Home » » ADVERTORIAL : Pemkab Tanbu Raih  Penghargaan LAKIP Dari Menpan RB

ADVERTORIAL : Pemkab Tanbu Raih  Penghargaan LAKIP Dari Menpan RB

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 19 Februari 2014 | 07.53


BATULICIN - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) berhasil meraih penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan dan RB RI) sebagai salah satu daerah di Indonesia dibidang sistem Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) tahun 2012.

Penghargaan itu sendiri diberikan langsung  oleh Menteri  Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Azwar Abubakar  setelah sebelumnya dilakukan penilaian implementasi akuntabilitas kinerja pemerintah daerah untuk tahun 2012 yang dirilis pada tahun 2013 yang lalu. 

"Ada 4 kabupaten/kota di Provinsi Kalsel yang mendapatkan predikat berhasil dalam pengelolaan  LAKIP terbaik dari pihak Menpan, salah satunya adalah Kabupaten Tanah Bumbu," sebut  Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten  Tanbu, M. Yusri, S.Sos kemarin, seraya menambahkan, dalam penilaian Kemenpan dan Reformasi Birokrasi  Tanbu berhasil memperoleh predikat CC.

Predikat CC itu sendiri merupakan penghargaan yang pertama kalinya mampu diraih Pemkab Tanbu setelah pada penilaian sebelumnya hanya mampu mendapatkan predikat nilai C.

"Kemenpan dan Reformasi Birokrasi sendiri melakukan penilaian akuntabilitas kinerja pemerintah daerah setiap tahunnya. Dan pada perkembangannya, dari laporan LAKIP Pemkab Tanbu setiap tahunnya mengalami perbaikan dan peningkatan progres positif, hingga akhirnya predikat kita naik dari C menjadi CC", ungkap Yusri,

Sistem dan metode pengukuran kinerja pemerintah daerah beber Yusri lagi, pada dasarnya dilakukan atas 27 sasaran strategis yang harus dicapai pemerintah berdasarkan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah).

Dari hasil pengukuran itulah pada akhirnya diperolehlah capaian kinerja rata-rata Pemkab Tanbu sebesar 84,82 % sehingga dinyatakan masuk kategori berhasil.

Atau dengan kata lain, perbandingan antara target program yang hendak dicapai dan realisasi indikator sasaran kinerja Pemkab Tanbu oleh Kemenpan dan Reformasi Birokrasi dinyatakan berhasil.

Dengan keberhasilan yang sudah diraih Pemkab Tanbu tersebut Bupati Mardani H Maming menyambut baik dengan raihan prestasi itu hingga kemudian berhasil mendapatkan penghargaan dari Menpan dan Reformasi Birokrasi. Menurutnya ini menjadi indikator penting bahwa kinerja pemerintah daerah dibawah kepemimpinannya dari tahun ketahun mengalami perbaikan kualitas. 

''Ini pertama kalinya akuntabilitas kinerja kita mendapat penilaian terbaik dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Prestasi ini tentunya harus kita jadikan sebagai dorongan motivasi dan spirit untuk lebih meningkatkan kita sebagai pelayan publik," kata Bupati Mardani H Maming.

Karenanya Mardani berharap, dengan prestasi tersebut kedepan jajaran pemerintah daerah harus  mampu mempertahankan prestasi itu dan terus berupaya meningkatkan kinerja sehingga prestasi yang mampu diraih tersebut juga memberikan dampak bagi peningkatan kualitas dan kuantitas kesejahteraan masyarakat Bumi Bersujud.

Penilaian LAKIP yang dilakukan oleh pemerintah pusat melalui Kemenpan dan Reformasi Birokrasi  jelas Mardani, hakekatnya merupakan mekanisme penilaian wajar dari pemerintah pusat terhadap kinerja pemerintah daerah. 

Pasalnya, tanpa adanya penilaian itu pemerintah daerah harus senantiasa meningkatkan kinerjanya, karena itu sudah menjadi tanggungjawab jajaran pemerintah daerah sebagai pelayan publik. (Adv/relhum).
Foto 1. Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming saat memimpin rapat dengan pejabat pemkab Tanbu. Bupati Tanbu berharap SKPD dilingkup Pemkab Tanbu harus senantiasa meningkatkan kinerjanya sebagai pelayan publik.
Foto 2. Para Penerima Penghargaan LAKIP saat foto bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Azwar Abubakar , di Jakarta beberapa waktu lalu.



Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved