Home » » Mardani : Masyarakat Tanbu Tak Hanya Harus Cerdas, Tapi Harus Religius

Mardani : Masyarakat Tanbu Tak Hanya Harus Cerdas, Tapi Harus Religius

Written By Fokus Batulicin on Jumat, 02 Agustus 2013 | 12.58


BATULICIN – Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) Mardani H. Maming mengatakan, program pemberian dana  hibah dari Pemkab Tanbu kepada sejumlah objek penerima termasuk kepada kelompok Majelis Taklim tak lain sebagai wujud upaya pemerintah daerah untuk menciptakan masyarakat Bumi Bersujud yang religious.

"Pemerintah daerah berkomitmen mengimplementasikan program pembangunan SDM (Sumber Daya Manusia) daerah disegala bidang, salah satunya bidang pendidikan formal melalui program pendidikan gratis dari jenjang Sekolah Dasar hingga SMU sederajat. Namun begitu pembangunan SDM itu tak hanya diarahkan bagi penciptaan masyarakat Tanah Bumbu yang cerdas tapi juga untuk menciptakan masyarakat Tanah Bumbu yang religius", sebut Mardani usai prosesi penyerahan dana hibah kepada lima kelompok majelis taklim di Batulicin, Selasa (30/7) lalu.

Atas dasar komitmen itulah, sekaligus sebagai wujud implementasi untuk membangun masyarakat Tanah Bumbu yang religius papar bupati, pemerintah daerah telah pula merealisasikan program penyaluran dana hibah kepada lembaga-lembaga sosial keagamaan kelompok majelis taklim.

Seperti diketahui, sejauh ini selain majelis taklim dana hibah juga diserahkan untuk peningkatan kualitas dan kuantitas sarana dan sarana publik bidang keagamaan seperti untuk tempat ibadah berupa masjid, mushola, langgar, pura, gereja, organisasi kemasyarakatan seperti Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI).

Dikatakan Mardani lagi, di era modern seperti saat ini ini, sudah barang  tentu banyak hal-hal baru yang membawa perubahanpada masyarakat, baik itu dibidang ekonomi, sosial, budaya, dan IPTEK. Tentunya perubahan tersebut harus disikapi dengan baik karena perubahan tersebut ada yang beresensi positif maupun sebaliknya. Untuk itulah perlu adanya penangkal pengaruh-pengaruh perubahan tersebut.

"Di era seperti saat ini arus informasi begitu cepat berkembang. Maka agama merupakan salah satu penyaringnya. Untuk itulah masyarakat kita selain harus cerdas juga harus religius," ujar Mardani.

Terkait dengan penyerahan dana hibah  bidang keagamaan ini maka diharapkan peran majelis taklim dapat menjadi media atau wadah yang mampu menjadi filter perubahan sosial kemasyarakatan yang terjadi melalui langkah peningkatan pengetahuan bidang keagamaan, sehingga diharapkan mampu mencetak generasi muda Tanbu yang bukan hanya cerdas pada ilmu pengetahuan sosial saja, namun juga cerdas dalam ilmu keagamaan.

Sementara itu untuk diketahui penerima dana hibah pada kesempatan tersebut meliputi Majelis Ta'lim Al Mustakim Desa Bersujud Kecamatan Simpang Empat Rp. 5.000.000, Majelis Ta'lim Al Muhibbin Desa Bersujud Kecamatan Simpang Empat Rp. 5.000.000, Majelis Ta'lim Salsabila Seroja Indah Kelurahan Batulicin Rp. 5.000.000, Majelis Ta'lim Al Muhajjir Desa Bersujud Kecamatan Simpang Empat Rp. 5.000.000, danMajelis Ta'lim Al-Azhar Desa Bersujud Kecamatan Simpang Empat Rp. 5.000.000.

Selain majelis ta'lim, pada kesempatan itu juga Bupati Mardani H Maming menyerahkan dana hibah untuk BKPRMI Kusan Hilir Rp. 1.344.000.000, Pondok Pesantren Rabiatul Aulat Desa Wiritasi Kecamatan Kusan Hilir Rp. 50.000.000, Mesjid Al Harah Desa Bakarangan Kecamatan Kusan Hulu Rp. 25.000.000, Musholah Nurul Huda Desa Suka Damai Kecamatan Mantewe Rp. 25.000.000, Langgar Nurul Huda Desa Sarigadung Kecamatan Simpang Empat Rp.  15.000.000, Langgar Al-Hikmah Desa Suka Damai Kecamatan Mantewe Rp. 13.000.000, dan Langgar Al Muhlisin Desa Maju Sejahtera Kecamatan Karang Bintang Rp. 10.000.000. (ADV/Relhum)
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved