Home » » Tingkatkan Kulitas SDM, demi Masa Depan Tenun Pagatan Yang Berseri

Tingkatkan Kulitas SDM, demi Masa Depan Tenun Pagatan Yang Berseri

Written By Fokus Batulicin on Senin, 26 Agustus 2013 | 13.37

Pagatan / Fokusbatulicin.com, Senin (26/8) Disperindag Kab.Tanah Bumbu kembali mengadakan pelatihan tenun di Koperasi Pertiwi Desa Manurung Kec.Kusan Hilir, yang dilaksanakan mulai hari ini hingga tanggal 4 September mendatang. Jumlah peserta pelatihan sampai saat ini ada sekitar 30 orang yang terdiri dari beberapa desa di Kec.Kusan Hilir.

Kepala Koperasi Pertiwi, Salmah mengatakan," ibu-ibu yang ikut pelatihan disini ada yang berasal dari Desa Mudalang, Desa Manurung, Desa Sebuhur, Desa Kampung Baru, dan Desa Pataran, "ujarnya.
Ibu-ibu peserta pelatihan merasa kesulitan membuat kain tenun dikarenakan alat tenun hanya tersedia di Koperasi Pertiwi ini hanya ada 5 buah saja, sehingga mereka harus menuju ke Koperasi dulu untuk menenun kain.

Terpisah Kep.Disperindag Kab.Tanah Bumbu, Nuryakin, MM mengatakan antusias para pengrajin kain tenun khususnya kain tenun khas Pagatan di Kab.Tanah Bumbu selama ini dinilai sudah mulai meredup, maka dari itu diadakan kembali pelatihan tenun ini, yang kemudian diambil pelatih tenun dari kota Jepara, pelatihan ini akan dilaksanakan selama 10 hari, yang diadakan di Koperasi Pertiwi Desa Manurung.
"Atas dasar itulah, kita mengadakan lembali pelatihan peningkatan SDM ini dimaksudkan, sehingga kedepan, kerajinan tenun pagatan ini dapat terus dilestarikan" ujar M.Nooryakin.

Untuk mengatasi masalah yang dirasakan ibu-ibu peserta pelatihan, Disperindag Tanah Bumbu akan memesan lagi 10 alat tenun, yang nantinya akan Diserahkan kepada ibu-ibu yang berminat, tambahnya lagi.




"Selama ini karya karya tenun Kalimantan Selatan selalu mendapat tempat dihati para desainer perancang busana nasional maupun Internasional untuk mengolahnya lagi dari bahan dasar tenun menjadi pakaian jadi. Harapan kita, kain tenun pagatan yang tidak kalah lebih dikenal di pasar bebas baik dalam maupun luar negeri, diharapkan mampu terus bersinar sehingga lebih dikenal lagi. Untuk itu, pemnatapan SDM perlu dilakukan " ujarnya. (Bar)

Powered by Edha Kencana Corp®






Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved