Home » » 712 Santri TK / TPA LPPTKA - BKPRMI Tanbu di Wisuda

712 Santri TK / TPA LPPTKA - BKPRMI Tanbu di Wisuda

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 30 Januari 2014 | 11.47

BATULICIN –  Bertempat di Gedung Mahligai Bersujud Batulicin, Rabu (29/1) kemarin, Sebanyak 712 Santri Taman Kanak-kanak / Taman Pendidikan Al-Quran LembagaPembinaan dan Pengembangan Taman Kanak-kanak Al-Quran Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia Kabupaten Tanah Bumbu (LPPTKA – BKPRMI Kab. Tanbu) di Wisuda.
Prosesi wisuda santri TK/TPA tersebut dilakukan oleh Gubernur Kalimantan Selatan H. Rudy Ariffin bersama Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming dengan didampingi Komando Nasional Brigadir BKPRMI Pusat Jakarta Said Aldi Al-Idrus, Ketua DPD BKPRMI Tanbu Hamsonor, S.Pdi,MM, dan Pembina Taman Pendidikan Al-Quran Tanbu Hj. Erwinda Mardani.
Dalam sambutannya, Ketua DPD BKPRMI Tanbu Hamsonor, S.Pdi,MM, mengatakan sangat gembira dengan dilaksanakannya wisuda santri TK / TPA yang artinya mereka telah lulus dan dapat melanjutkan kejenjang pendidikan berikutnya.
Untuk itu, kata Hamsonor, diharap setelah wisuda yang dilakukan pada hari ini agar pendidikan santri TK/TPA tidak hanya berhenti sampai ini saja. Namun diharapkan dapat melanjutkan pendidikan keagamaan yang lebih lanjut. Untuk itu diharapkan pula agar orang tua dapat mengarahkan anaknya untuk meningkatkan pendidikan Al-Quran lanjutan.
"Mereka yang diwisuda pada hari ini jangan berhenti belajar Al-Qurannya. Lanjutkan ketahap berikutnya. Karena kita ingin anak-anak di Bumi Bersujud dapat menjadi anak-anak atau generasi Qurani," kata Hamsonor seraya mengatakan agar di Tanbu tiada hari tanpa membaca Al-Quran.
Selain itu, ujar Hamsonor, untuk Kabupaten Tanah Bumbu semua Kecamatan sudah memiliki Taman Pendidikan Alquran. Dimana setiap harinya di Bumi Bersujud kita dapat melihat anak-anak kita berjalan berduyun-duyun dari rumah ke sekolah atau ke masjid-masjid untuk belajar Al-Quran.
Terkait jumlah TK TPA di Tanbu, dikatakan Hamsonor yaitu sebanyak 255 unit TK TPA Al-Quran dengan jumlah santri TK TPA yang tersebar di Tanbu sebanyak 11.000 santri.
Sedangkan untuk  santri yang diwisuda pada hari ini sebanyak 712 santri dengan rincian Kecamatan Satui sebanyak 72 santri, Kecamatan Angsana 117 santri, Kecamatan Sungai Loban 42 santri, Kecamatan Kusan Hulu dan Kuranji 133 santri, Kecamatan Kusan Hilir 103 santri, Kecamatan Karang Bintang 69 santri, Kecamatan Batulicin 32 santri, dan Kecamatan Simpang Empat sebanyak 144 santri.
Selain itu, Hamsonor juga mengucapkan terimakasih atas dukungan dari Pemkab Tanbu yang selalu mendukung kegiatan pengembangan agama di Tanbu.
Sementara itu, Komando Nasional Brigadir BKPRMI Pusat Jakarta Said Aldi Al-Idrus, mengatakan sangat gembira dengan pengembangan keagamaan di Kabupaten Tanah Bumbu. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya santri TK TPA dan juga TK TPA di Bumi Bersujud.
Kami berharap, pengembangan seperti ini dapat terus berlanjut dan jangan hanya sampai tingkat TK TPA saja, namun para santri yang diwisuda tersebut terus dapat didorong dan diarahkan kepada pendidikan lanjutan Al-Quran. Terutama peran pengajar dan juga orang tua dalam hal mengarahkan anak-anaknya untuk belajar Al-Quran.
Selain itu, Said Aldi Al-Idrus juga berharap agar Tanah Bumbu terus konsisten terhadap kegiatan BKPRMI.
"Kami sangat berharap, Kabupaten Tanah Bumbu ini bisa menjadi salah satu daerah percontohan pengembangan dan pembinaan TK TPA santri se-Indonesia nantinya" kata Said Aldi Al-Idrus.
Gubernur Kalsel, H. Rudi Ariffin dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada LPPTKA – BKPRMI yang  tidak kenal lelah membangun generasi penerus bangsa dengan memberikan pelajaran keagamaan mengenai Al-Quran dan juga dalam mendidik akhlak generasi muda. Hal ini tentunya juga tidak terlepas pula dari dukungan Bupati/Walikota dan Ketua TP PKK selaku Pembina TK TPA di masing-masing daerah.
Untuk Kalsel, kata Gubernur, ada Peraturan Daerah (Perda) Nomor  3 Tahun 2009 tentang Pendidikan Al Qur'an di Kalimantan Selatan. Dimana perda tersebut bertujuan agar setiap peserta didik selain dapat membaca dan menulis huruf-huruf Al Qur'an secara baik dan benar juga fasih, memahami, menghayati serta mengamalkan isi kandungan al Qur'an.
"Kita bersyukur dengan perda itu sehingga anak-anak dikalsel dapat menjadi generasi Qurani. Perda tersebut merupakan salah satu dukungan pemerintah terhadap pengembangan keagamaan di Kalsel," katanya.
Selain itu, kata Gubernur, sebagai bentuk perhatian pemerintah lainnya dimana tenaga pengajar mendapatkan honor walaupun besarannya berbeda dimasing-masing daerah di Kalsel.
Bupati Tanbu Mardani H Maming dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada LPPTKA - BKPRMI Kabupaten Tanah Bumbu yang sudah melaksanakan kegiatan Wisuda ke XXVI TK / TP Al-Quran dengan tema ''Menyiapkan Generasi QuraniMenyongsong Masa Depan Gemilang''. (relhum)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved