Home » » BP4K Terima Puluhan Motor dari Mardani H Maming

BP4K Terima Puluhan Motor dari Mardani H Maming

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 03 September 2013 | 10.58

Batulicin / fokusbatulicin.com - Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP4K) menerima sejumlah alat transportasi Selas (3/9) di halaman Kantor Bupati Tanah Bumbu, baik motor bebek sebanyak 14 unit, kemudian motor treil sebanyak 20 unit yang diperuntukkan bagi Penyuluh yang bertugas di bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

"Ini melengkapi sejumlah fasilitas pendukung bagi tenaga tekhnis penyuluh lapangan. Karena ini sisanya yang belum menerima alat transportasi. Dari 125 orang penyuluh pertanian, perikanan, dan kehutanan, bantuan kali ini merupakan yang terkahir bagi mereka yang belum dapat. Artinya dengan adanya bantuan sekarang ini semua tenaga penyuluh telah memiliki kendaraan operasional" terang H. Rahmat selaku kepala BP4K Tanah Bumbu.

Lebih jauh dikatakan H. Rahmat, saat ini para Penyuluh yang bertugas di Tanbu memiliki fasilitas setara dengan penyuluh yang bertugas di provensi Kalsel, selain seluruhnya telah dilengkapi dengan kendaraan operasional, mereka juga telah mendapatkan dana operasional selama bertugas dilapangan, termasuk fasilitas penunjang administrasi lainnya, telah mencukupi.

"Bahkan BP3K telah dibangun di tiga kecamatan di Tanbu, yang baru diantaranya berada di kecamatan Satui, Kuranji, Mantewe dan kecamatan Kusan Hulu. Mengingat, lokasi lokasi itu sangat jauh dari pusat kabupaten, sebagai sentra BP4K tanbu yang berpusat di Gunung Tinggi. Sehingga dengan adanya BP4K di sejumlah kecamatan itu, peningkatan produktifitas pertanian dan perikanan serta Kehutanan di Tanah Bumbu dapat lebih ditingkatkan lagi, sehingga berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat petani, dengan keterlibatan dan kinerja pihak penyuluh yang maksimal.

Roswandi Salem Kepala Bagian Umum Setda Kab Tanbu, mengatakan selain pengadaan 34 unit dari pengadaan lainnya yang total mencapai 60 unit. Tentunya bersama pengadaan untuk dinas lainnya, terutama untuk kebutuhan lapangan lainnya di dinas dinas terkait.

Dalam kesempatan yang Sama, Mardani H Maming menyampaikan jika peran serta penyuluh sangat penting bagi peningkatan hasil produksi pertanian, perikanan, perkebunan, maupun kehutanan dimana pada akhirnya akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui bidang bidang tersebut.

Lebih jauh dikatakannya, Akan tetapi yang terpenting bukan hanya tenaga penyuluh yang diperlukan untuk mencapai keberhasilan yang maksimal di bidang itu, namun perangkat keseluruhannya juga sangat perlu diperhatikan. Ia mencontohkan, seperti dibidang pertanian, selain penyuluh, juga perlu diperhatikan sarana pendukung lainnya seperti pupuk, pembasmi hama, pengeringan padi, penyimpanan, hingga pemasarannya. Tanpa adanya perencanaan dan upaya nyata untuk melengkapi semua sarana dan prasarana tersebut, maka hasil akhirnya juga kurang maksimal.

"Yang perlu difikirkan, masalah pertanian bukan hanya memiliki sepeda motor saja, tapi mengurai penyelesaian permasalahan dipertanian diantaranya ikut serta memikirkan fasilitas pendukung pertanian baik dari pengadaan handstraktor, bagaimana pemupukannya, pengeringannya, bagaimana gudang penyimpanannya, hasilnya seperti apa? Bagaimana pasar benih dan beras di daerah kita. Apa sudah mampu meningkatkan kesejahteraan petani atau belum. Ini semua rangkaian permasalahan yang harus kita fikirkan dan mencarikan solusi bagaimana bisa teratasi" ujarnya.

Di penghujung kegiatan serah terima puluhan unit motor itu, Bupati Tanbu Mardani H Maming juga menyempatkan diri untuk berdialog dengan para penyuluh, terutama mengupas dan membicarakan seputar permasalahan yang dihadapi penyuluh selama bertugas (Ley)

Powered by Telkomsel BlackBerry®







Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved