Home » » Panwaslu Gelar Seminar Gerakan Sejuta Relawan Pemilu

Panwaslu Gelar Seminar Gerakan Sejuta Relawan Pemilu

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 27 Maret 2014 | 16.45

BATULICIN – Panitian Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar Seminar Gerakan Sejuta Relawan Pemilu Tahun 2014, Rabu (26/3) di Hotel Ebony.

Menurut Ketua Panwaslu Tanbu Des Rizal Rachman RD, seminar sendiri dilaksanakan dalam rangka mengahadpi pemilu legislatif (pileg) yang akan berlangsung pada 9 April 2014 mendatang.

"Selain itu, seminar ini kami gelar juga dalam rangka untuk memberikan edukasi politik bagi warga masyarakat yang ada di Bumi Bersujud", sebutnya sembari menambahkan, seminar diikuti sebanyak 50 orang yang terdiri dari perwakilan 10 kecamatan yang ada di Tanbu, ditambah sejumlah pengawas kecamatan (panwascam).

Ia berharap, dengan seminar yang digelar pihaknya itu akan ada pembelajaran penting bagi masyarakat bagaimana menjalankan fungsi pengawasan terhadap pelaksanaan pemilu legislatif di Tanbu. Sehingga dengan begitu, harapan seluruh komponen daerah akan terwujudnya pemilu yang jujur, adil dan bermartabat di Bumi Bersujud dapat tercapai.

Saat ini ungkap Rizal, di Tanbu terdapat 325 relawan pengawas pemilu yang terhimpun dari warga masyarakat yang ada di 10 kecamatan di Tanbu. Namun begitu kata dia, pihaknya berharap, masyarakat luas dan seluruh komponen daerah bisa partisipasi penuh untuk turut serta berpartisipasi memberikan pengawasan terhadap jalannya pesta demokrasi di tanbu agar tercipta pemilu yang jujur, adil dan bermartabat.

Harapan yang sama juga disampaikan salah satu narasumber Tato A. Setyawan. Menurut Tato, untuk mewujudkan tatanan pelaksanaan pemilu yang jujur, adil dan bermartabat bukan semata-mata menjadi tanggungjawab dari Panwaslu, namun menjadi tanggungjawab seluruh komponen daerah.

Pasalnya kata dia, pemilu tak lain merupakan kerja kolektif dari seluruh komponen daerah dan negara dalam rangka untuk menjaring wakil-wakil rakyat yang kredibel, akuntabel dan profesional dalam menjalankan fungsi dan perannya sebagai pelayan publik dan penyambung aspirasi warga masyarakat.

"Untuk itu kepada para relawan pengawas dan semua kita, mari bersama-sama kita kawal dan awasi pelaksanaan pileg mendatang sehingga out put dari pesta demokrasi itu menjadi jembatan bagi terciptanya tatanan pemerintahan, tatanan masyarakat dan tatanan sosial kemasyarakat yang lebih baik di Tanah Bumbu pada khususnya dan Indonesia pada umumnya', harap Tato yang juga Kepala Bagian Humas Setda Tanbu.

Senada dengannya, Sarmuji narasumber dari Tim Asistensi Banwaslu Provinsi Kalsel menyebutkan, dengan partisipasi seluruh komponen negara dan daerah dalam mengawasi jalankan pesta demokrasi itu, diharapkan cita-cita bersama untuk mewujudkan pemilu yang jujur, adil dan bermartabat akan terwujud. "Sekurang-kurangnya, kita akan mampu meminimalisir terjadinya pelanggaran", kata Sarmuji.

Untuk diketahui, selain Tato A. Setyawanm dan Sarmuji, Kasat Pol PP dan Linmas Tanbu Herlambang juga berkesempatan menjadi narasumber seminar Gerakan Sejuta Relawan Pemilu Tahun 2014 yang digelar Panwaslu Tanbu.

Keterangan foto:
Foto 1. Dari kiri ke kanan, Komisioner Panwaslu Tanbu Apri, Kabag Humas Setda Tanbu Tato A. Setyawan, Kasat Pol PP dan Linmas Tanbu Herlambang, Ketua Panwaslu Tanbu Des Rizal Rachman, Tim Asistensi Bawaslu Kalsel Sarmuji, Staf Panwaslu Tanbu Arif Rachman

Foto 2. Tim Asistensi Banwaslu Kalsel Sarmuji tengah menyampaikan paparannya
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved