badan jalan penghubung Kota Pagatan menuju Kecamatan Satui yang juga merupakan akses jalan raya provensi Kalsel itu diantara terdapat di sekitar Jembatan Salomate, tikungan Pulau Salak, depan pintu masuk taman rekreasi Pulau Salak, tikungan tempat pembuangan sampah Pulau Salak, poros desa Betung, jembatan Betung, jembatan depan Pelabuhan Ikan Tradisional Ikan desa Betung, lepas tikungan semen Betung, tikungn SPBU Sungai Loban, jalan raya poros desa Sungi loban, Poros depan Polsek Sungai Loban sampai dengan Mesjid Atqwa desa Sari Mulya, poros perkebunan karet Laduk, Tikungan desa Bunati, poros SPBU Sebamban lama, poros jalan raya sebamban Baru Angsana, depan SPBU Angsana, poros desa Sinar bulan Satui, dan Poros Jembatan Underpas H Abidin.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tanah Bumbu, Ir Sofiani melalui sekretarisnya Roy Rizali Anwar, ST. Jalan raya provensi penghubung Batulicin-Satui itu tiap tahunnya mendapatkan dana pemeliharaan. Hanya saja titik titik yang diperbaiki adalah yang paling parah. Seperti di Desa Betung dan Sungai Loban.

Dikatakannya, di dua tempat ini, saat ini sebagian telah dilakukan perbaikan, baik semenisasi maupun pengaspalan, hanya saja masih ada tersisa badan jalan lainnya yang masih rusak. Karena, satu titik di perbaiki, titik lainnya yang rusak biasa menjadi parah, seiring berjalannya waktu, dan juga akibat faktor musim yang tidak menentu. Semakin sering turun hujan, maka diyakini makin banyak jalan raya yang berluban. Bermula terjadi pecah pecah pada bagian lantai atas aspal, kemudian terjadi lenjutan, maka lama kelamaan akan robek dan menjadi kawah atau cekungan cekungan kecil.

" Untuk itu hal ini terus mendapat perhatian dari pemerintah daerah, maupun provensi, insya allah, semuanya akan kita tangani, tinggal menunggu waktu" ujar Roy. (Ley)


Powered by Telkomsel BlackBerry®






Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved