Home » » Ratusan Murid SD Gosok Gigi Massal

Ratusan Murid SD Gosok Gigi Massal

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 29 Agustus 2013 | 15.11

Batulicin / fokusbatulicin.com - Ratusan murid Sekolah Dasar Negeri 1 Kampung Baru Kecamatan Simpang Empat mengikuti gerakan gosok gigi massal dan cuci tangan pakai sabun, Kamis (29/8) pagi.
Gerakan gosok gigi massal dan cuci tangan pakai sabun tersebut dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Tanbu Hj. Erwinda Mardani di SDN 1 Kampung Baru Simpang Empat. Ratusan murid pun tampak antusias mengikuti arahan dari panitia tentang menggosok gigi dan mencuci tangan yang baik.

Ketua TP PKK Tanbu Hj. Erwinda Mardani mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan TP PKK Tanbu yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Tanbu dan didukung oleh BRI dan BTN yang bertujuan untuk mengajarkan kepada anak-anak untuk berpola hidup yang sehat. Salah satunya dengan menggosok gigi dan mencuci tangan dengan sabun baik itu sebelum melakukan aktifitas maupun sesudah melakukan aktifitas.
"Kesehatan anak menjadi fokus perhatian kita saat ini. Untuk itu kita perlu mengajarkan pola hidup bersih kepada anak usia muda khususnya para pelajar tingkat Sekolah Dasar," ujar Erwinda seraya mengatakan manfaat pola hidup bersih tentunya banyak manfaatnya seperti menghindarkan diri dari terserangnya penyakit.

Dikatakan Erwinda, kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat dan bisa berkelanjutan dilaksanakan dirumah masing-masing. Sementara itu, Kepala Bidang PSDM dan Promkes pada Dinas Kesehatan Tanbu H. Rahmatullah mengatakan pencanangan gerakan gosok gigi dan cuci tangan pada anak sekolah dasar  ini dilaksanakan selama 21 hari berturut-turut dimulai pada tanggal 29 Agustus – 19 September 2013.
Pencanangan dilaksanakan di empat tempat yaitu di SDN 1 Rejowinangun Kecamatan Karang Bintang, SDN 1 Manunggal Kecamatan Karang bintang, SDN 3 Batuah Pagatan, dan SDN 1 Kampung Baru Kecamatan Simpang Empat.

"kita targetkan pada hari ini ada sekitar 600 murid SD yang mengikuti gerakan gosok gigi secara serempak di empat sekolah," ujarnya. Murid SD yang mengikuti gerakan tersebut yaitu dari kelas 1, 2, dan 3.
Adapun materi yang diberikan pada kegiatan ini, ujar Rahmatullah yaitu mengajarkan bagaimana cara menggosok gigi dan mencuci tangan yang baik.

"Hendaknya mencuci tangan setelah keluar kamar kecil dan memegang sesuatu serta menggosok gigi sebelum makan dan hendak tidur malam," ujarnya.

Sebagai bentuk dukungan terhadap kegiatan ini, masing-masing Pejabat dilingkungan Dinas Kesehatan Tanbu menyumbangkan sebanyak 5 sikat gigi dan 1 pasta gigi, sedangkan untuk staf masing-masing 1 sikat gigi. " Sudah terkumpul sekitar 100 sikat gigi dan akan kita bagikan secara gratis kepada murid SD," Ujar Rahmatullah.

Kepala Sekolah SDN 1 Kampung Baru Kecamatan Simpang Empat, Zaidi S.Pd mengatakan sangat bangga dengan dilaksanakannya kegiatan gosok gigi massal dan cuci tangan pakai sabun yang dilaksanakan TP PKK Tanbi disekolah SDN 1 Kampung Baru.

"Kegiatan yang dilakukan PKK ini tentunya sangat bermanfaat sekali untuk anak-anak didik disekolah kami. Apalagi ketua TP PKK langsung turun kelapangan untuk mengajarkan bagaimana cara menggosok gigi dengan baik dan benar serta mencuci tangan," ujar Zaidi.

Selama ini ujar Zaidi, SDN 1 Kampung Baru juga telah menerapkan dan mengajarkan bagaimana pola hidup bersih kepada murid-murid. Yang salah satunya dengan kegiatan membersihkan kela s setiap  pagi, jumat bersih, serta kegiatan dokter kecil disekolah. (Dd)
 
Powered by Edha Kencana Corp®












Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved