Home » » ADVERTORIAL : Pemkab Beri Honor Pengajar PAUD

ADVERTORIAL : Pemkab Beri Honor Pengajar PAUD

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 28 November 2013 | 14.03

BATULICIN - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) setempat memberikan honor kepada para pengajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pemberian honor itu sendiri akan diefektipkan pada tahun anggaran 2014 mendatang.

Setidaknya, untuk merealisasikan langkah itu pemerintah daerah telah menganggarkan dana sebesar Rp. 3,231,000,000. (Tiga Milyar Dua Ratus Tiga Puluh Satu Juta)

Bupati Tanbu Mardani H. Maming mengatakan pemberian honor bagi tenaga pendidik PAUD oleh pemerintah daerah merupakan salah satu wujud kepedulian pemerintah daerah terhadap nasib para tenaga pendidik PAUD yang sejauh ini menerima honor teramat kecil yakni berkisar antara Rp. 50 ribu hingga Rp. 200 ribu perbulan dari pengelola PAUD.

"Ini jelas tidak sebanding dengan pengabdian mereka selama ini. Bayangkan saja, ada tenaga pendidik PAUD dengan masa kerja tujuh tahun tapi honor yang diterima masih berkisar antara Rp. 50 ribu hingga 100 ribu. Inilah yang kemudian menjadi perhatian serius dari pemerintah daerah," ujar bupati Mardani H. Maming belum lama tadi.

Ditambahkannya, pemerintah daerah harus memberikan perhatian serius kepada tenaga pengajar PAUD. Mengingat lembaga pendidikan PAUD mempunyai peran penting dan turut berkontribusi dalam membentuk generasi daerah di masa mendatang.

Terpisah Kepala Disdikpora Tanbu Sartono mengungkapkan, pada tahun 2014 mendatang, pihaknya telah mengganggarkan dana untuk honor tenaga pengajar PAUD sesuai dengan kriteria pendidikan masing-masing tenaga pengajar, yakni untuk tenaga pengajar lulusan SMA/sederajat sebesar Rp. 550.000, Diploma sebesar Rp. 650.000, S1 dan S2 sebesar Rp. 750.000.

"Total anggaran untuk honor tenaga pengajar PAUD yang kita alokasikan pada APBD 2014 mendatang sebesar Rp. 3.231.000.000. ", sebut Sartono, Senin (25/11) lalu.

Dengan pemberian honor itu sambung Sartono, pemerintah daerah berharap akan ada peningkatan kualitas kinerja sekaligus kesejahteraan dari jajaran para pengajar PAUD. Dan honor itu diperuntukan khusus bagi pengajar yang mengabdi dilembaga PAUD yang dikelola oleh yayasan , dan belum mendapat honor dari pemkab seperti halnya tenaga pengajar PAUD yang berstatus PTT umum dan PTT Khusus.

Selain memberikan honor bagi tenaga pengajar, untuk menunjang kegiatan PAUD di Tanbu, pada tahun 2014 Pemkab Tanbu juga menganggarkan dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) sebesar Rp. 60 ribu/anak/bulan.

Sementara itu, dari data yang ada di Disdikpora, hingga saat ini jumlah lembaga PAUD di Bumi Bersujud sebanyak  260 lembaga yang tersebar di Kecamatan Kusan Hilir sebanyak 41 lembaga PAUD, Kecamatan Sungai Loban sebanyak 34 lembaga PAUD, Kecamatan Satui sebanyak 32 lembaga PAUD, Kecamatan Angsana sebanyak 20 lembaga PAUD dan Kecamatan Kusan Hulu sebanyak 22 lembaga PAUD.

"Selanjutnya Kecamatan Kuranji sebanyak 11 lembaga PAUD, Kecamatan Batulicin sebanyak 15 lembaga PAUD, Kecamatan Karang Bintang sebanyak 28 lembaga PAUD, Kecamatan Simpang Empat sebanyak 36 lembaga PAUD, dan Kecamatan Mantewe sebanyak 21 lembaga PAUD", ungkap Kasi PAUD Disdikpora Sumarman.

Untuk target satu desa satu PAUD kata dia, hinga saat ini telah ada empat kecamatan yang sudah seratus persen merealisasikan. Empat kecamatan itu yakni Kecamatan Batulicin, Kecamatan Sungai Loban, Kecamatan Karang Bintang dan Kecamatan Angsana. Kedepan pemerintah daerah akan terus mendorong pengembangan program satu desa satu PAUD. (ADV/Relhum)
Keterangan :
Foto 1 . Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming dan Kepala Disdikpora Tanbu Sartono.
Foto 2. Bunda PAUD Kab. Tanbu Hj. Erwinda Mardani saat melantik Bunda PAUD  Desa. Pemkab tanbu memberikan perhatian serius kepada tenaga pengajar PAUD. Mengingat lembaga pendidikan PAUD mempunyai peran penting dan turut berkontribusi dalam membentuk generasi daerah di masa mendatang.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved