Home » » Lestarikan Terumbu Karang Angsana.

Lestarikan Terumbu Karang Angsana.

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 05 September 2013 | 09.49

Batulicin / fokusbatulicin.com - Tanah bumbu cukup terkenal dengan keindahan Terumbu Karang yang berlokasi di Angsana, namun juga terumbu karang yang tidak hanya ada di Angsana melainkan di kecamatan Sungai Loban tepatnya di Sungai Dua Laut seperti tidak terjamah Pemerintah Daerah.

Hal itu dikatakan ketua Pemuda Sahabat Alam, Roni. Dia mengatakan, saat ini terumbu karang yang ada di Sungai Dua laut itu juga memiliki potensi yang sama dengan Angsana. Namun saat ini perhatian dan pemeliharaan terhadap terumbu karang yang ada di Sungai dua tersebut perlu ditingkatkan demi kelestaraian terumbu karang tersebut.

"Perawatan terumbu karang yang ada di Sungai dua belum begitu terpelihara apalagi terumbu karang yang ada di Sungai dua dan Angsana tahan dengan air keruh berbeda dengan ditempat lain,"terang Roni yang juga sebagai ketua Cagar Wisata Angsana ini.

Menurutnya, terumbu karang tersebut perlu ditingkatkan lagi terlebih lagi demi kelestarian dan keindahan laut. Sehingga perlu ditingkat seperti di Angsana yang saat ini menjadi wisata andalan di Tanahbumbu.

Sebab, terumbu karang yang ada di Angsana sudah dilestarika dan dan menjadi wisata bahkan sudah diperlombakan tingkat kabupaten mendapat peringkat II. Bukan itu saja, ditingkat nasional pun sudah mengikutinya dan masuk 10 besar cagar wisata terbaik di Indonesia.

"Bahkan Mentri Pariwisata RI sudah pernah melakukan kunjungan untuk melihat keindahan wisata terumbu karang di Angsana kabupaten Tanahbumbu,"ujarnya.

Sedangkan untuk fasilitas dipantai wisata Angsana terus ditingkatkan. Dan saat ini sudah memiliki banana boots, jetski, perahu kaca untuk melihat terumbu karang yang ada di pantai Angsana itu seperti halnya di Bali.

Namun saat ini, kelemahan tempat tersebut juga seprti sekarang ini ombak besar. Selain itu akses masuk kedalam kurang lebih 7 kilometer untuk masuk ke Cagar wisata tersebut. Hal itu akan terbayarkan bila sudah melihat keindahan cagar wisata alam yang ada di Angsana itu.

"Semuanya akan terbayarkan bila sudah melihat keindahan alamnya,"ujarnya.

Sementara itu, Kabid Pengawasan Perikanan, Aprani membantah tidak adanya perawatan terhadap terumbu karang yang ada di Sungai Dua Sungai loban. Dia mengatakan saat ini terus dilakukan pengawasan dan perawatan terhadap terumbu karang yang ada di kawasan Sungai dua karena potensinya cukup besar seperti yang ada di Ansana.

Dikatakannya, berbagai upaya perawatan telah dilakukan seperti transplantasi terumbu karang sebagai salah satu teknik pelestarian dan rehabilitasi terumbu karang. Hal itu dilakukan untuk menjaga ekosistem terumbu karang.

"Kita terus melakukan perawatan, tapi memang tidak seperti di Angsana yang saat ini sudah menjadi cagar wisata alamnya. Namun untuk terumbu karang memang hanaya ada dua tempat ini yang memliki potensi besar terumbu karang sehingga terus dilakukan pengawasan,"ujarnya.

Saat ini, untuk di Sungai dua dilakukan pengawasan oleh Pengawas karang Indah lestari. Saat ini belum begitu tersorot karena aksesnya dibanding Angsana yang sudah sangat aktif. Namun kedepan akan dipromosikan sehingga bisa menjadi wisata bahari dan aktif seperti di Angsana.

"Bedanya itu, di Angsana fasilitasnya sudah memadai sehingga di Sungai dua seolah-olah tidak terjamah padahal perawatan sama dilakukan. Kita kedepannya akan promosikan sebagai salah satu wisata Bahari,"tandasnya (Yat)
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved