Home » » Wabup Buka Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Aparatur Kependudukan dan Capil

Wabup Buka Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Aparatur Kependudukan dan Capil

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 09 Oktober 2013 | 05.58

Batulicin/ fokusbatulicin.com – Pencatatan kependudukan sangat penting dilakukan dalam rangka tertib administrasi kependudukan dan menghasilkan data kependudukan yang valid. Sehingga arah kebijakan pembangunan dapat tepat sasaran. Demikian dikatakan Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu), H. Difriadi Darjat saat membuka Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Aparatur Kependudukan dan Catatan Sipil tahun 2013 yang diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil) tanbu di Mahligai Bersujud, Kapet, Kamis (3/10) pagi tadi.

Menurut Wabup, dengan data yang valid tersebut tentunya akan memudahkan jalannya pemerintahan serta dapat menjadi acuan bagi instansi-instansi pemerintah di kabupaten tanah bumbu dalam merumuskan arah pembangunan nantinya. Baik itu masalah pendidikan, kesehatan, maupun kesejahteraan sosial masyarakat.

Terkait peningkatan kemampuan aparatur kependudukan dan catatan sipil, menurut wabup, kegiatan tersebut sangat penting untuk dilaksanakan sehingga petugas pencatatan administrasi kependudukan tersebut memiliki kompetensi dan profesional dalam menjalankan tugasnya.

"Data kependudukan yang akurat sangat penting untuk kita miliki. Maka  diperlukan petugas yang handal dan profesional," ujar Wabup.

Kepala Disdukcapil Tanbu, Andi Hasdar mengatakan substansi kependudukan dan pencatatan sipil menurut undang-undang no 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan mencakup pencatatan  kelahiran, lahir mati, perkawinan, perceraian, kematian, pengangkatan anak dan pengakuan anak, serta pindah datang penduduk lainnya.

Semua pencatatan peristiwa penting dilakukan dalam rangka tertib administrasi kependudukan sehingga menghasilkan data kependudukan yang akurat. Untuk mendapatkan administrasi yang akurat tersebut, ujar Andi Hasdar maka diperlukanlah petugas registrasi desa /kelurahan  di lingkungan pemerintah kabupaten tanah bumbu yang handal dan profesional. Maka, Disdukcapil Tanbu menyelenggarakan sosialisasi peningkatan kapasitas aparatur kependudukan dan catatan sipil.

Adapun tujuan dari sosialisasi tersebut agar semua petugas pencatat registrasi didesa / kelurahan memahami dan mengerti betapa pentingnya  administrasi kependudukan. Sehingga dapat menyajikan data kependudukan dan catatan sipil yang valid dan tidak ada satu peristiwa penting kependudukan dan catatan sipil yang tidak tercatat.

Sementara itu, Kepala Bidang Catatan Sipil, Halidi mengatakan pelaksanaan sosialisasi peningkatan kapasitas aparatur kependudukan dan catatan sipil akan dilaksanakan sebanyak 3 (tiga) kali pelaksanaan.Tahap pertama dilaksanakan pada tanggal 3 – 4 Oktober 2013 dengan peserta terdiri dari aparat desa/kelurahan dan petugas kecamatan dari Kecamatan Simpang Empat, Kecamatan Batulicin, Kecamatan Karang Bintang dan Kecamatan Mantewe.

Tahap kedua dilaksanakan pada tanggal 9 - 10 Oktober 2013 dengan peserta dari Kecamatan Kusan Hilir, Kecamatan Kusan Hulu, dan Kecamatan Kuranji. Tahap ketiga dilaksanakan pada tanggal 23 - 24 Oktober 2013 dengan peserta dari Kecamatan Satui, Kecamatan Sungai Loban, dan Kecamatan Angsana. Adapun narasumber yaitu tim teaching yang membidangi kependudukan dan catatan sipil yang dibantu para pejabat struktural Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab. Tanah Bumbu. (Did)

Powered by Telkomsel BlackBerry®











Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved