Home » » Ajang  MTQ Untuk Menjaring  Generasi  Qur’ani

Ajang  MTQ Untuk Menjaring  Generasi  Qur’ani

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 25 Februari 2014 | 22.56

BATULICIN - Kitab suci Al-Qur'an adalah Qalam Allah SWT  yang  menjadi  tuntunan dan pegangan bagi umat manusia untuk memperoleh kebahagian dunia dan akhirat.  

Dengan susunan kata yang indah, kalimat yg jelas dan terang dengan gaya bahasa yang mengagumkan, kitab suci Al qur'an merupakan sumber inspirasi yg tidak pernah kering atau habis, semakin kita dalami maka semakin kita yakini akan kebenarannya.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah(Sekda) Kabupaten Tanah Bumbu Drs. Said Akhmad, MM  dalam sambutannya pada acara pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional ke 28 Tingkat kecamatan Batulicin, Senin (24/2) di Lapangan Bola Desa Gunung Tinggi Kecamatan Batulicin.

Maka melalui pelaksanaan MTQ ini lajut Said Akhmad  diharapkan mampu menguatkan pembangunan akhlak bangsa dan bisa menjadi  wahana untuk  mencetak generasi  yang Qur'ani , yaitu generasi  yang mencintai isi dan kandungan Al Qu'an dan mengamalkannya dalam kehidupan.

"Generasi seperti ini sangat diharapkan karena kehadiranya akan menjadi pembawa perubahan disegala bidang dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara", papar Sekda.

Melalui pelaksanaan MTQ ini  juga bisa dijadikan cerminan sekaligus seruan kepada kita semua bahwa sesungguhnya islam itu adalah damai dan cinta keadilan, islam juga  menolak kebencian dan fitnah,  islam lebih menonjolkan persatuan dan kebersamaan.

Maka dengan demikian pelaksanaan MTQ ini juga bisa membangun persatuan dan membangun kokoh toleransi  dan kebersamaan sesama umat manusia.

Pada kesempatan itu Sekda juga menyampaikan pesan dan harapanya  kepada seluruh para peserta dan para hakim agar dalam melaksanakan kompetisi ini selalu mengedepankan kebersaman dan silaturrahmi,  agar tujuan hakiki pelaksanaan MTQ ini dapat tercapai.

"kepada para hakim, diharapkan dalam memberikan penilaian dapat menjunjung  tinggi nilai-nilai kebersamaan dengan memberikan penilaian secara objektif, sehingga dapat terpilih para peserta yang benar –benar memiliki kwalitas terbaik untuk mengikuti MTQ tingkat Kabupaten nanti," ujar Said Akhmad.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan dalam laporanya mengatakan, pelaksanaan MTQ Nasinal ke 28 tingkat Kecamatan Batulicin ini dilaksanakan selama tiga hari yakni mulai tanggal 24-27 Februari dan diikuti  sebanyak 200 peserta yang bersal dari 7 desa dan 2 kelurahan yg ada di kecamatan Batulicin.

Adapun cabang yang dilombakan dalam MTQ Tingkat Kecamatan Batulicin yang i ini antara lain, MTQ Qori dan Qoriah tingkat anak- anak, remaja dan deawasa,  MTQ tartilul qur'an Qori dan Qoriah ,  MTQ syar'il qur'an, MTQ tarthil qur'an,MTQ  Khatil Qur'an, MTQ Hibzil qur'an dan festival rabbana serta lomba Andministrasi TPQ tingkat Kecamatan..

Dan sebagai rangkaian kegiatan panitia juga menggelar ajang silaturrahim berupa pawai ta'ruf yang dilaksanakan sebelum pembukaan, dengan diikuti  ribuan peserta yang terdiri dari para kafilah, rombongan  majelis ta'lim se Kecamatan Batulicin, PKK desa dan Kelurahan, Aparat desa dan kelurahan dan  Panitia penyelenggara MTQ  Batulici tahun  2014. (Relhum)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved