Home » » Penerbitan Perizinan Usaha Di Tanbu Meningkat

Penerbitan Perizinan Usaha Di Tanbu Meningkat

Written By Fokus Batulicin on Jumat, 01 November 2013 | 13.20

BATULICIN – Penerbitan perizinan usaha di Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu) selama tahun 2012 mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2011.
Demikian dikatakan Kepala  Badan Pelayanan Perizinan dan Penanaman Modal Daerah (BP3MD) Kab. Tanbu, Arif Fadillah, saat Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan Bidang Pelayanan Perizinan danPenanaman Modal, Senin (28/10) di Kantor Camat Simpang Empat.

Berdasarkan evaluasi tahunan yang dilakukan oleh BP3MD Tanbu terhadap kegiatan pengurusan perizinan pada tahun 2012 terjadi peningkatan jumlah dokumen perizinan yang telah diterbitkan.
Tercatat pada tahun 2012 sebanyak 5.797 dokumen yang diterbitkan. Naik dibandingkan tahun 2011 yang lalu hanya 3.070 dokumen terbit.

"Jumlah dokumen yang diterbitkan selama kurun waktu empat tahun terakhir yaitu tahun 2009 sebanyak 606 dokumen, tahun 2010 sebanyak 1.366 dokumen, tahun 2011 sebanyak 3.070 dokumen, dan tahun 2012 sebanyak 5.797 dokumen,"  kata Arif Fadillah, seraya mengatakan pada tahun 2013 juga diprediksi akan mengalami peningkatan.

Peningkatan jumlah dokumen perizinan yang diterbitkan tersebut, menurut Arif Fadillah, merupakan imbas positif dari semakin tingginya kesadaran masyarakat untuk mendapatkan dokumen perizinan sesuai dengan bidang usahanya masing-masing.

Selain itu, Pemerintah Daerah juga memberikan stimulan positif kepada dunia usaha dengan memberikan pelayanan yang semakin baik kepada masyarakat diantaranya memberikan kepastian jangka waktu penyelesaian dokumen perizinan, pelayanan yang bebas pungli, bahkan sebagian besar dokumen perizinan tidak dipungut biaya retribusi atau gratis.

"ada  26 perizinan digratiskan. Yang gratis seperti SITU, SIUP, TDP, dll. Sedangkan yang tidak gratis seperti izin gangguan dan izin usaha perikanan," kata Arif Fadillah.
Sementara itu, Wakil Bupati Tanah Bumbu, H. Difriadi Darjat  menilai pelayanan perizinan di
Kabupaten Tanah Bumbu  semakin tahun semakin mengalami perbaikan. Hal tersebut dapat dilihat dari meningkatnya penerbitan perizinan dokumen usaha di Bumi Bersujud serta kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh pemerintah daerah.

Menurut Wabup, dengan semakin banyaknya jumlah dokumen yang telah diterbitkan menandakan bahwa sektor dunia usaha di Tanah Bumbu semakin meningkat pertumbuhannya. Dengan meningkatnya sektor tersebut maka pembangunan daerah juga akan mengalami peningkatan melalui PAD kedepannya.

Selain itu, Wabup juga berharap agar  kemudahan perizinan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah ini dapat digunakan oleh masyarakat khususnya pada sektor usaha kecil. Untuk itu, BP3MD Tanbu agar dapat terus mensosialisasikan pelayanan dan kemudahan-kemudahan yang telah diberikan pemerintah daerah kepada masyarakat.

Sementara itu, terkait Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan Bidang Pelayanan Perizinan dan Penanaman Modal yang dilaksanakan BP3MD Tanbu yang dibuka langsung oleh Wabup H.
Difriadi Darjat tersebut diikuti peserta  yang terdiri dari Aparatur Pemerintah Desa se-Kecamatan Simpang Empat, Perusahaan PMA/PMDN se-Kecamatan Simpang Empat,  dan UKMK se-Kecamatan Simpang Empat.

Adapun nara sumber dari BKPMD Propinsi Kalimantan Selatan dan Sekretariat Daerah Kabupaten Tanah Bumbu. Sedangkan pelaksanaan sosialisasi dilaksanakan selama 3 (tiga) hari yaitu 28 Oktober 2013 di Kecamatan Simpang Empat, 29 Oktober 2013 di Kecamatan Sungai Loban, dan 30 Oktober 2013 di Kecamatan Angsana. (Ley)










Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved