Home » » ADVERTORIAL‎: Dua Kecamatan Dapat Perpustakaan

ADVERTORIAL‎: Dua Kecamatan Dapat Perpustakaan

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 05 Desember 2013 | 14.58


BATULICIN – Jika tak ada aral, tahun 2014 mendatang Pemkab Tanah Bumbu (Tanbu) melalui  Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Daerah (Pustardokda) akan menempatkan dua perpustakaan baru di dua kecamatan. 

Menurut Bupati Tanbu Mardani H. Maming, dua kecamatan yang bakal memiliki perpustakaan itu yakni Kecamatan Kusan Hilir dan Kecamatan Mantewe. Rencananya kedua perpustakaan itu akan mulai difungsikan pada Januari 2014 mendatang.

Langkah taktis yang sudah ditempuh oleh Kantor Pustardokda itu menurut Mardani adalah sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah untuk mengupayakan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) warga Bumi Bersujud khususnya yang ada di wilayah perdesaan.

Sejauh ini sebutnya, respon masyarakat terhadap pentingnya perpustakaan dan buku sebagai sumber ilmu relatif tinggi, khususnya di kalangan para pelajar. Hal ini terbukti dengan tingginya animo para pelajar terhadap keberadaan perpustakaan keliling yang dimiliki Kantor Pustardokda Tanbu. 

"Melihat dari besarnya animo masyarakat dan pelajar itulah yang kemudian mendorong pemerintah daerah melalui Kantor Pustardokda untuk mengembangkan program perpustakaan kecamatan", sebut Mardani lagi.

Terpisah Kepala kantor Pustardokda Ardiansyah menyebutkan, untuk saat ini pihaknya  mengelola dua unit perpustakaan menetap yang berada diperkantoran gunung tinggi dan unit pelayanan di Kecamatan Batulicin, tepatnya yang berlokasi di Jalan Raya Batulicin depan Hotel Ebony Batulicin. dan dua unit perpustakaan keliling yang setiap hari berkeliling ke sekolah-sekolah dan tempat keramaian diwilayah kab tanbu.

Sebagai pengembangan program instansinya, selain dengan menambah dua unit perpustakaan yakni di Kecamatan Mantewe dan Kecamatan Kusan Hilir, pihaknya juga akan memberikan layanan perpustakaan untuk  anak-anak usia dini yang tergabung dalam lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), yang salah satunya dengan memberikan pelayanan peminjaman buku cerita anak dan alat bermain serta kegiatan bercerita untuk anak-anak.

"Terobosan seperti itu perlu kami lakukan sebagai upaya kita semua untuk memberikan pelayanan kebutuhan informasi kepada semua lapisan masyarakat termasuk salah satunya untuk anak usia dini", kata Ardiansyah.
Dibagian lain Ardiansyah membeberkan, di Bidang Kearsiapan, pada tahun 2013 ini pihaknya telah melaksanakan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) kearsipan untuk para Sekretaris Desa (Sekdes) dan petugas kearsipan.

Pada Bimtek yang digelar di Gedung 7 Pebruari Pagatan Kecamatan Kusan hilir dan dibuka langsung oleh Bupati Tanbu Mardani H Maming dengan narasumber dari Badan Perpustakaan Arsip Daerah Kalimantan Selatan  itu sedikitnya diikuti sebanyak 200 peserta.
Bimtek kerasipan tersebut dimaksudkan agar aparatur desa bisa memahami dan mengimplementasikan pelaksanaan kearsipan sesuai dengan peraturan yang berlaku, seperti yang diamanatkan oleh  UU Nomor  43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, dan Permendagri Nomor  78 tahun 2012 tentang Tata Kelola Kerasipan Dilingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah.

Sebagai bentuk kelanjutan dari Bimtek Kearsipan tersebut, Pustardokda juga melakukan monitoring ke Desa-desa serta SKPD terkait tata kelola kearsipan. Sesuai dengan Rencana Kerja (Renja), pada Tahun 2014, Bidang Kearsipan akan melakukan pembinaan dan penatakelolaan kearsipan ditiap-tiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Sebagai tahap awal, nantinya akan ada sebanyak 10 SKPD yang akan mendapatkan pembinaan dan pengelolaan nantinya. (Adv/Relhum)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved