Home » » ADVERTORIAL : Bupati Lepas Ekspor Perdana Karet PT. NB  

ADVERTORIAL : Bupati Lepas Ekspor Perdana Karet PT. NB  

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 17 Oktober 2013 | 12.13

BATULICIN –   Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) Mardani H. Maming melepas ekspor perdana karet rakyat produksi PT. Nusantara Batulicin (PT.NB), Kamis (10/10) belum lama tadi di Pelabuhan Indonesia III Batulicin.
Karet yang diekspor  oleh PT.NB dengan tujuan negara  Singapura tersebut mencapai bobot  241,92 ton dan merupakan  karet produksi petani yang dibeli oleh Perusda milik Pemkab Tanbu melalui PT.NB dari sejumlah wilayah pengembangan di Tanbu.

 "Karet yang dibeli oleh PT. Nusantara Batulicin dari masyarakat petani itu masih dalam bentuk Lumb. Selanjutnya Lumb inilah yang diolah di pabrik PT. Nusantara Batulicin menjadi karet setengah jadi, dan kita ekspor," ujar Bupati.

Dikatakan Bupati, pengembangan sektor perkebunan di Tanbu khususnya perkebunan karet sangat menjanjikan dan berpotensi besar bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat petani di masa mendatang. Karenanya, tak salah jika Pemkab Tanbu terus berupaya mengembangkan dan meningkatkan sektor tersebut untuk dijadikan primadona komoditas perkebunan bagi masyarakat.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemkab Tanbu melalui dinas tekhnis terkait yakni dengan menyalurkan bantuan dana stimulan, penyaluran bibit, hingga melakukan kerjasama dengan PT. Perkebunan Nusantara XIII Batulicin (PT.PN XIII Batulicin) melalui Perusda PT.NB dengan membangun Pabrik Karet Remah (PKR) Karang Bintang.

Disisi lain, terkait kersama itu, Bupati Tanbu Mardani H. Maming berharap agar manajemen PT. NB lebih kreatif dan berinovasi lebih baik  lagi dalam mensosialisaskan keberadaan PT.NB di Bumi Bersujud Kabupaten Tanbu. Selain itu, agar program peningkatan kesejahteraan masyarakat petani karet itu dapat berjalan maksimal, dalam implementasinya PT.NB harus mengutamakan petani karet dari pada tengkulak.

"Kita ingin para petani karet  untung dan sejahtera," ujar Mardani seraya mengatakan agar PTNB juga bisa mengumumkan harga karet kepada masyarakat petani baik secara online maupun dengan memasangnya di papan pengumuman yang ada di desa-desa di mana komoditas karet dikembangkan masyarakat sehingga petani mengetahui harga beli yang ditawarkan oleh PT.NB.

Sementara itu, Direktur Keuangan dan Umum PTNB, H. Husaini mengatakan karet yang diekspor dengan tujuan negara Singapura tersebut  akan diterima oleh PT Welcome Traiding. Adapun jumlah ekspor karet perdana sebanyak 241,92 ton dengan diangkut sebanyak 12 kontainer. Selain diekspor ke Singapura dengan pembeli PT. Welcome Traiding, PT.NB ujar Husaini juga mulai melakukan penjajakan dengan perusahaan ban kelas dunia Brigestone.

"Ini adalah ekspor perdana kita keluar negeri sejak mulai produksi pada awal tahun 2013. Sebelumnya karet milik petani kita juga di kirim dengan tujuan Sidoarjo, Jawa Timur," ujar Husaini. Terkait kualitas karet sehingga bisa diekspor langsung ke luar negeri, Husaini menyebutkan, kualitas karet petani Tanbu sudah sesuai dengan Standart Nasional Indoensia (SNI) yang diterbitkan oleh Kementerian Perdagangan RI dengan  standart ISO 9001.

Untuk mekanisme pembelian karet dari masyarakat imbuh Husaini, pihaknya membeli karet petani secara tunai atau cash. Dimana penetapan harga beli dengan melihat kualitas Lumb petani. Sejak mulai beroperasi, PT.NB telah mengeluarkan biaya untuk pembelian Lumb masyarakat senilai Rp. 12,6 Milyar.

"Saat ini animo petani untuk menjual hasil karetnya ke PT.NB sangat besar sekali. Ini karena didasarkan pada komitmen pemerintah daerah yang akan terus mengupayakan pemberian kemudahan proses jual beli mulai dengan penetapan harga sesuai ketentuan yang berlaku hingga proses pembayaran yang mudah karena dibayar secara tunai saat petani menjual karetnya kepada kami," ujarnya seraya menambahkan, dengan kapasitas mesin pengolah yang ada, saat ini PT. NB mampu memproduksi karet sebanyak 30 hingga  60 ton/hari. Dengan estimasi itu, produksi karet setengah jadi PT. NB bisa mencapai 12 ribu hingga 180 ribu ton/tahun. (Relhum/ADV)
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved