Home » » ADVERTORIAL : Pemkab Programkan Perluasan Lahan Karet Dan Kelapa Sawit Rakyat

ADVERTORIAL : Pemkab Programkan Perluasan Lahan Karet Dan Kelapa Sawit Rakyat

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 13 Maret 2014 | 16.23


BATULICIN - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) kembali memprogramkan kegiatan perluasan lahan baru bagi pengembangan dan perluasan lahan karet dan kelapa sawit rakyat.

Dari program tersebut, tahun 2014 ini Pemkab Tanbu akan membuka lahan baru seluas 1000 Ha. Nantinya luasan tersebut dibagi menjadi dua yakni 500 Ha bagi pengembangan karet dan 500 Ha kelapa sawit.

Menurut Bupati Tanbu, Mardani H Maming, program perluasan areal pengembangan dua potensi perkebunan itu tak lain sebagai upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan produktifitas hasil perkebunan rakyat, sehingga kedepannya akan mampu mendorong peningkatan kesejahteraan warga masyarakat petani yang tergabung dalam kelompok tani karet dan kelapa sawit.

Program ini tambah Mardani, juga tersinergi dengan kebijakan program pembangunan pabrik pengolahan karet, PT Nusantara Batulicin yang saat ini sudah beroperasi di Kecamatan Karang Bintang.

Di Karang Bintang pula saat ini telah dirintis pembangunan pabrik pengolahan kelapa sawit menjadi CPO (Crude Palm Oil) yang dikelola PT Batulicin Agro Sentosa (BAS).

Pembangunan dua pabrik pengolahan komoditas perkebunan itu sendiri direalisasikan pemerintah daerah sebagai langkah solutif dalam meringankan biaya operasional petani ketika menjual produksinya. Karena sebelumnya pabrik pengolahan karet dan kelapa sawit berada jauh dari sentra perkebunan yang dikembangkan masyarakat, sehingga harga jual komoditas tersebut menjadi rendah.

Plt Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Tanbu Hanif Faisal Nurofiq, S.Hut,MP  melalui Kepala Bidang  Perkebunan Ferdi Yospi menyebutkan, hingga saat ini potensi perkebunan karet dan kelapa sawit di Tanbu masih sangat menjanjikan dan mempunyai peluang yang besar untuk terus dikembangkan.

"Dan untuk diketahui masyarakat, program perluasan areal perkebunan karet dan kelapa sawit tahun ini juga tersinergi dengan program bantuan bibit dari dua komoditas perkebunan tersebut.

Diungkapkan Ferdi, saat ini pihaknya tengah melakukan verifikasi terhadap proposal dari sejumlah kelompok tani yang ingin mendapatkan bantuan bibit tersebut.

Selain bantuan bibit karet dan bibit kelapa sawit dalam waktu bersamaan Pemkab Tanbu juga akan memberikan bantuan pupuk sebanyak 50 kg/hektare dan Herbisida 5 liter / Ha kepada kelompok tani yang nantinya dinyatakan lolos verivikasi.

Untuk bibit karet yang akan diberikan kepada kelompok tani jumlahnya sekitar 500 batang/Ha. Sedangkan bibit sawitnya ada sekitar 140 batang/Ha.

Untuk mendapatkan bantuan, kelompok tani harus memenuhi syarat yakni kelompok tani yang belum pernah mendapat bantuan bibit karet atau bibit kelapa sawit dari pemerintah daerah.

Lahan yang mereka miliki juga tidak boleh masuk dalam kawasan hutan atau HGU perusahaan lain, dan petani yang bersangkutan juga harus benar-benar terdaftar keanggotaannya dalam kelompok tani yang mengusulkan bantuan tersebut.

"Masyarakat yang nantinya menerima bantuan adalah mereka yang benar-benar sudah masuk sebagai anggota kelompok tani. Mereka berhak mendapatkan bantuan bibit dari pemerintah maksimal dua hektare/orang," katanya.

Hingga saat ini, jelas Ferdi jumlah proposal kelompok tani yang ingin mendapatkan bantuan bibit karet sudah masuk sekitar 45 proposal. Sedangan yang ingin mendapatkan bantuan bibit kelapa sawit mencapai 23 proposal

"Jumlah total luas lahan dari proposal tersebut sudah mencapai sekitar 3200 hektare. Luasan ini melebihi target dari 1000 hektare dan kami masih melakukan upaya verifikasi terhadap siapa saja petani yang benar-benar berhak mendapatkan bantuan tersebut," kata Ferdi. (Adv/relhum)

KETERANGAN :

FOTO 1,2,3 : Bupati Tanbu Mardani H Maming saat menyerahkan bantuan bibit karet dan sawit kepada kelompok tani.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved