Home » » Karang Rejo Wakili Tanbu Pada Lomba P2WKSS dan GSI Tingkat Provins

Karang Rejo Wakili Tanbu Pada Lomba P2WKSS dan GSI Tingkat Provins

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 23 Oktober 2013 | 12.53

BATULICIN  -Desa Karang Rejo Kecamatan Karang Bintang menjadi wakil Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) pada ajang lomba Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) dan Gerakan Sayang Ibu (GSI) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Seremoni penilaian lomba P2WKSS dan GSI tingkat Provinsi Kalsel yang berlangsung Jumat (18/10) di Desa Karang Rejo tersebut dihadiri oleh Ketua Tim Penilai Lomba P2WKSS dan GSI Propinsi Kalsel Dra Hariyati, Bupati Tanbu Mardani H Maming, Ketua TP PKK Tanbu Hj. Erwinda bersama jajaran, serta pejabat dilingkungan Pemkab Tanbu.

Tim penilai lomba P2WKSS dan GSI yang terjun langsung ke Desa Karang Rejo sebanyak delapan orang terdiri dari Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BP3A) Kalimantan Selatan, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalimantan Selatan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalimantan Selatan, Dinas Pendidikan (Disdik) Kalimantan Selatan, serta Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Propinsi Kalsel.

Ketua TP PKK Tanbu, Hj. Erwinda Mardani mengatakan dalam menghadapi lomba P2WKSS dan GSI tingkat Propinsi Kalimantan Selatan, Pemkab Tanbu telah melakukan berbagai persiapan dan pembenahan sejumlah objek yang menjadi indikator penilaian tim bersama-sama komponen terkait dan masyarakat Desa Karang Rejo.

"Sebelumnya kita sudah melakukan beragam persiapan dan pembenahan-pembenahan beragam objek yang menjadi indikator penilaian tim dari provinsi. Dengan adanya dukungan dari Instansi teknis terkait Pemkab Tanah Bumbu bersama masyarakat akhirnya kita siap untuk mengikuti lomba," ujar Erwinda.

Adapun kategori penilaian yang dilakukan antara lain menyangkut ketertiban Administrasi Program PKK, pelaksanaan Program Dasa Wisma Desa, Kebersihan Lingkungan, Pemanfaatan Lahan Pekarangan, dan tingkat Perkembangan Kemajuan Wanita Desa.

Sementara itu, Bupati Tanbu Mardani H Maming,  mengatakan peran dan kiprah perempuan dalam menggerakkan dinamika pembangunan daerah di Kabupaten Tanah Bumbu  dinilai sangat penting dan krusial dalam rangka terus mendorong dan membangkitkan semangat pembangunan daerah.

Menurut Bupati, hampir disegala aspek program pembangunan daerah tidak lepas dari peran dan campur tangan perempuan  yang secara aktif mendorong jalannya roda pembangunan, yang salah satunya  melalui peran aktif dari gerakan PKK.

"Berlangsungnya ajang lomba tingkat provinsi ini diharapkan jadi cerminan langsung yang mampu mendorong kesetaraan gender dalam pembangunan daerah menuju kesejahteraan gender secara khusus dan masyarakat secara luas. Dengan begitu kita semua semakin bersemangat dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan daerah karena suksesnya pembangunan yang dilakukan pemerintah tidak lepas dari dukungan kaum perempuan yang ada di belakang kaum laki-laki," ujar Bupati.

Dibagian lain Mardani memaparkan, pelaksanaan lomba P2WKSS dan GSI tingkat Provinsi Kalsel itu diharapkan mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah melalui instansi terkait dengan mengganggarkan dana stimulan atau melalui program pendampingan sehingga program pemberdayaan perempuan yang dijalankan PKK daerah dapat berjalan dengan maksimal.

Dalam kesempatan itu, Bupati Mardani H. Maming juga  menjelaskan, kedepan banyak program pembangunan daerah yang secara tidak langsung membutuhkan dukungan dan peran aktif kaum perempuan. Objek pembangunan itu meliputi pembangunan sektor pendidikan, kesehatan, dan perekonomian berbasis perempuan (Relhum)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved