Home » » BPMPD Tanbu gelar  Sosialisasi PNPM – MPd

BPMPD Tanbu gelar  Sosialisasi PNPM – MPd

Written By Fokus Batulicin on Jumat, 27 September 2013 | 09.55

Batulicin/fokusbatulicin.com – Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Tanah Bumbu (BPMPD Kab. Tanbu) menggelar sosialisasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat – Mandiri Perdesaan (PNPM – MPd, Rabu (25/9) bertempat di Hotel Chandra Asri Batulicin.

Sosialisasi PNPM dengan tema "Sinergitas Program dalam Mendukung Pencapaian Visi dan Misi Daerah"  tersebut dibuka langsung oleh Wakil Bupati Tanbu H. Difriadi Darjat.
Wakil Bupati Tanbu H. Difriadi Darjat mengatakan sosialisasi PNPM-MPd tersebut sangat penting untuk diketahui oleh Desa. Karena tentunya akan berdampak terhadap pembangunan yang diinginkan oleh desa tersebut.

Program PNPM – MPd, dikatakan Wabup diharapkan pula dapat mensejahterakan masyarakat, karena sasaran PNPM tersebut sangat jelas yaitu untuk pembangunan didesa baik itu pembangunan secara fisik maupun pembangunan pada sektor ekonomi masyarakat perdesaan.
Disisi lain, Wabup juga mengatakan bahwa keberadaan fasilitator sangat membantu dalam hal olah pikir dan pendekatan pembangunan masyarakat desa selama ini. Sehingga pembangunan didesa dapat terlaksana.

Kedepannya, dikatakan Wabup, pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu tidak hanya terfokus pada pembangunan infrastruktur jalan saja, namun juga akan meningkatkan pembangunan pada sektor-sektor lainnya seperti  pendidikan, kesehatan, dan perekonomian masyarakat perdesaan.
"peningkatan sumber daya manusia terus menjadi fokus perhatian pemkab tanbu. Serta pembangunan infrastruktur sekolah yang diharapkan kedepannya gedung-gedung sekolah bangunannya beton semua," ujar Wabup.

Sementara itu, Kabid Pemberdayaan Masyarakat Fansuri, MM mengatakan sosialisasi PNPM - MPd tersebut  tentang perubahan Petunjuk Tekhnis Operasional (PTO).
Sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan bagi fasilitator sekaligus pula untuk mensinergikan program pemerintah daerah dengan PNPM MPd.
Sebelumnya, ujar Fansuri, Desa hanya bisa mengajukan empat usulan pembangunan saja, namun sekarang desa bisa mengusulkan 6 pembangunan.

Selain itu, ujar Fansuri, PNPM MPd di Kabupaten Tanah Bumbu akan terus berlanjut ditahun 2014. Dan arah kedepannya yaitu pada pembangunan ekonomi masyarakat.
Adapun peserta sosialisasi PNPM tersebut yaitu camat, ketua Badan Kerjasama Antar-Desa (BKAD), PJO Kecamatan, Fasilitator Kecamatan dan Fasilitator Teknik, serta UPK (Unit Pengelola Kegiatan). (Did)
 
Powered by Telkomsel BlackBerry®









Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved