Home » » Bupati Tanbu Lepas Calhaj Di Embarkasi Banjarmasin

Bupati Tanbu Lepas Calhaj Di Embarkasi Banjarmasin

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 25 September 2013 | 12.14

Banjarmasin/ fokusbatulicin.com –Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming, didampingi istri, Hj Erwinda Mardani H Maming Rabu (25/9) melepas keberangkatan rombongan calon  haji (Calhaj) jemaah asal Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu), di Aula Embarkasi Haji Banjarmasin sekitar pukul 09:00 wita.
 
Adapun jumlah calhaj yang dilepas sebanyak 130 orang. Calhaj asal tanbu tersebut masuk kedalam kloter 5 gelombang II, yang nantinya akan diberangkatkan pada pukul 13:00 siang, bersama calon jemaah haji asal Kabupaten Kotabaru dan Kabupaten Banjar.

Mardani H Maming saat pelepasan memberikan beberapa pesan dan himbauan kepada calon haji asal Kabupaten Tanah Bumbu. Pesan itu disampaikannya saat memberikan sambutan menjelang pelepasan dan sekaligus penyerahan bingkisan kenang kenangan dari Pemerintah Daerah. Mardani berharap dalam menjalankan ibadah, setiap jamaah harus memperhatikan kondisi kesehatan serta selalu mengutamakan kebersamaan dalam kelompok, dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang dihadapi di Tanah Suci.

"Upayakan selalu mengutamakan azas kekeluargaan selama menjalankan ibadah. Bantu sesama ketika teman satu kelompok kita tengah menghadapi permasalahan. Disana kemah kemah mirip, bendera banyak yang mirip, jadi lebih hati hati dan banyak koordinasi dengan panitia pemandu jemaah. Jaga kesehatan selalu, selama menjalankan ibadah, sehingga semua bisa menyelesaikannya, dan pulang mendapat predikat haji mabrur" ujar Mardani.
 
Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Tanbu, Drs. H. Jamaluddin mengatakan jumlah calhaj Kab. Tanbu tahun 2013 berjumlah 136 orang dengan rincian 130 orang masuk dalam kloter 5 gelombang II yang diberangkatkan bergabung dengan calhaj Kab. Kotabaru dan Kab. Banjar.

Sedangkan sebanyak 6 orang jemaah calhaj Kab. Tanbu atau kuota tambahan masuk dalam kloter 13 bergabung dengan calhaj Kab Tapin dan Kalimantan Tengah.

"Pelepasan haji sama seperti tahun-tahun sebelumnya, sebelum pelepasan di embarkasi, pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu juga melaksanakan pelepasan di Daerah, yaitu dilaksanakan di tiga tempat. Hal tersebut untuk memudahkan calhaj dalam hal transportasi. Misalnya seperti calhaj asal Kecamatan Batulicin, Kecamatan Smpang Empat, Kecamatan Karang Bintang, dan Kecamatan Mantewe dilepas di Masjid At-Taqwa Batulicin. Calhaj asal Kusan Hilir dilepas di Masjid Jami Pagatan. Sedangkan Calhaj asal Sungai Danau di lepas di Masjid Raudatul Jannah Kecamatan Satui," kata H. Jamaluddin.
 
Terkait jumlah calhaj terbanyak, H. Jamaluddin mengatakan calhaj terbanyak berasal dari Kecamatan Kusan Hilir dengan jumlah 76 orang, diikuti oleh calhaj asal Simpang Empat, Batulicin, Karang Bintang dan Mentewe sebanyak 54 orang, serta Calhaj dari Kecamatan Satui sebanyak 6 orang.

Dari calhaj yang akan berangkat tersebut, dikatakan H. Jamaluddin untuk calhaj tertua berasal dari Kecamatan Kusan Hilir atas nama Takiah M.  Matori Ambo Alu dengan umur 74 tahun sedangkan calhaj termuda atas nama Karniah Sise Nikkah dengan umur 24 tahun berasal dari Kecamatan Kusan Hilir dan Lias Dina Cado umur 24 tahun.
 
Untuk jadwal keberangkatan Calhaj Tanbu diberangkatkan menuju Arab Saudi Jeddah dari Asrama Haji Banjarbaru tanggal 25 September 2013 jam 15.30 wita dan diperkirakan tiba dibandara King Abdul Aziz Makkah Al Mukarramah sekitar pukul 22.20 waktu Arab Saudi.
 
Sedangkan untuk kuota tambahan, diberangkatkan ke Arab Saudi pada tanggal 09 Oktober 2013 jam 12.05 wita. Untuk kepulangan atau kembali ke Tanah Air, Calhaj Tanbu berangkat dari Bandara King Abdul Aziz pada tanggal 04 Nopember 2013 jam 10.26 waktu Arab Saudi. Dan akan tiba dibandara Syamsuddin Noor tanggal 05 Nopember 2013 jam 03.46 wita.

Sementara jemaah haji kuota tambahan kloter 13 akan tiba kembali di bandara Syamsuddin Noor tanggal 18 Nopember 2013 jam 21.58 wita. (Ley)
 
 
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved