Home » » PWI GELAR DIKLAT JURNALIS UNTUK SMAN 1PAGATAN

PWI GELAR DIKLAT JURNALIS UNTUK SMAN 1PAGATAN

Written By Fokus Batulicin on Sabtu, 30 November 2013 | 10.03

Puluhan pelajar SMA negeri 1 Pagatan Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Jurnalistik yang diselenggarakan berkat kerjasama Organisasi Pers Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tanah Bumbu  dengan Sekolah tersebut. Pelatihan digelar setiap satu pekan sekali, selama empat pekan berturut turut. sejak awal November 2013 lalu dan berakhir pada hari Jumat (29/11) kemarin.

Hernawan SE, selaku Ketua PWI Tanah Bumbu usai menghadiri puncak pelatihan itu mengatakan, pentingny memberikan pemahaman ilmu jurnalistik kepada kaum pelajar adalah guna membuka wawasan serta pengetahuan mendasar terkait kegiata  jurnalistik profesional.  dari tahapan awal bagaimana menyiapkan bahan materi, mencari dan mengumpulkan informasi, mengolah dan menyajikannya hingga menentukan layak atau tidak informasi tersebut untuk dijadikan berita pada sebuah media cetak.

Dengan demikian, para pelajar sedikitnya akan mengetahui mekanisme dan kinerja profesi wartawan dalam hal membuat berita sekaligus mengenalkan lingkungan dan aura jurnalistik disekolah. Ini dimaksudkan supaya setiap pelajar menjadi siswa lebih kritik dan aktif dalam menimba ilmu disekolah. Menjadi lebih berani dalam mengungkapkan pendapat serta menyampaikan informasi di depan umum.

"selama ini siswa terkesan hanya menunggu informasi yang masuk ke dirinya. hanya menerima pembelajaran dari guru. meski ditawarkan untuk bertanya tetap saja merasa malas minder atau ragu ragu dalam bertanya. karena kurang didorong rasa kepercayaan diri yang tinggi. Dengan pelatihan jurnalistik seperti ini setidaknya kita harapkan adanya perubahan, mampu membangkitkan rasa percaya diri dalam mengungkapkan pendapat mereka, mengutarakan pertanyaan maupun berdialog dalam diskusi. Ilmu jurnalistik kita yakini banyak bermanfaat disegala bidang, khususnya di dunia pendidikan" ujar Hernawan.

Ali, salah seorang siswa yang mengikuti kegiatan itu mengaku cukup senang untuk bisa mengetahui cara kerja wartawan. selain diajarkan pendidikan jurnalistik mendasar dalam kesempatan itu juga diberikan bimbingan pengetahuan photography, yang menurut Ali sangat jarang bisa ditemukan.

Selama pelatihan berlangsung, materi jurnalistik diberikan oleh Ketua PWI Hernawan SE yang juga Wartawan Kalimantan Post, dan Emer Seib Wartawan SCTV serta untuk bidang Photography diberikan oleh Fadly Alfaritzi yang selama ini berkecimpung sebagai Wartawan Media Cyber Fokus Batulicin. Selain itu, untuk selama  kegaiatan Praktik di Lapangan setiap siswa mendapat pendampingan dari Anggota PWI lainnya, yakni Kristyawan Wartawan Majalah Fakta dan Juga Hali yang merupakan Wartawan Barito Post .

"kita berharap ini bermanfaat bagi pelajar yang mengikutinya, baik dalam menimba ilmu maupun dalam kehidupan mereka sehari hari" ujar Hernawan. (ley)
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

8 April 2014 09.54

Mantap

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved