Home » » ADVERTORIAL : Tingkatkan Kinerja BPBD, Pemkab Tanbu Tambah Armada Damkar

ADVERTORIAL : Tingkatkan Kinerja BPBD, Pemkab Tanbu Tambah Armada Damkar

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 04 September 2013 | 12.26


BATULICIN – Sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) khususnya dalam menangani bencana kebakaran, tahun 2013 ini Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) menambah armada mobil pemadam kebakaran (Damkar) baru.
Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan (Kabag Umkap) Setda Tanbu, Rooswandi Salem mengatakan penambahan armada damkar tersebut berdasarkan usulan program yang disampaikan BPBD pada tahun anggaran sebelumnya.

Dari usulan itu sambung Andi sapaan akrab Rooswandi Salem, pemkab melalui Bagian Umkap Setda kemudian menjalankan proses pengadaan tiga unit damkar baru  dengan kapasitas tangki air sebanyak 6000 liter dan 3000 liter sesuai usulan.

"Untuk dana pembelian mobil pemadam kebakaran tersebut diambil dari APBD tahun 2013," ujar Andi.
Dikatakannya lagi, pihaknya sudah melakukan serah terima barang armada damkar tersebut kepada BPBD Tanbu sebanyak dua unit dengan kapasitas 3000 liter, sedangkan satu unit lagi dengan kapasitas 6000 liter masih dalam tahap pelelangan.

Sementara itu, Bupati Tanbu Mardani H. Maming mengatakan dengan adanya tambahan tiga unit mobil damkar tersebut diharapkan akan mampu mengoptimalkan kinerja jajaran personil BPK (Barisan Pemadam Kebakaran) dari BPBD Tanbu di masa mendatang.

"Harapan kita semua, dengan penambahan armada itu akan berdampak pada semakin profesionalnya kinerja personil, dan tentu saja mampu mengoptimalkan kinerja jajaran BPBD dalam upaya menanggulangi musibah kebakaran di Tanbu, sebagai wujud pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat", kata Mardani.
Untuk penempatan dua unit mobil damkar tersebut, Kepala BPBD Tanbu Anwar Salujang melalui Kabid  Pencegahan dan Kesiapsiagaan Abdul Rahim mengatakan pihaknya akan menempatkan satu unit mobil damkar di Kecamatan Simpang Empat. Sedangkan dua unit lagi masih dilakukan pengkajian dan analisa di wilayah mana ditempatkan, dengan mempertimbangkan indikator kepadatan penduduk dan potensi terjadinya bencana.

Hingga saat ini, jumlah armada damkar yang dimiliki oleh BPBD Tanbu dengan tambahan dua unit yang baru berjumlah 10 unit yang ditempatkan di Kecamatan Simpang Empat, Kecamatan Batulicin, Kecamatan Kusan Hilir, dan Kecamatan Satui, dengan didukung jumlah personil sebanyak  66 orang.
Selain penambahan armada, dalam rangka mengantisipasi kondisi dan sebagai bagian dari kesiapsiagaan terhadap kemungkinan terjadinya bencana di daerah Pemkab Tanbu melalui BPBD Tanbu juga menggelar serangkaian program pelatihan kepada petugas penanggulangan bencana.

Dengan pelatihan tersebut dimaksudkan juga untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan bagi petugas penaggulangan bencana agar saat terjadi peristiwa bencana mereka sudah siap dan terlatih menghadapi hal-hal tersebut serta memiliki sikap tanggap, cepat, dan akurat dalam penanganan bencana.
"Tiap tahun petugas pemadam kebakaran mengikuti pelatihan untuk meningkatkan kinerja, profesionalisme dan wawasan mereka sebagai personil damkar daerah," ujar Abdul Rahim. (ADV/Relhum)

Powered by Telkomsel BlackBerry®









Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved