Home » » 1 Desa 1 Milyar

1 Desa 1 Milyar

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 20 November 2013 | 07.41


Fokus Batulicin.com - Untuk pemerataan pembangunan infrastruktur pedesaan, pemerintah akan siapkan anggaran sebesar 1milyar perdesa. Dimana dimaksudkan dengan adanya kucuran dana pembangunan desa itu dimaksudkan akan memberikan dampak pembangunan fisik yang signifikan.

"APBD Tanbu ini berbasis pro rakyat. bahkan saking pro rakyatnya. sampai saat ini kami belum bisa membangun rumah dinas Bupati. karena besarnya perhatian Bupati terhadap warga di desa desa" ujar Sayid Ahmad Asegaf Plt Sekda Kab Tanah Bumbu saat mendampingi Sofwat Hadi. Anggota DPD-RI ketika berkunjung ke Tanah Bumbu, Kamis ( 14/11).

Pemerataan pembangunan itu, merupakan tujuan utama pemerintahan Mardani H Maming guna memberikan peningkatan kesejahteraan yang merata pula di tingkat pedesaan. Selama ini telah banyak perhatian pemerintah untuk membangun infrastruktur dari tingkat pedesaan hingga pusat perkotaan kabupaten Tanah Bumbu. Namun hal itu, menurut Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming melalui Plt Sekda Tanbu, belum apa apa. sehingga masih banyak yang belum maksimal diberikan bagi masyarakat desa.

"ini akan kita upayakan dapat kita lakukan dengan kesiapan anggaran di Tahun mendatang" ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum Ir.Sofiani mengatakan besarnya program pembangunan fisik infrastruktur di Tanah Bumbu bukan hanya mengutamakan perbaikan atau peningkatan pembangunan jalan jalan poros desa dan kabupaten saja. bahkan demi memberikan rasa nyaman, pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu juga turut serta memelihara jalan jalan provensi yang menghubungkan Tanah Bumbu dengan kabupaten lainnya, yang juga menggunakan anggaran APBD.

 " jalan nasional yang menghubungkan Tanah Bumbu banyak yang rusak, anggaran yang diluncurkan dari  Pemerintah Pusat kerap lamban dan tidak memadai dengan tingkat kerusakan jalan yang sangat cepat. belum lagi seharusnya kelas jalan nasional provensi yang saat ini berkelas 8 ton sudah tidak memadai. karena banyaknya armada berbadan besar yang hilir mudik. 

Belum lagi dana bantuan atau perbaikan jalan yang dikucurkan oleh pemerintah pusat sangat lamban. sehingga selama ini daerah harus memberanikan diri menggunakan dana APBD untuk memperbaiki jalan nasional. Karena masyarakat taunya kerusakan jalan ini adalah tanggung jawab pemerintah. Taqnpa bisa membedakan tanggung jawab pemerintah pusat atau daerah.

Sementara Sofwat selaku Anggota DPD-RI saat berkunjung ke Tanah Bumbu beberapa waktu lalu, meminta agar lebih berhati hati menggunakan anggaran daerah untuk digunakan pemanfaatannya jika harus diperuntukkan pembangunan infrastruktur yang merupakan tanggung jawabnya pwmwrintah pusat.  Jangan sampai menjadi temuan BPK karena tidak sesuai ketentuan yang berlaku. 

Mengenai program pemerintah menyiapkan anggaran 1 Milyar 1 Desa, Sofwat sendiri mengaku mendukung pemikiran Mardani H Maming. Ia berharap Mardani selaku putra daerah bisa memberikan perubahan pembangunan. Sehingga kedepan Tanah Bumbu terus mengalami peningkatan pembangunan. (ley)







Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved