Home » » Demi Mengobati Anak Sakit, Ayah Tega Mencuri

Demi Mengobati Anak Sakit, Ayah Tega Mencuri

Written By Fokus Batulicin on Jumat, 06 September 2013 | 08.28

Batulicin / fokusbatulicinm.com - imipinan Cabang Batulicin PT Bintang Sinar Jaya, Ahmad Riyad pun perketat pengamanan. Dimana karyawannya sendiri telah mencoba melakukan percobaan pencurian dan membobol berangkasnya.

Adalah Anton Subagio (28) warga asal Kediri ini telah melakukan percobaan pencurian dan pengrusakan. Namun, perbuatannya terlalu cepat diketahui karena bersembunyi diatas pelapon kantor.

Anton pun kini menjadi tahanan Mapolsek Batulicin yang sekarang ditahan di Polres Tanbu. Akibat pervuatannya itu, membawanya berurusan dengan pihak kepolisian. Padahal dirinya baru bekerja selama 5 bulan dikantor tersebut sebagai karyawan gudang.

"Pelaku sekarang sudah kita tahan, pelaku mencuri ditempatnya bekerja yang saat itu bersembunyi diatas pelapon kantornya,"ujarnya Kapolsek Batulicin Ipda Suharyono, Kamis (5/9).

Anton yang statusnya sebagai karyawan magang tersebut pun belum diangkat sebagai karyawan tetap. Dengan alasan kepepet ingin mengirim uang ke Jawa yang saat itu anaknya sedang sakit dan ingin mengirim uang untuk biaya pengobatannya.

"Dari pengakuan pelaku, ingin melakukan pencurian karena kepepet uang anaknya sedang sakit, maka dari itu pelaku mencoba mencuri dengan bersembunyi di atas pelapon kantor yang sejak Sabtu (31/8) bersembunyi didalam gudang tersebut,"ujarnya Suharyono.

Dikatakan Suharyoni, pelaku sudah bersembunyi selama dua hari, dan pada hari kerja pada Senin (2/9) aksinya ketahuan oleh pimpinannya. Sebab, brangkas yang ada didalam kantornya mengalami kerusakan meskipun tidak berhasil mengambil barang.

"Aksinya ketahuan setelah pimpinannya datang serta karyawan lain, yang saat itu pagi tiba-tiba dia menginjak pelapon kantor yang tidak bertulang sehingga jebol. Dari bunyi itu pun pelaku ketahuan karena kakinya keluar dan kelihatan karyawan lainnya. Akhirnya pun diteriaki maling, dan pemimpinnya pun terkejut karena yang melakukannya adalah karyawannya sendiri,"bebernya.

Dari perbuatan pelaku, ditemukan barang bukti berupa gunting berwarna hitang yang dipakainya mencongkel brangkas. Namun aksinya itu tidak berhasil karena brangkas yang berisi uang 500.000 itu memiliki nomor kode pembukannya.

"Akibat perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 363 Jonto 53 KUHP tentang percobaan pencurian dengan pemberatan dengan ancaman penjara diatas lima tahun,"ujarnya.

Hal tersebut pun dibenarkan oleh Pimpinan cabang PT Bintang Sinar Jaya, Akhmad riyad terkait pencurian yang dilakukan oleh karyawannya sendiri. Awalnya rasa tidak percaya, karena yang melakukannya adalah karyawan sendiri padahal sudah diberikan pekerjaan.

"Untungnya tidak berhasil mengambil apa-apa karena brangkasnya punya nomor kode tersendiri sehingga dia tidak bisa membukanya dan hanya mencoba melakukan pengrusakan untuk mencobanya. Laci pada meja kasir pun terbuka,"ujarnya.

Dirinya tetap melakukan proses hukum sesuai yang berlaku sebagai efek jera dan pelajaran bagi karyawan lainnya. Selain itu, dirinya akan memperketat kemanan dengan menambah security dan pemasangan cctv. (Yat)
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved