Home » » KPU Tanbu Tetapkan DPT

KPU Tanbu Tetapkan DPT

Written By Fokus Batulicin on Jumat, 13 September 2013 | 15.18

Batulicin / fokusbatulicin.com - Setelah ditetapkannya Daftar Pemilih Tetap (DPT), Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Tanahbumbu (Tanbu) mengumumkannya langsung kepada masyarakat Tanbu hari ini, Jumat (13/9).

Dimana setelah dilakukan rapat pleno terbuka tentang penetapan DPT pemilhan umum Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tanbu secara resmi ditetapkan.

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Tanbu, H Samsani saat ditemui mengatakan, dengan ditetapkannya DPT tersebut maka semua parpol sudah dapat mempetakan wilayahnya masing-masing. Selama berjalannya penetapan DPT, semua parpol sudah menyetujui dan menerima dengan baik dan tidaka ada lagi merasa tetinggal.

"Dari hasil rapat Pleno yang dilaksanakan kemarin di hotel Grand Batulicin, semua parpol menerima hasil DPT dengan dihadiri 9 parpol di Tanbu, hanya saja dari pihak PPP, PKB dan FKPI yang tidak hadir,"ujar Samsani.

Dikatakannya, dari hasil rapat Pleno tersebut ditetapkan sebanyak 212.337 DPT dari 10 kecamatan yang ada di Tanbu. Kecamatan Angsana dengan jumlah DPT 13.779, Batulicin sebanyak 10.417, Karang bintang 13.767, Kuranji sebanyak 6.826. Sedangkan kecamatan kusan Hilir sebanyak 33.118 DPT, Kusan Hulu 13.784, Mantewe 17.154, Satui 37.896, Sungai Loban 15.942 dan terbanyak di Kecamatan Simpangempat sebanyak 49.654 DPT.

"Semua DPT itu sudah ditetapkan yang akan digunakan sebagai hak pilihnya di 9 April 2014 mendatang untuk memilih DCT sebanyak 349 orang dari 12 parpol yang diinginkan. Selain itu, parpol sudah bisa melakukan kampanye namun hanya diperbolehkan untuk kampanye tertutup saja dan tidak diperkenankan kampanye terbuka,"ujarnya.

Lebih lanjut, parpol sudah bisa memetakan daerah wilayahnya masing-masing. Hal itu dilakukan untuk memperoleh suara dan dukungan warga binaannya. Sehingga nantinya bisa duduk dikursi yang diinginkan.

Sesuai yang dibertikan BPost sebelumnya, saat ini DPT mencapai duaribuan jiwa dari jumlah penduduk terdaftar di Badan Pusat Statistik (BPS) Tanbu sebanyak 301 000 jiwa. Sementara itu, bilangan pembagi pemilih (kursi) diperkirakan sekitar 3.600 suara.

"Setiap calon legislatif wajib memperoleh 3600 lebih suara untuk bisa duduk kursi di posisi DPRD Tanbu, bila kuring dari itu, kecil kemungkinannya,"ujarnya.

Hal Ini merupakan ketentuan yang diatur undang undang, dimana dengan mengetahui jumlah DPT itu setiap anggota ataupun parpol untuk melakukan persiapan selanjutnya. Selain itu bisa menghitung hitung jumlah kekuatan masing masing.

"DPT telah ditetapkan, namun masih ada kesempatan bagi yang belum terdaftar untuk mendaftar sebagai DPT khusus tiga hari min H, namun hak pilih tersebut bisa diguanakan setelah pukul 12.00 wita usai DPT menggunakan hak pilihnya,"katanya. (Yat)
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved