Home » » ADVERTORIAL: 2014 Tunjangan Bakal Naik -Sekdes Diikutkan Diklat di STPDN

ADVERTORIAL: 2014 Tunjangan Bakal Naik -Sekdes Diikutkan Diklat di STPDN

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 07 November 2013 | 12.42


BATULICIN - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) berencana akan menaikkan tunjangan bagi Kepala Desa (Kades) dan jajarannya pada tahun 2014 mendatang.

Kabar menggembirakan bagi para Kades di Tanbu itu disampaikan langsung oleh Bupati Tanbu Mardani H. Maming saat menyampaikan sambutannya usai melantik tiga Kades baru dalam wilayah Kecamatan Kusan Hilir, Rabu (6/11) lalu.

Dikatakan Mardani, dengan dinaikkannya tunjangan Kades yang sebelumnya Rp. 3.100.000 menjadi Rp.4 juta diharapkan akan memberikan dampak positif bagi peningkatan kinerja dan profesionalisme Kades dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sedangkan untuk Sekretaris Desa Non PNS, juga mengalami kenaikan tunjangan dari sebesar Rp. 600 ribu menjadi Rp.700 ribu. Untuk masing-masing Kaur dari Rp.325 ribu menjadi Rp.425 ribu, TU dan Bendahara Desa dari tunjangan sebesar Rp.275 ribu menjadi Rp.375 ribu, sedangkan untuk Kepala Dusun, Ketua RW dan Ketua RT dari Rp.125 ribu menjadi 325 ribu serta Sekretaris RT dari Rp.100 ribu menjadi Rp.200 ribu.

"Untuk alokasi anggarannya sendiri sudah kita masukkan dalam RAPBD tahun anggaran 2014. Kita berharap dengan kenaikan tunjangan itu pelayanan yang diberikan Kades jajarannya bisa lebih baik lagi", ujar Mardani.

Dibagian lain Bupati juga mengungkapkan, guna mendorong peningkatan kualitas kinerja dan profesionalisme jajaran pemerintahan desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya terkait dengan pengelolaan administrasi pemerintahan desa, tahun 2014 mendatang pemerintah daerah berencana melakukan kerja sama dengan Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN).

Secara khusus pemerintah daerah akan mengirim para Sekretaris Desa (Sekdes) untuk mengikuti diklat di STPDN. Untuk kerjasama itu, belum lama tadi Pemkab Tanbu sudah mengkoordinasikan dan mengkonsultasikan dengan pihak STPDN.

Selain itu melalui kerja sama itu, kedepan Pemkab Tanbu juga akan menjajaki kerja sama lainnya yakni dengan mengikutsertakan para camat dalam diklat khusus di STPDN. Dimana diklat lebih dikhususkan diikuti oleh camat-camat yang tak berlatarbelakang pendidikan pemerintahan.

Untuk diketahui, pada pelantikan itu, tiga Kades yang dilantik oleh Bupati Mardani H. Maming yakni  Kades Mudalang  Tajemudin,  Kades Api-Api Khusnul Khuluki, S.PdI  dan Kades Karya Bakti Mahdin.

Kepada ketiganya Mardani berpesan agar sebagai aparatur pemerintahan desa Kades dan jajarannya bisa menjalankan amanah yang diberikan oleh masyarakat dengan sebaik-baiknya.
 "Jabatan adalah amanah, oleh karena itu jalankan amanah itu dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggungjawab. Berikanlah yang terbaik bagi masyarakat kita", pesan Bupati Mardani. (Adv/Relhum)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved