Home » » Kejari Tanbu Selediki kasus Pengadaan Lab Bahasa di 7 SMPN Berbeda

Kejari Tanbu Selediki kasus Pengadaan Lab Bahasa di 7 SMPN Berbeda

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 17 September 2013 | 10.01

Batulicin/ fokusbatulicin.com - Kejaksaan Negeri Batulicin lakukan penyelidikan terhadap kasus pengadaan laboratorium bahasa di tujuh Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Tanahbumbu (Tanbu) oleh Dinas pendidikan Tanbu, kemarin.

Berdasarkan informasi dihimpun, tujuh sekolah tersebut adalah SMPN 2 Mentewe, SMPN 2 sungai loban, SMPN 1 kusan hilir, SMP Muhammadiyah Kusan Hilir, SMP 2 Kusan Hilir dan SMPN 1 Angsana. Dari ketujuh sekolah itu tidak sesuai dengan spesifikasi bahkan tidak bisa digunakan.

Seperti yang diungkapkan Kepala Sekolah SMPN 1 kusan hilir, Junaidi mengatakan, pengadaan yang dilaksanakan pada 2011 lalu sama sekali tidak sesuai dengan sfesifikasi. Selain itu, sarana yang diadakan tidak bisa digunakan keseluruhan.

Sejumlah komputer, LCD, meja, kursi dan sarana lainnya tidak sesuai spek. Instalasinya pun tidak seperti yang seharusnya. Sekitar 40 monitor dan 4 komputer tidak sempurna bisa dioperasikan.

"Semua alatnya tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya, monitornya pun tidak bisa jalan semua. Hanya sebagaian yang berfungsi, selain itu layar bila dioperasikan goyang-goyang, dihidupkan pun hanya bisa sebagain,"ujar Junaidi.

Bahkan tidak berhenti disitu, saat dirinya bertanya kepada pihak pengadaan. Pihak pengadaan malah mengatakan itu akibat pengaruh daya listrik yang tidak memadai. Namun menurut Junaidi, listrik di SMPN 1 Kusan hilir cukup memadai dan bukan akibat pengaruh daya listrik.

"Pernah saya tanya, kenapa layarnya goyang? Tapi pihak pengadaan ini mengatakan karena daya lampu yang tidak bisa sehingga goyang dan tidak bisa dinyalakan semua. Tetapi kalau saya pikir, daya listrik di sekolah ini sangat memadai,"terang Junaidi kepada BPost.

Bukan hanya di SMPN 1 kusan Hilir melainkan 6 SMPN lainnya yang masuk daftar pengadaan tidak sesuai dengan spesifikasi yang diusulkan. Sehingga perlu ditelisik dan ada dugaan penyalahgunaan dana DAK tersebut.

"Sekitar 900 juta nilai proyek dari dana DAK itu digunakan untuk pengadaan laboratorium Bahasa, namun setelah pengadaan itu selesai ternyata tidak sesuai spek dan tidak bisa digunakan,"terang Harwanti selaku Kasi intel Kejaksaan mewakili Kepala Kejari Batulicin, H Ponco Hartanto.

Sebab itu lah, pihak Kejari saat ini melakukan penyelidikan terhadap kasus pengadaan laboratorium bahasa yang dilaksanakan pada 2011 lalu. Dikatakan Harwanto, proses penyelidikan masih berjalan dan melakukan pemeriksaan terhadap para saksi.

"Sudah ada empat saksi yang diperiksa terkait kasus ini untuk mengumpulkan bukti-bukti pendukung karena diduga ada penyalahgunaan sebab tidak sesuai dengan speknya,"ujar Harwanto.

Pihaknya juga sudah melakukan pengecekan terhadap barang-barang pengadaan tersebut. Dan memang benar, pengadaan itu tidak sesuai fungsinya bahkan ada yang tidak bisa digunakan sama sekali. Selain itu, ada juga yang mengalami kerusakan.

"Untuk saat ini kami masih melakukan penyelidikan dan pengumpulan bukti-bukti, belum ada tersangka ditetapkan namun untuk orang yang kita duga sudah ada namun hal itu juga belum terbukti. Makanya kami masih mengumpulkan bukti-bukti kuat untuk mengetahui pelaku sebenarnya,"katanya.

Ditanya kapan akan menyelesaikan kasusu tersebut? Harwanto mengatakan secepat mungkin pihaknya akan menyelesaikan kasus tersebut. Sedangkan barang bukti itu sudah dilakukan penyitaan.

"Semuanya ditarik dansebagian lagi dititipkan dengan kata lain agar tetap bisa digunakan karena sebagaian masih ada yang bisa dipakai oleh para siswa,"terangnya. (Yat)
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share this article :

+ komentar + 2 komentar

27 September 2013 20.29

waduh....ad yg nyari kesempatan tuh.....

6 Januari 2014 12.12

PT. Metalogic Informatika adalah usaha di bidang Konsultan Komputer, Maintenance Komputer, Service dan Reparasi Komputer.

Kami juga menyediakan dan memasok berbagai macam kebutuhan komputer baik itu partai besar / partai kecil dengan harga kompetitif dan sangat menarik.

Untuk Info lebih lanjut Hub :

Herry HP 081808848274
021 5324790 – 92 atau klik http://www.metalogic.co.id

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved