Home » » Bupati Tinjau Penerapan Satu Jalur Pagatan

Bupati Tinjau Penerapan Satu Jalur Pagatan

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 10 September 2013 | 14.19

Pagatan/ fokusbatulicin.com - Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming, bersama Camat Kusan Hilir Kursani, serta sejumlah petugas Kepolisian Lalulintas Polres Tanbu, dan Petugas Dinas Perhubungan setempat melakukan peninjauan pemberlakuan satu arah di jalan raya kota Pagatan Kecamatan Kusan Hilir, Selasa (10/9) siang.

Di lokasi, Bupati terlihat sibuk mengarahkan pihak dinas perhubungan untuk meminta mendesain perencanaan pembangunan median jalan, lokasi pemasangan lampu, serta perencanaan pelebaran jalan, dengan adanya pembangunan median jalan. Bahkan tak segan segan berpanas panasan hanya sekedar memberi tanda dengan menggunakan filox (cat semprot) ketengah jalan.

Disejumlah titik, terutama mendekati persimpangan tiga Gusunge,  akan dibangun median jalan,  serta pemasangan lampu penerang jalan sepanjang 100 meter dari arah jalan provensi Banjarmasin desa Sungai Lembu, kemudian menuju jalan raya Antasari arah kantor Polsek Pagatan 100 Meter, begitu juga menuju jalan Brigjen Hasan Basry Batuah,  akan dipasangi median sepanjang 100 meter  sekaligus menjadi lokasi pemasangan lampu jalan.

"Selain berfungsi sebagai pencegah, atau pengurangan kecelakaan lalulintas, program satu jalur di Kota Pagatan ini, juga kita berharap mampu mengembangkan perekonomian di daerah ini. Dengan pemberlakuan satu jalur, kita berharap jalan lainnya yang jarang dilalui, dan kini menjadi jalur yang wajib dilalui tersebut, akan meningkatkan pembangunan perekonomian masyarakat yang bermukim disekitar jalan tersebut. Secara tidak langsung, pertokoan akan terbangun, harga tanahpun dipastikan bergerak naik. Karena menjadi arus yang ramai di lalui. 

Selama ini perkembangan ekonomi kota pagatan hanya menggeliat di sepanjang jalan Sungai Lembu, Brigjen H Hasan Basry, HM Badri dan A Yani, sementara jalan raya Hasanuddin menuju jalan raya Antasari belum berkembang. Untuk itu kita berharap dengan adanya program ini semua perekonomian di Kota Pagatan berkembang merata" harap Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming.

Darsono, selaku  Sekretaris Dinas Perhubungan yang ikut melakukan peninjauan bersama Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming, menjelaskan sesuai petunjuk Bupati Tanah Bumbu, sejumlah titik lokasi pembangunan median jalan akan dilebarkan lebih dahulu, dimana seperti jalan Antasari Gusunge  lebar awal 6 meter, kemudian akan dilebarkan menjadi  9 meter, begitu juga dari pertigaan itu menuju jalan Brigjen H Hasan basri juga akan dilebari dengan adanya tambahan median jalan serta lampu penerang di tengah badan jalan, dari 8 meter menjadi 10 meter.

" Sekdedar menjadi catatan, pelebaran itu hanya dilakukan disepanjang lokasi pembangunan median jalannya saja, bukan sepanjang jalan." Ujar Darsono.

Salah seorang warga Sungai Lembu Abdul Hadi, mengatakan, biasanya, di persimpangan Gusunge ini kerap terjadi kecelakaan, ia berharap dengan adanya pemasangan median jalan ini, korban lakalantas bisa tertekan. " Bagus sudah kalau begini kita berharap tidak ada lagi kecelakaan. Biasanya dua minggu sekali pasti ada kecelakaan" ujar Abdul Hadi, seraya menambahkan ia sangat mendukung program pemerintah tersebut" beber Abdul Hadi.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved