Home » » Besok Malam, Jemaah Haji Asal Tanbu Dilepas

Besok Malam, Jemaah Haji Asal Tanbu Dilepas

Written By Fokus Batulicin on Minggu, 22 September 2013 | 11.28

Batulicin- Fokusbatulicin.com - Hanya hitungan hari, jamaah calon haji (calhaj) Kabupaten Tanahbumbu (Tanbu) akan memasuki embarkasi dan berangkat ke Mekkah untuk melaksanakan ibadah haji. Sebanyak 130 peserta calhaj, siap diberangkatkan pada kloter 5 gelombang 2. Dimana  pada 23 Sepetember mendatang akan diberangkatkan dari Tanbu menuju asrama di Banjarbaru.

Namun kesehatan jemaah calhaj ada, beberap orang terbilang memiliki resiko tinggi, diabetes dan lanjut usia (lansia). Hal itu berdasarkan pernyataan dari petugas Dinas Kesehatan Tanbu kepada wartawan.
 Menurut Fahmi selaku seksi pelayanan kesehatan haji pada Dinkes Tanbu mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemeriksaaan terhadap calhaj yang akan berangkat nanti. Dia mengatakan, kondisi kesehatan peserta calhaj semua dalam kondisi sehat.
   
"Semuanya sehat, dan hasil pemeriksaan para calon calhaj siap diberangkatkan meskipun ada beberapa yang beresiko tinggi, hanya saja perlu pengawasan lebih,"ujar Fahmi, kemarin. Dikatakannya, tahap observasi resiko tinggidan hepertensi sebanyak 7orang, diabetes 6 orang dan lansia sebanyak 20 orang. Semuanya memang perlu pengawasan dan terus dilakukan pemantauan.
   
"Ada salah satu calhaj yang mengalami struk, yakni Armaniah, namun saat ini keadaannya sudah terkontrol dan terus dilakukan pemantauan. Nantinya kita berharap ada pengawasan lebih kepada yang resiko tinggi, diabetes, lansia serta kepada Armaniah,"ujarnya.
     
Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Tanbu, H Jamaludin, mengatakan, semua calhaj sudah siap diberangkatkan dan kesehatannya juga tidak terlalu mengkwatirkan. Kesehatannya cukup baik sehingga semua bisa diberangkatkan melaksanakan ibadah haji.
   
"Semuanya siap berangkat, kita tinggal menunggu Senin malam nanti akan diberangkatkan ditiga titik yang direncakan akan dilepas Bupati Tanbu, Mardani H Maming dan wakilnya, Dipriadi Darjat,"ujarnya.
   
Pihaknya juga sudah memberikan pembekalan terhadap jemaah calhaj. Baik hak dan kewajiban mereka dalam melaksanakan ibadah haji. Hal itu bertujuan untuk menciptakan rasa aman dalam melaksanakan ibadah haji. "Pembekalan itu kita berikan agar mereka bisa melaksanakan ibadah haji dengan nyaman dan aman. Dan kita mengharapkan bagi para calhaj bisa menjadi haji mabrur,"ujarnya.
   
Ditambahkannya, selain itu, tanbu juga dapat kuato nasional sebanyak 6 orang. Keenam orang tersebut akan diberangkatkan pada kloter terakhir yakni 8 Oktober 2013 bersama kabupaten lain. (Yat)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved