Home » » Kota Sawahlunto Kunker ke Kabupaten Tanah Bumbu Terkait Ekonomi Kerakyatan

Kota Sawahlunto Kunker ke Kabupaten Tanah Bumbu Terkait Ekonomi Kerakyatan

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 20 Februari 2014 | 14.13







BATULICIN – Pemerintah Kota Sawahlunto Propinsi Sumatera Selatan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Tanah Bumbu Propinsi Kalimantan Selatan, Rabu (19/2) kemarin di Batulicin.

Dalam kunker tersebut, Pemerintah Kota Sawahlunto yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti, SE bersama rombongan diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu Drs, Said Akhmad, MM di Kantor Bupati Tanah Bumbu Jalan Dharma Praja, Gunung Tinggi, Batulicin.

Dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Tanah Bumbu, Sekda Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti SE selaku ketua rombongan mengatakan kunjungannya ke Kabupaten Tanah Bumbu dalam rangka meningkatkan wawasan para Kepala Desa /Lurah selaku ujung tombak pemerintahan di Desa dalam upaya meningkatkan ekonomi kerakyatan di Kota Sawahlunto.

Untuk itu, kata Sekda, maka para Kepala Desa dan Lurah melakukan kunjungan kerja dengan meninjau program-program ekonomi kerakyatan yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu khususnya pada sector kerajinan tenun yang ada di daerah tersebut.

Selain sector ekonomi kerakyatan, masih banyak pula wawasan yang perlu kami ketahui dari Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu terutama pada sector pemerintahan.

Dalam kunjungan kerja ini, kata Sekda Sawahlunto, terdapat 56 rombongan yang dibawa terdiri dari Pejabat Kota Sawahlunto, Kepala Desa/lurah, Camat, serta wartawan.

Sekilas tentang profil Kotasawahlunto, ujar Sekda Zohirin Sayuti, kota Sawahlunto merupakan kota tertua dengan pertambangan batubaranya sejak tahun 1888. Batubara merupakan pilar perekonomian masyarakat pada saat itu.

Kini kota Sawahlunto menjadi kota Wisata Tambang Berbudaya dengan kota tua peninggalan zaman belanda yang menjadi tempat tujuan wisatawan. Untuk sector pariwisata sendiri pengelolaannya diserahkan pada pihak swasta sehingga jumlah kunjungan setiap tahunnya ke Kota Sawahlunto selalu meningkat.

Sementara itu, Sekda Kab. Tanbu Drs. Said Akhmad, MM mengaku sangat senang dengan kunjungan kerja dari Pemerintah Kota Sawahlunto sehingga dapat meningkatkan wawasan dari kedua belah pihak.

Kabupaten Tanah Bumbu, ujar Sekda terdiri dari 10 Kecamatan. dengan sector perekonomian yang meliputi pada sector Pertambangan, Perkebunan, Kelautan, Pertanian, serta ekonomi kerakyatan lainnya.

Kabupaten Tanah Bumbu, Sebut Said Akhmad, memiliki program yang disebut dengan Tri Dharma Pembangunan, dimana yang menjadi focus perhatian dari program tersebut yaitu pada sector Infrastruktur, kesehatan, dan pendidikan.

Infrastruktur dimana pembangunan tersebut berdasarkan pada aspirasi masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu yang menginginkan jalan desa dan kota mulus sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan mempermudah masyarakat untuk menjual hasil bumi ke desa tetangga maupun ke kota.

Sedangkan pada sector Kesehatan dan Pendidikan , di Kabupaten Tanah Bumbu mempunyai program Kartu Sehat dan Pintar yang disebut Kapin. Masyarakat miskin yang memiliki kartu tersebut tidak dipungut biaya atau gratis untuk mendapatkan pelayanan kesehatan akan tetapi dengan pelayanan kelas III.

"Dikabupaten Tanah Bumbu, warganya mendapatkan pelayanan gratis dan juga pendidikan gratis hingga tingkat SMA," kata Said Akhmad.

Selain program tri dharma pembangunan. Sector ekonomi lainnya untuk mensejahterakan masyarakat yaitu pada sector perkebunan. Dimana sector perkebunan menjadi primadona bagi masyarakat bumi bersujud seperti sector perkebunan karet dan perkebunan sawit.

Salah satu upaya pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya yaitu dengan menyalurkan bibit secara gratis kepada petani dan calon petani berupa bibit karet dan sawit serta pupuk secara gratis.

Selain itu, Dikabupaten Tanah Bumbu juga telah dibangun pabrik Karet dan Sawit sehingga membantu masyarakat atau petani dalam menjual hasil produksinya . sehingga mereka tidak mengeluarkan biaya tambahan jika harus mengangkut atau menjual hasil produksi ke kota Banjarmasin.

Untuk tenun Pagatan, kata Sekda, pihaknya bekerjasama dengan Dekranasda Tanbu dalam mengembangkan sector tersebut dengan menyalurkan berbagai bantuan peralatan tenun hingga pada pelatihan-pelatihan dalam upaya meningkatkan wawasan dan peningkatan pembuatan motif kain tenun hingga pada pemasarannya. (relhum)     

KET :

Foto 1. Para Kades/lurah dan Camat Kota Sawahlunto saat kunker ke Kab. Tanbu

Foto 2. Sekda Kab. Tanbu Drs. Said Akhmad, MM dan Sekda Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti, SE saat tukar cideramata.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved