Home » » ADVERTORIAL : Sektor Perikanan Budidaya Terus Dikembangkan -       Sebagai Potensi Ekonomi Kerakyatan Unggulan Daerah

ADVERTORIAL : Sektor Perikanan Budidaya Terus Dikembangkan -       Sebagai Potensi Ekonomi Kerakyatan Unggulan Daerah

Written By Fokus Batulicin on Sabtu, 01 Maret 2014 | 12.05

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) berkomitmen untuk terus mengembangkan potensi perikanan budi daya sebagai potensi ekonomi kerakyatan unggulan bagi daerah.

Pasalnya, sebagai daerah yang kaya akan Sumber Daya Alam (SDA) Tanbu harus mampu mengembangkan beragam potensi yang ada, termasuk potensi perikanan budi daya sebagai modal dasar pembangunan daerah sekaligus pula diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani tambak atau pembudidaya perikanan tambak.

"Sumber daya alam kita beragam, dari yang tak bisa diperbaharui hingga yang bisa diperbaharui. Karenanya dalam mengelola sumber daya alam yang ada tersebut pemerintah daerah harus arif dan bijaksana, yakni dengan melakukan inovasi kebijakan dengan menempatkan sektor-sektor atau potensi-potensi sumber daya alam yang bisa diperbaharui tersebut sebagai sektor atau potensi daerah yang harus dikembangkan dan diformulasikan sebagai potensi daerah unggulan untuk jangka panjang", sebut Bupati Tanbu Mardani H Maming.

Karena itu tambahnya, semangatnya hanya satu, yakni beragam potensi ekonomi yang bisa diperbaharui termasuk potensi perikanan budi daya yang dimiliki Tanbu harus diberdayakan dan dikembangkan secara maksimal sebagai solusi penting untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kesejahteraan masyarakat, serta menjadikannya sebagai penopang dinamika perekonomian daerah untuk jangka panjang.

Untuk mengoptimalkan program pengembangan potensi perikanan budi daya daerah, sejauh ini pemerintah daerah melalui Dinas Perikanan dan Kelautan sudah merealisasikan beragam program strategis pembangunan bidang perikanan budi daya, mulai dengan program pendampingan dan penyuluhan, program bantuan bibit hingga mekanisme pemasaran hasil produksi petambak.

"Oleh sebab itu pemerintah daerah sangat mengapresiasi dengan keberhasilan panen raya yang sudah dilakukan petani petambak yang berhasil mengembangkan budi daya bandeng di Desa Sepunggur baru-baru tadi", ungkap Mardani menyusul kesuksesan panen raya petani petambak bandeng Desa Sepunggur Kecamatan Batulicin, Senin(24/2) lalu.

Untuk diketahui, dari panen perdana itu, hasil produksi yang diperoleh petambak mencapai 36,25 Ton.  "Sebagai langkah awal, hasil produksi sebesar itu tentu sangat membanggakan", papar Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Tanbu melalui Kepala Seksi Pengembangan Tekhnologi dan Pembudidayaan, Juwita Laila Irawati, kemarin.

Ditambahkannya, sebagai langkah pengembangan program, tahun 2013 yang lalu pihaknya telah merealisasikan program bantuan bibit ikan bandeng sebanyak 1 juta bibit yang didistribusikan kepada 23 kelompok petani petambak budi daya bandeng di Desa Sepunggur untuk dikembangkan pada tambak seluas 711,5 Ha.

Sebagai langkah lanjutan dari program pengembangan potensi perikanan budi daya di Tanbu, untuk tahun anggaran 2014 ini pihaknya sambung Juwita akan merealisasikan penyaluran bantuan benih ikan air tawar meliputi bibit ikan gabus, ikan nila dan ikan lele sebanyak 500 ribu bibit, selanjutnya untuk bantuan bibit ikan bandeng tahun 2014 ini pemerintah daerah kembali menyalurkan bantuan sebanyak 1 juta bibit, serta menyalurkan bibit udang windu sebanyak 1,5 juta bibit.

"Selain itu, pada tahun anggaran 2014 ini kami juga akan menyalurkan bantuan mesin pengolah pakan ikan kepada kelompok petani petambak sebanyak 10 unit, dan keramba jaring apung satu paket", pungkas Juwita. (Adv/relhum)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved