Home » » Penanganan Logistik Korban Banjir Satui, Dituding Lamban

Penanganan Logistik Korban Banjir Satui, Dituding Lamban

Written By Fokus Batulicin on Minggu, 04 Agustus 2013 | 17.27

-Muspika Patungan Buat Penanngan Logistik Awal-

Ribuan korban banjir satui, sampai berita ini membutuhkan sejumlah kebutuhan logistik baik mentah maupun sudah masak, untuk bisa langsung dikonsumsi. Namun sayangnya, sejumlah team Muspika baik Polres, Danramil, dan Camat setempat mengalami kewalahan penyediaan bahan kebutuhan logistik berupa beras, Mie instan, minyak goreng, dan lainnya.

Dari catatan Posko Banjir di Koramil setempat, Korban Banjir Satui 5985 Jiwa, Sungai Danau 4205 jiwa (11RT), kemudian Desa Sinar Bulan 786 Jiwa (7RT), Satui Timur 720 jiwa (1RT), dan Desa Jombang 160 Jiwa, (3RT). Seluruh korban masih ditampung di SMPN 4 Satui Desa Sinar Bulan 300 Jiwa, Gedung Serbaguna Satui Timur 240 jiwa, dan di tempatkan di Gedung Serbaguna Sungai Danau 50 Jiwa.

" Untuk menangani sementara kami dari Unsur Muspika Membuat kesepakatan bersama sama baik Polsek, Camat, dan Danramil untuk Patungan melunasi hutang di Toko Sembako, karena saat ini logistik dari Dinas Sosaial dan BPBD belum masuk. bantuan lainnya, kita terima dari sejumlah perusahaan suasta di Satui" ujar Camat Satui Eryanto Rais, saat didampingi Danramil Satui Kapt Inf Haris, serta Kapolsek Satui AKP Ibnu Yulianto, usai menyerahkan dana talangan ke pemilik toko dengan total pinjaman mencapai Rp 7.507.000,..

Sementara Danramil Satui Kapt Inf Haris menerangkan kebutuhan nasi bungkus sungai Danau mencapai 1267, Satui Timur350, sinar Bulan 1386 nasi bungkus buat buka puasa atau untuk 1 kali makan. sementara untuk kebutuhan Sahur juga dengan jumlah yang sama. Yang disiapkan melalui dapur umum Koramil milik Dinas Sosial, Workshop PT ABC sinar Bulan secara swadaya,
"Untuk sementara kita bisa atasi, tapi untuk hari selanjutnya kita membutuhkan suplay dari Pemerintah Daerah, baik BPBD maupun Dinsos" ujar Danramil Satui.

Menanggapi hal itu, salah seorang tokoh masyarakat setempat, Bambang, menyayangkan lambannya penanganan logistik dari pemerintah daerah. Seharusnya dalam kondisi ini, menurut Bambang, semua harus siap melalui protap yang sudah ada, sehingga tidak ada lagi kendala dilapangan.

"Perhatian Pemerintah Daerah melalui Dinas Sosian, BPBD dan Kesehatan masih sangat minim. Dari kemarin, Tanggap Darurat antisipasi Banjir yang seharusnya jauh jauh hari sudah disiapkan baik untuk operasional, dan kebutuhan logistik makan bagi pengungsi jika ada Musibah seperti ini, Jangan sampai kocar kacir begini kalau sudah urusan menyiapkan makanan" ujar Bambang, salah seorang Tokoh Masyarakat Satui, yang terlihat sibuk menyiapkan logistik untuk didistribusikan ke sejumlah lokasi pengungsian Minggu (4/8) tadi.

Di Pihak Lain Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming melalui Camat Satui Eryanto Rais, mengatakan untuk prosedur penanganan bencana sudah ditentukan apabila dalam kondisi darurat, Pihak Muspika ditangan Koordinasi Camat setempat bisa mengambil kebijakan dengan mengupayakan logistik berasal dari pertokoan terdekat dari lokasi banjir karena hal itu, telah memiliki anggaran tersendiri, sehingga korban bencana banjir tidak perlu khawatir.

"Semuanya pasti teratasi, tidak ada masalah" ujar Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming saat di Hubungi Camat Satui Eryanto Rais melalui pesawat Telpon. (Ley)

Powered by Telkomsel BlackBerry®








Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved