Home » » ADVETORIAL : 50 Bunda Paud Dikukuhkan  

ADVETORIAL : 50 Bunda Paud Dikukuhkan  

Written By Fokus Batulicin on Senin, 04 November 2013 | 11.35


BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) berkomitmen untuk terus fokus dalam membangun karakter anak sebagai generasi penerus bangsa dan daerah.
Salah satunya upaya sistematis yang ditempuh Pemkab Tanbu yakni melalui implementasi program pembangunan bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Menyadari begitu pentingnya PAUD dalam membentuk karakter positif anak, sebanyak 50  Bunda PAUD tingkat Desa di Kabupaten Tanah Bumbu dikukuhkan.

Pengukuhan secara langsung dilakukan oleh Ketua TP PKK Tanbu yang juga menjabat Bunda PAUD tingkat kabupaten, Hj. Erwinda Mardani, belum lama tadi di Sekretariat TP PKK Tanbu.

Ketua TP PKK Tanbu Hj. Erwinda Mardani mengatakan, sebagai lembaga pendidikan tingkat kanak-kanak manfaat PAUD sangat penting bagi pilar dasar proses tumbuh kembang anak.
Ini karena metode pembelajaran yang diberikan kepada anak akan berdampak pada terbangunnya mainset positif bagi anak saat kelak mereka dewasa.

Dimana dalam PAUD tersebut, anak-anak diajarkan hal-hal positif seperti bagaimana cara bersosialisasi, mengajarkan mana yang harus dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan, mengajarkan anak bagaimana cara berinteraksi dengan orang lain, yang tentu saja kesemuanya itu disampaikan dengan pola dan metode pengajaran yang dipahami oleh anak-anak usia dini.

Melalui lembaga PAUD, imbuh Erwinda, pihaknya bersama pemerintah daerah berharap dalam jangka panjang atau ketika dewasa kelak, pola dan metode pengajaran yang demikian dapat menunjang prestasi anak.

Sementara itu, terkait pengukuhan Bunda PAUD, Hj. Erwinda Mardani mengatakan  peran penting Bunda PAUD  diharapkan dapat menuntaskan program pemerintah daerah tentang Gerakan Satu Desa Satu PAUD.

Menurut Erwinda, Gerakan Satu Desa Satu PAUD merupakan salah satu program pemerintah yang harus mendapat dukungan penuh dari semua komponen daerah. Secara nasional, katanya, pemerintah mentargetkan Angka Partisipasi Kasar (APK) PAUD sebesar 75 persen pada 2015 guna mengejar ketertinggalan kualitas pendidikan selama ini.

Tiga hal pokok yang bisa diproyeksikan agar target itu dapat tercapai yakni memasukan PAUD sebagai pendidikan dasar yang harus di ikuti seluruh anak Indonesia, memperluas peran masyarakat dalam penyelenggaraan PAUD, dan meningkatkan kualitas SDM dan peran serta Bunda PAUD sebagai tenaga pengajar.

Dari 145 desa dan lima kelurahan yang ada di Tanbu saat ini telah ada sebanyak 132 desa yang memiliki PAUD.

"Kita berharap jumlah itu akan terus bertambah, sampai kemudian seluruh desa dan kelurahan di Tanah Bumbu kesemuanya mempunyai PAUD", ungkap Erwinda.

Secara akumulutatif, dengan sasaran program perluasan peran dan fungsi PAUD diseluruh wilayah kabupaten itu imbuhnya, menjadi indikator peran serta Bunda PAUD baik tingkat kabupaten hingga tingkat desa dalam mendukung program nasioanal Indonesia Emas sebagai kado Ulang Tahun 100 tahun Indonesia merdeka pada 2045 mendatang.

Terpisah Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Tanbu Ir Sartono melalui Kepala Seksi PAUD Sumarman memaparkan, untuk tahun ini pihaknya bekerja sama dengan TP PKK setempat sudah mengukuhkan sebanyak 50 lembaga Bunda PUAD.

Program itu ujar Sumarman, merupakan tindaklanjut dari program pemerintah pusat yang harus diimplementasikan di semua daerah termasuk di Tanbu. Diharapkan, dengan pengukuhan 50 Bunda PAUD itu secara terencana program penciptaan generasi daerah yang maju dan cerdas serta berprestasi dapat dirintis sejak dini. "Ini adalah tindaklanjut dari program pemerintah pusat dimana kedepan tiap-tiap desa harus mempunyai lembaga PAUD", sebut Sumarman.

Melalui eksistensi dan semangat Bunda PAUD sebagai pilar pendidikan daerah, tak lain sebagai bagian penting dari komitmen dan kebulatan tekad daerah dalam memperjuangkan anak bangsa yang ada di daerah  agar bisa mengenyam pendidikan layak sejak mereka berusia dini. "Sehingga sudah sepantasnya Bunda PAUD mendapatkan perhatian serius dari pemerintah daerah dan semua komponen yang ada di kabupaten kita. Agar kedepan mutu pendidikan anak usia dini menjadi lebih baik", imbuhnya.

Sementara itu untuk diketahui, Pengukuhan Bunda PAUD dengan tema Bersatu Kita Wujudkan Indonesia Ramah Anak, yang dirangkai juga dengan peringatan Hari Anak Nasional tersebut juga dihadiri seluruh Bunda PAUD tingkat kecamatan di Tanbu. (ADV/Relhum).














Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved