Home » » ADVERTORIAL : Pemkab Gratiskan Biaya Persalinan

ADVERTORIAL : Pemkab Gratiskan Biaya Persalinan

Written By Fokus Batulicin on Minggu, 09 Maret 2014 | 11.59


BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) kembali menggratiskan biaya persalinan bagi masyarakat kurang mampu pada tahun 2014 ini.

Penggratisan biaya persalinan baik yang ditangani oleh bidan medis maupun bidan kampung ini diberikan oleh pemerintah daerah tersebut merupakan langkah strategis daerah guna mencegah dan menekan terjadinya kasus kematian ibu dan bayi pada saat proses persalinan.

"Biaya persalinan gratis bukan berarti tidak bayar atau bidan yang menangani persalinan tidak dibayar. Biaya persalinan tetap dibayar, hanya saja semua biaya itu telah ditanggung pemerintah daerah," kata Bupati Tanbu Mardani H Maming di Batulicin belum lama tadi. 

Dengan program persalinan gratis itu, tak ada lagi masyarakat di Bumi Bersujud yang terbebani dengan biaya untuk membayar jasa bidan dan bidan kampung pada saat proses persalinan. Dan peran bidan medis dan bidan kampung diposisikan pemerintah daerah sebagai sebagai ujung tombak penyelamat ibu dan bayi saat persalinan berlangsung. Sehingga diharapkan, program persalinan gratis akan mampu menekan angka kasus kematian ibu dan bayi di Tanbu. 

Oleh sebab itu, kata Mardani, bidan medis dan bidan kampung, harus memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat dengan  bekerja secara maksimal dan profesional dalam menangani persalinan tanpa harus memungut biaya tambahan lagi kepada pasien.

"Mereka harus bekerja dengan hati yang tulus saat membantu persalinan, dan jangan memungut biaya lagi kepada masyarakat karena beban biaya persalinan sudah ditanggung pemerintah daerah", ujar Mardani lagi.

Jika masyarakat mendapati masih ada bidan yang menagih biaya persalinan kepada warga yang sudah dibantu persalinannya, Mardani meminta untuk melaporkan kepada Dinas Kesehatan Tanbu, atau bisa menyampaikan pengaduan ke SMS Center Pemkab Tanbu di nomor 08115020205.

Program persalinan gratis sendiri sudah direalisasikan Pemkab Tanbu sejak 2013 yang lalu dengan alokasi anggaran program sebesar Rp7,551 Milyar. Dari anggaran program sebesar itu terserap sebesar Rp7,463 Milyar atau sekitar 98,84 persen.

Tahun 2014 ini pemerintah daerah kembali mengalokasikan anggaran program persalinan gratis sebesar Rp3,119 Milyar.

Untuk memaksimalkan pelaksanaan program itu bupati Mardani H. Maming meminta semua pihak untuk melakukan pengawasan khususnya jajaran Dinas Kesehatan Tanbu.

Hal ini dimaksudkan agar seluruh masyarakat khususnya yang tidak mampu di Bumi Bersujud ini benar-benar menikmati pelayanan persalinan gratis dari pemerintah tersebut. Pengawasan itu juga dimaksudkan untuk menghindari adanya pelanggaran yang dilakukan oleh bidan medis maupun bidan kampung yang masih memungut biaya saat membantu persalinan.

Senada dengan bupati , Plt. Kepala Dinas Kesehatan Tanbu drg. R Harry Dharmawan S.M.Kes menyebutkan, program persalinan gratis tak lain merupakan salah satu komitmen Pemkab Tanbu dalam rangka meningkatkan derajat dan kualitas kesehatan masyarakat Bumi Bersujud. 

Melalui program itu Pemkab Tanbu memberikan honor Rp.800 ribu bagi bidan medis yang melayani pemeriksaan ibu hamil sampai proses persalinan di wilayah desa dan perkotaan. Honor juga diberikan kepada bidan kampung yang turut mendampingi bidan medis saat memberikan pelayanan persalinan dengan honor sebesar Rp.200 ribu.

"Sedangkan untuk persalinan di daerah terpencil seorang bidan medis diberikan honor sebesar Rp.1 juta, dan Rp.300 ribu bagi bidan kampung yang turut mendampinginya", urai Harry.

Dipaparkan Harry, anggaran program persalinan gratis yang sebelumnya menjadi satu atau digabung dengan anggaran program Cesar gratis sekarang sudah tidak lagi.

Menyusul diserahkannya penanganan pelayanan cesar gratis oleh pemerintah daerah kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Andi Abdurrahman Noor, tahun ini Dinas Kesehatan melalui tenaga bidan medis hanya menangani pelayanan persalinan normal secara gratis saja. 
Pada tahun anggaran 2013 yang lalu biaya jasa medis operasi cesar dan kompensasi kemitraan Dinas Kesehatan untuk program persalinan normal gratis mencapai Rp.7,551 Milyar. Namun karena tahun 2014 ini operasi cesar gratis ditangani RSUD dr Andi Abdurrahman Noor sehingga anggaran jasa medis persalinan gratis yang merupakan program kemitraan Dinas Kesehatan dengan bidan medis dan bidan kampung tersebut dialokasikan sebesar Rp.3,119 Milyar. (Adv/relhum).

Keterangan :

Foto 1. Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming saat mengunjungi Poskesdes untuk memastikan ketersediaan obat-obatan sebagai upaya pemerintah dalam  memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Foto 2. Ketua TP PKK Tanbu Hj. Erwinda Mardani saat mengunjungi pelayanan pemeriksaan kesehatan ibu dan bayi.

Foto 3. Ketua TP PKK Tanbu Hj. Erwinda Mardani mengunjungi pelayanan pemeriksaan kesehatan untuk ibu hamil.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved