Home » » ADVERTORIAL: Pemkab Luncurkan Program Layanan Bengkel Gratis Bagi Petani

ADVERTORIAL: Pemkab Luncurkan Program Layanan Bengkel Gratis Bagi Petani

Written By Fokus Batulicin on Minggu, 19 Januari 2014 | 14.19


BATULICIN  -  Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) berencana membuat inovasi  program baru berupa layanan bengkel gratis bagi petani di Bumi Bersujud.

Menurut Bupati Tanbu Mardani H Maming dalam beberapa kesempatan menyebutkan, inovasi pelayanan bengkel gratis bagi petani yang peralatannya mengalami kerusakan itu dimaksudkan untuk mendorong peningkatan produktifitas hasil pertanian petani, sekaligus mendorong peningkatan kesejahteraan petani daerah.

Sejauh ini ungkap Mardani, petani kesulitan mencari bengkel yang secara khusus melayani reparasi peralatan pertanian seperti hand traktor dan alat perontok padi. Jika ada pun, tak sedikit biaya yang harus dikeluarkan petani.

"Dengan program layanan bengkel gratis tersebut, kita berharap akan berdampak ganda bagi petani. Selain akan memberikan dampak pada produktifitas hasil pertanian petani karena kendala kerusakan bisa cepat teratasi, yang pada gilirannya juga mampu berdampak pada peningkatan kesejahteraan para petani kita", sebut Mardani.

Senada dengan Mardani, Kepala Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Perkebunan (BP4K) Tanbu H Rahmat mengatakan program layanan bengkel gratis itu akan direalisasikan pemerintah daerah melalui BP4K pada tahun anggaran 2014 ini.

"Sebagai tahap awal implementasi program itu kita sudah melaksanakan kegiatan penunjang program yakni melalui kegiatan pelatihan teknik perawatan dan perbaikan hand traktor oleh petani kita",  sebut H Rahmad, Jumat(17/1) pekan lalu.  Setidaknya imbuhnya lagi, pada Kamis (16/1) lalu pihaknya menggelar pelatihan perawatan dan perbaikan hand traktor di Pagatan Kecamatan Kusan Hilir.

Kegiatan pelatihan teknik perawatan dan perbaikan yang digelar pihaknya itulah sambungnya, yang merupakan cikal bakal dari program layanan bengkel gratis bagi petani itu. Paling tidak katanya lagi, melalui kegiatan pelatihan tersebut petani Tanbu akan memiliki keahlian lain berupa teknik perawatan dan perbaikan peralatan pertanian yang beberapa diantaranya merupakan peralatan pertanian bantuan dari Pemkab Tanbu.    

Dibagian lain H Rahmat membeberkan, ada lima hal penting yang harus diperhatikan petani dalam menggunakan dan merawat hand traktor.   Hal paling mendasar ungkapnya adalah, kondisi  oli mesin. Selanjutnya adalah kondisi air radiator, bahan bakar atau solar, teknik penyimpanan usai pemakaian, dan yang terakhir adalah pengecekan piranti atau bagian dari komponen peralatan yang dimungkinkan kendor atau tak stabil usai pemakaian.    

Secara sederhana imbuhnya lagi, untuk penggantian oli harus dilakukan 50 jam pertama dan seratus jam berikutnya dari pemakaian. Untuk penggunaan air radiator, air  yang digunakan harus air yang bersih, tidak diperbolehkan menggunakan  air sawah yang keruh. Untuk bahan bakar solar yang digunakan harus asli atau bukan solar yang dicampur dengan bahan bakar cair lainnya. Dan usai pemakaian peralatan harus disimpan ditempat yang aman dan tidak boleh terkena matahari secara langsung.  

Sementara itu terkait kegiatan pelatihan perbaikan dan perawatan hand traktor yang diikuti sebanyak 100 peserta dan digelar di Gedung 7 Pebruari Pagatan Kecamatan Kusan Hilir, dibuka langsung oleh Staf Ahli bidang Kemasyarakatan dan SDM Fadliansyah Akbar mewakili Bupati Mardani H Maming.

Bupati Mardani H Maming dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Fadliansyah Akbar mengatakan, sejauh ini pemerintah daerah sangat berkomitmen dan konsisten dalam merealisasikan beragam program strategis dengan proyeksi peningkatan kesejahteraan petani. Mulai dari penyaluran bantuan peralatan pertanian berupa hand traktor, bantuan bibit dan bantuan pupuk.

"Beragam bantuan itu idealnya harus dijaga dengan baik khususnya bantuan berupa hand traktor", sebut Mardani dalam sambutan tertulisnya.

Untuk diketahui, perawatan dan perbaikan handtraktor tersebut dilaksanakan selama 3 hari yaitu pada tanggal 15 – 17 Januari 2014 bertempat di Gedung 7 Pebruari Pagatan dengan narasumber dari balai bengkel Alsintan TPH Propinsi Kalimantan Selatan. (ADV/RELHUM)

Ket :
Foto 1 : Pelatihan perawatan dan perbaikan handtraktor yang dilaksanakan oleh BP4K Tanbu di Gedung 7 pebruari Pagatan, belum lama tadi.
Foto 2 : Peserta pelatihan yang terdiri dari para petani di 10 Kecamatan di Tanbu.


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved