Home » » Setelah 2 Kali PJS, Akhirnya Desa Satui Barat, Lakukan Pemilihan Kades Devenitif

Setelah 2 Kali PJS, Akhirnya Desa Satui Barat, Lakukan Pemilihan Kades Devenitif

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 21 Agustus 2013 | 12.13

Pemilihan kepala desa Satui Barat Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu, terbilang cukup meriah. Betapa tidak, kegiatan pemilihan kepala desa di halaman komplek PT. Surya Citra Mahkota Mandiri (SCM) Rt4, Rabu (21/8) itu dijaga ketat oleh Aparat Kepolisian, TNI, dan sejumlah anggota security.

Bukan rawan terjadi keributan, akan tetapi keakraban masyarakat dengan pengusaha dan aparat hukum di desa tersebut sangat kental.
Bahkan, salah seorang tokoh masyarakat dan juga pengusaha lokal Prof Dr. H Abidin turut memfasilitasi semua warga dengan mendirikan tenda prasmanan untuk menjamu para pemilih sebelum melakukan pemilih. Tenda yang cukup luas itu penuh menyediakan sajian menu makan dan minuman untuk melayani mereka yang belum sempat sarapan pagi, maupun makan siang saat berangkat ke lokasi tempat pemungutan suara.

Penjabat sementara Kepala Desa Satui Barat, Fuady kepada Media ini mengatakan, sebelum pemilihan kepala desa depenitif ini kepala desa setempat sempat di jabat oleh H. Prof Dr H Abidin, menjabat sebagai Kepala Desa, yang mundur 2011, karena fokus ke bidang usaha, kemudian dilanjutkan PJS Kepala Desa, H Syaiful, dengan masa jabatan 2011-2013, kemudian dilanjutkan PJS Kades Fuady S.SOs selama 6 bulan lamanya, kemudian dilaksanakan Pilkades saat ini.

"Selain H Syaiful, calon kepala desa yg ikut bertarung H.Bahriannor pengusaha lokal disini" ujar PJS Fuady.
Dibeberkan Fuadi saat ini Daftar Pemilih Tetap (DPT) di desa Satui Barat mencapai 2176 jiwa, diperkirakan selama berjalan sejak pagi hingga sampai jam 11.00 sudah seribu lebih pemilih yang mencoblos, dari 2176 jiwa DPT. Sementara Jumlah penduduk ditempat itu mencapai lebih dari 5000 jiwa lebih.

"Kita, mengharapkan Kepala Desa yang terpilih melanjutkan tugas, dapat melanjutkan program yang sudah ada. Dalam jabatan saya yang belum 6 bulan bertugas, sudah mampu saya menghantarkan pemilihan kepala desa defenitif. Dari 3 program saya yang saya usung diantara pembangunan Gedung SD yang belum terlaksana, harapan saya tahun depan pada masa kepala desa selanjutnya bisa terlaksana " ujar PJS Kades.
Sekedar menjadi catatan, untuk pemilihan ditetapkan bakal berakhir pada jam 14:00, jika tidak memenuhi Korum, maka masa pemilihan akan ditambah selama 2 jam, jika tetap tidak memenuhi total suara pemilih, maka dianggap syah. Dan akan dilanjutkan ke penghitungan jumlah suara.

Sementara Prof H Abidin, mengatakan pilkades saat ini sangat besar antusias masyrakat yg hadir. Ini merupkan Kebanggaan tersendiri bagi dirinya selaku tokoh masyarakat dan mantan kepala desa, saat melihat kondisi pemilihan yang aman dan lancar.

"Saya sangat berterimakasih, kepada masyarakat yang hadir. Terkait pengamanan, pemanfaatan fasiltas berkat kerjasama yang baik antara pemerintah, masyarakat dan semua pihak. Pemilihan Kades ini 100 persen murni merupakan kehendak masyarakat," ujarnya saat didampingi penjabat kepala desa, Fuady.
Terlebih ia berharap, kedepan bagi Kepala Desa terpilih, mampu menarik infestor dari luar, sehingga banyak lapangan yang tercipta di Satui Barat. "jaga infestasi yg ada, bina perusahaan yg ada, terutama tambang, sawit, pelabuhan dan karet yang ada di bina jangan diteriaki. Usaha yang ada di desa merupkana tulang punggung pergerakan pembangunan desa, masyarakat dan perusahaan ibarat suami istri, saling dukung, bukan saling musuhi" kata H Abidin.

Terkait pemenang, pemilihan Kepala Desa, baru bisa diketahui dan diumumkan, setelah melalui proses penghittungan suara sore nanti. (Ley)

Powered by Telkomsel BlackBerry®








Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved