Home » » ADVERTORIAL Peringatan HKG PKK dan BBGRM Tanbu Berlangsung Meriah

ADVERTORIAL Peringatan HKG PKK dan BBGRM Tanbu Berlangsung Meriah

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 10 September 2013 | 08.40

BATULICIN – Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 41 dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke 9 di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Senin (9/9) di Mahligai Bersujud Batulicin berlangsung meriah.

HKG PKK dan  BBGRM yang dirangkai pula dengan perpisahan Sekretaris Daerah (Sekda) Tanbu Gusti Hidayat yang purna tugas dirangkai juga dengan kegiatan penyerahan piala kepada pemenang berbagai lomba yang dilaksanakan TP. PKK Tanbu, yang meliputi penyerahan hadiah lomba HATINYA PKK tingkat Nasional tahun 2013, penyerahan tanda penghargaan kepada ketua TP PKK Kecamatan dan Ketua PKK desa berprestasi, penyerahan alat pengolah tanah untuk pemanfaatan lahan pekarangan serta diisi pula dengan kegiatan pemasangan inflan bagi aseptor sebanyak 30 orang.

Ketua TP PKK Tanbu Hj. Erwinda Mardani saat membacakan sambutan Ketua Umum Pusat TP PKK Hj.Vita Gamawan Fauzi mengatakan sejak tahun lalu, kegiatan Peringatan HKG telah disatukan dengan  Bulan Bhakti Gotong Royong dan selalu mempunyai tema sesuai dengan spirit dan momentumnya.
Untuk tema Peringatan HKG ke 41 dan Bulan Bhakti Gotong Royong ke 9 tahun 2013 yaitu "Melalui Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat dan Hari Kesatuan Gerak PKK Kita Tingkatkan Semangat Persatuan Dan Kesatuan Serta Partisipasi Menuju Kemandirian Bangsa".

Diuraikan Erwinda, tema tersebut mengandung makna, bahwa dengan semangat persatuan dan kesatuan serta partisipasi masyarakat semua jajaran komponen daerah harus mampu meningkatkan penguatan integrasi sosial yang dirasa akhir-akhir ini mengalami penurunan.

Untuk itu tambah Erwinda, TP. PKK Taanbu sebagai salah satu komponen daerah terus berupaya mengajak keluarga-keluarga Indonesia khususnya di Tanbu untuk secara bersama-sama mewujudkan keluarga yang cerdas , sejahtera dan mempunyai ketangguhan membangun masa depan bangsa menghadapi tantangan global menjadi bangsa yang kokoh dan mandiri melalui penjabaran 10 Program Pokok PKK.
"Sebagai mitra kerja pemerintah tentunya diharapkan adanya bimbingan dan arahan dari semua pihak sehingga gerakan PKK dapat memberikan andil dan turut serta ambil bagian dalam upaya meningkatkan dan mensejahterakan keluarga menuju masyarakat maju dan mandiri guna mewujudkan masa depan yang lebih baik" ujar Erwinda.

Gerakan PKK sebagai wadah aktifitas sosial kemasyarakatan bagi keluarga memiliki sejarah perjalanan yang panjang dan telah menunjukkan keberhasilan yang mendapat pengakuan dan penghargaan dari lembaga-lembaga nasional maupun internasional. Demikian juga dengan pernyataan Bapak Presiden SBY pada puncak peringatan HKG ke 39 dan BBGRM ke 7 tahun 2011 yang lalu. Presiden mengatakan agar jangan meremehkan kiprah dan gerakan PKK.

Presiden juga mendukung 10 program PKK, serta  mengatakan walaupun PKK tidak digaji namun telah bekerja dengan proporsional  dalam mendukung kesejahteraan keluarga.
Hal tersebut tentunya mengandung makna bahwa eksistensi gerakan PKK telah diakui oleh kepala negara sebagai gerakan dari dan oleh masyarakat sebagai mitra kerja pemerintah dalam melaksanakan program-program pembangunan.
Senda dengan Ketua TP. PKK Tanbu Hj. Erwinda Mardani, Bupati Tanbu Mardani H. Maming dalam sambutannya mengatakan agar HKG PKK dapat dijadikan momentum bagi seluruh jajaran TP. PKK yang ada di Tanbu untuk terus meningkatkan kualitas kiprah dan partisapasinya dalam pembangunan daerah.
Terutama dalam melalui gerakan nasional Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat agar membangkitkan semangat kegotong royongan dan kebersamaan dalam membangun daerah.

Disisi lain, Bupati juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaaran TP. PKK Tanbu dan kader-kadernya yang telah bekerja keras dalam rangka membangun dan mewujudkan kesejahteraan keluarga. Untuk itu pemerintah daerah akan terus memadukan gerak langkah programnya dan terus bersinergi dengan program TP. PKK.

Sementara itu, Ketua Panitia HKG ke 41 Hj. Erdawati Hakim mengatakan pada tahun 2013 berbagai kegiatan telah dilakukan oleh TP. PKK Tanbu bekerjasama dengan Pemkab Tanbu. Diantaranya yaitu Lomba Administrasi Sekretariat PKK Kecamatan, Lomba Sekretariat P4PKK Desa Binaan Kecamatan, Senam Lansia, Lomba Kelompok Dasawisma dan melaksanakan Jambore Kader yang diisi dengan Lomba Penyuluhan 10 Program PKK, Lomba Bakisah, lomba mengisi KMS, serta melakukan kegiatan sosial pemasangan inflan bagi aseptor sebanyak 580 orang.

Selain itu, TP. PKK Tanbu juga telah bekerjasaama dengan Dinkes Tanbu melaksanakan pelatihan Kader Kesehatan Gizi (Kadarzi) sebanyak 865 orang kader dengan 6 kali angkatan. Melaksanakan lomba menu serba ikan tingkat Kabupaten yang diikuti oleh 10 PKK Kecamatan se-Tanbu dan tingkat Propinsi dengan bekerjasama antara PKK Tanbu dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Tanbu.

Kemudian PKK Tanbu bekerjasama dengan Kantor Ketahanan Pangan Daerah Tanbu  juga melaksanakan lomba menu B2SA Tingkat Kabupaten yang diikuti oleh 10 PKK Kecamatan se-Kab. Tanbu dan Tingkat Propinsi.

Sejauh ini berbagai prestasi pun juga diraih oleh TP. PKK Tanbu seperti Juara 1 (Pakarti Madya 1) Lomba HATINYA PKK Tingkat Nasional, Juara II Lomba Menu Serba Ikan Tingkat Propinsi Kalsel, Juara II Lomba Menu B2SA Tingkat Propinsi Kalsel, dan Juara III Lomba Pemanfaatan Lahan Pekarangan (Kebun PKK) Tingkat Provinsi Kalsel.

Sementara itu untuk diketahui, rangkaian kegiatan peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 41 dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke 9 di Tanbu semakin meriah  dengan kehadiran penyayi Yuni Shara pelantun tembang –tembang nostalgia.

Yuni Shara pun ikut mendampingi Bupati Tanbu Mardani H. Maming dan anggota PKK Tanbu saat puncak peringatan HKG ke 41 dan BBGRM ke 9 yang ditandai pula dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Ketua TP. PKK Tanbu Hj. Erwinda Mardani. (ADV/Relhum)
Powered by Telkomsel BlackBerry®
















Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved