Home » » 13 September, Serentak KPU Umumkan DPT.

13 September, Serentak KPU Umumkan DPT.

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 05 September 2013 | 09.11

Jakarta / fokusbatulicin.com - Ketua KPUD Tanah Bumbu Drs. Samsani ketika ditemui di Jakarta (5/9) mengatakan, pihaknya bersama sejumlah KPUD lain di Kalimantan Selatan akan serempak mengumumkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Tanggal 13 September 2013 mendatang.

Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) itu dilakukan setelah KPU sebelumnya mengumumkan Daftar Calon Tetap Anggota Legislatif yang bakal bertarung pada Pemilu Legislatif 9 April 2014 mendatang.
Diterangkan Drs. Samsani Ketua KPUD Tanah Bumbu bahwa saat ini Daftar Pemilih Tetap (DPT) Tanah Bumbu mencapai 208. 000 jiwa dari jumlah penduduk terdaftar di BPS Tanbu sebanyak 301 000 jiwa. Sementara Bilangan Pembagi Pemilih (kursi) diperkirakan sekitar 3.600 suara. Atau kata lain, setiap calon wajib memperoleh lebih dari 3.600 suara untuk bisa duduk di posisi DPRD Tanah Bumbu.

"Ini merupakan ketentuan yang diatur oleh undang undang, dimana dengan mengetahui jumlah DPT itu setiap anggota ataupun Partai Politik untuk melakukan persiapan selanjutnya, dan bisa menghitung hitung jumlah kekuatan masing masing. Bahkan, sebelum pengumuman DPT ini nanti, kami juga akan kembali memanggil pihak Partai Politik untuk meminta klarifikasi apakah setiap daerahnya sudah terdaftar pemilih yang masuk dalam ranah daerah pemilihannya, jangan sampai nanti begitu di umumkan, ada Partai Politik yang mengklaim masih ada pemilihnya yang belum terdaftar" ujar Ketua KPUDTanbu. H Samsani, Kamis (5/9) kemarin kepada fokusbatulicin.com di Jakarta.

Sehingga ia berharap, agar pada Tanggal 12 September setiap Parpol yang diundang bersedia datang ke KPUD untuk memastikan semua pemilihnya telah terdaftar. Seraya mengatakan lebih lanjut, untuk Tanah Bumbu seluruh Daftar Calon Tetap yang berlaga di Pemilihan Legislatif mendatang sebanyak 349 orang, dari 12 Partai Politik.

Setelah melakukan pengumuman DPT ini, setiap caleg sudah bisa melakukan kampanye tertutup. sementara, untuk jadwal kampanye terbuka baru diperbolahkan diberlangsungkan oleh setiap Parpol, 1 bulan menjelang pemilihan. Dimana untuk pemilihan legislatif 2014, KPU menetapkan bakal dilakukan dengan system pencoblosan.

"Silahkan lakukan sosialisasi, silahkan pasang sepanduk, baleho atau bendera parpol. Silahkan lakukan kampanye tertutup. Sesuai ketentuan, Kampanye terbuka baru bisa dilakukan sebulan sebelum hari H pencoblosan" jelas Samsani. (Ley)
Powered by Telkomsel BlackBerry®




Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved