Home » » Sekda Kunjungi Korban Banjir Satui

Sekda Kunjungi Korban Banjir Satui

Written By Fokus Batulicin on Minggu, 04 Agustus 2013 | 18.59

Mendapatkan informasi bahwa di Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu mengalami musibah banjir beberapa hari ini, Akhirnya Sekda H. Gusti Hidayat menyempatkan diri berkunjung ke lokasi kejadian menggunakan speed boat, sore Minggu (4/8) kemarin.

Sekda begitu tiba langsung melakukan kesiapan penanganan pasca bencana bagi korban, baik dari lokasi pengungsian, ketersediaan kebutuhan hidup makan dan minumnya saat berbuka puasa maupun sahur ramadhan maupun stock sembako yang dibutuhkan untuk dapur umum.

H. Gusti Hidayat di dampingi Camat Satui Eryanto Rais dan Komandan Koramil Satui Kapt Infantri Haris meninjau satu persatu lokasi banjir, dan berkomunikasi langsung dengan warga korban banjir yang masih tetap mendiami rumah rumah mereka, meskipun air sudah masuk kedalam rumah.

"Alhamdulillah Banjir kali ini tidak terlalu parah, meskipun air cukup tinggi namun tidak meluas seperti musibah tahun tahun sebelumnya. Ini kenapa, karena program pemerintah pasca musibah banjir telah kita laksanakan. Baik itu pelebaran sungai, normalisasi sungai, membuat kanal menuju langsung ke laut, serta pembuatan jembatan jembatan, bagi titik titik terendah di sepanjang jalan raya yang rendah, terutama jalan provensi seperti di sebamban lama, dan yang lainnya. Sehingga banjir kali ini tidak berdampak terlalu parah. Tapi kita tetap harus waspada terharap pergerakan air di hulu, karena apabila masih terjadi hujan deras, maka tidak menutup kemungkinan air sungai akan bertambah debetnya" ucap Sekda Kab Tanbu Gusti Hidayat.

Selain itu dikatakannya, untuk mengantisipasi terjadi musibah yang sama di tahun tahun mendatang, pemerintah Kabupaten berencana akan membangun tanggul tanbggul peralihan air pada titik titik lokasi banjir terparah terutama Satui dan Kusan Hulu. Sehingga saat terjadi luapan air sungai, tanggul tanggul tersebut bisa dialihkan dan diharapkan mampu mengurangi luapan air ke rumah warga.

Sementara, Camat Satui Eryanto Rais mengaku sejak Sabtu (3/8) malam telah melakukan pemantauan bersama Kapolsek Satui Ibnu Yulianto dan juga Danramil Satui Kapt Inf Haris ke sejumlah lokasi banjir dan menyiapkan lokasi penampungan serta posko logistik, maupun posko kesehatan.

Dari catatan Posko Banjir di Koramil setempat, Korban Banjir Satui 5985 Jiwa, Sungai Danau 4205 jiwa (11RT), kemudian Desa Sinar Bulan 786 Jiwa (7RT), Satui Timur 720 jiwa (1RT), dan Desa Jombang 160 Jiwa, (3RT). Seluruh korban masih ditampung di SMPN 4 Satui Desa Sinar Bulan 300 Jiwa, Gedung Serbaguna Satui Timur 240 jiwa, dan di tempatkan di Gedung Serbaguna Sungai Danau 50 Jiwa. (Ley)

Powered by Telkomsel BlackBerry®




Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved