Home » » Pemkab Beri Jaminan Penangguhan Penahanan

Pemkab Beri Jaminan Penangguhan Penahanan

Written By Fokus Batulicin on Minggu, 23 Februari 2014 | 14.12

BATULICIN Pemkab Tanah Bumbu (Tanbu) menjamin penangguhan penahanan sebanyak tujuh dari duabelas warga yang sebelumnya sempat ditahan di Mapolres Tanbu, Kamis (20/2), menyusul aksi pendudukan yang dilakukan puluhan warga yang mengklaim merupakan pemilik lahan yang masuk dalam konsesi HGU PT Kodeco Agro Mandiri (PT KAM).

Kepala Bagian Hukum Setda Ikhsan Budiman menuturkan, langkah itu harus dilakukan oleh pemerintah daerah sebagai bentuk tanggungjawab pemkab untuk memberikan perlidungan dan keberpihakan kepada warga masyarakat.

Dengan jaminan itu sambung Ikhsan, selanjutnya pihaknya akan memberikan pendampingan hukum kepada warga untuk menempuh solusi penyelesaian masalah sengketa lahan dengan pihak PT KAM.

"Warga yang saat ini sedang bersengketa dengan PT KAM itu adalah warga Tanah Bumbu sehingga wajar dan sudah semestinya pemerintah daerah memberikan perlindungan dan rasa keadilan kepada mereka", sebut Ikhsan, kemarin.

Dari duabelas warga yang ditahan, ungkapnya, tujuh orang diantaranya sudah dibebaskan dengan jaminan pemerintah daerah pada Sabtu (22/2) lalu. Selanjutnya sambungnya lagi, melalui bantuan hukum tersebut, pemerintah daerah tengah menyiapkan langkah-langkah advokasi hingga nantinya persoalan ini akan diselesaikan melalui jalur hukum, baik terkait dengan tindakan pendudukan lahan yang dipersengketakan sampai akhirnya ditahan aparat dari jajaran Polres Tanbu, maupun pendampingan ketika warga menempuh jalur hukum untuk melakukan gugatan terhadap PT KAM.

"Dengan penahanan itu akhirnya ada dua perkara hukum yang harus kita berikan pendampingan, pertama terkait persoalan utama yakni sengketa dan klaim lahan oleh warga dengan PT KAM, dan yang kedua adalah terkait dengan pendudukan warga di lokasi lahan yang dipersengketakan hingga berujung pada penahanan dua belas warga oleh aparat dari Polres Tanah Bumbu", papar Ikhsan.

Dikatakannya, sebagai wujud komitmen yang besar untuk memberikan rasa keadilan dan perlindungan kepada warga yang bersengketa dengan PT KAM itu pemerintah daerah akan melakukan upaya sistematis dan profesional dengan senantiasa mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku sehingga penyelesaian masalah nantinya merupakan refresentasi dari penegakan hukum di Tanbu dan memenuhi rasa keadilan masyarakat.

"Sejak awal persoalan ini mencuat, pemerintah daerah sudah berkomitmen untuk membantu dan memfasilitasi warga agar penyelesaian masalah bisa segera terwujud. Bahkan upaya fasilitasi sudah kita tempuh beberapa kali dengan melibatkan beberapa pihak yang diharapkan mampu mendorong percepatan penyelesaian masalah", pungkasnya. (relhum)


Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved